10 Tips Menjual Barang Secara Online

10 Tips Menjual Barang Secara Online-Hai sahabat, jika Anda memiliki barang yang akan dijual, sebaiknya tidak hanya dijual secara offline saja. Tapi, Anda bisa juga menjualnya secara online, dengan bantuan internet sebagai perantaranya. Dan tentunya, cara ini juga memiliki banyak kelebihan.

menjual barang online

Nah, untuk menjual barang di internet, Anda juga harus mengetahui tips menjual barang secara online yang saya tulis kali ini. Mungkin tips ini sangat sederhana. Tapi, ini dari pendapat berdasarkan pengalaman pribadi lo sahabat. Jadi jika ada kekurangan, mohon dimaafkan.

Baiklah, tak panjang lebar lagi inilah tips menjual barang secara online

1. Siapkan dulu barang yang pantas dijual

Tips yang pertama adalah, siapkanlah dulu barang-barang Anda yang kiranya pantas untuk dijual. Yang dimaksud pantas di sini adalah barang-barang yang baik, yang tentunya barang-barang halal yang boleh diperjual-belikan di negara republik Indonesia, tanpa melanggar hukum yang berlaku di Negara ini.

Contoh barang yang pantas seperti: Baju legal, dan lain-lain. Sedangkan contoh barang yang tidak pantas seperti: barang curian, barang ilegal, dan barang-barang lainnya yang dilarang keras diperjual-belikan. Sebab, dengan menjual barang yang terlarang maka Anda akan mendapatkan resiko yang cukup serius dari penegak hukum. Oleh karena itulah, Anda harus menjual barang yang halal ya sahabat..

2. Tetapkan harga yang pantas

Jika sebelumnya Anda telah menyiapkan barangnya, maka kini saatnya bagi Anda untuk menetapkan harga yang pantas untuk barang dagangan Anda tersebut. Untuk menetapkan harganya, Anda harus memperhitungkan modal Anda, dan Anda juga harus mengerti keinginan sebagian besar pembeli. Artinya, jangan menjual barang dengan harga yang mepet atau di bawah modal, sebab Anda bisa rugi. Begitu juga sebaliknya, jangan terlalu tinggi dalam mematok harga, sebab pembeli akan berfikir berkali-kali untuk membeli barang Anda.

Yang penting Anda harus bijak. Anda juga harus memposisikan diri Anda sebagai pelanggan, agar Anda bisa merasa apakah barang yang Anda jual terlalu mahal atau tidak. Sehingga Anda pun bisa menentukan seberapa pantaskah harga untuk barang yang Anda jual tersebut.

3. Pilih tempat/metode penjualan

Yang ketiga adalah Anda harus memilih tempat atau metode penjualan online yang Anda sukai, atau yang Anda kuasai. Untuk contoh metode penjualannya, seperti: menggunakan blog, website, membuat toko online sendiri, atau melalui situs penjualan online gratis seperti yang saya lakukan pada tulisan Dapat uang dari berjualan online? bisa kok!

Selain itu, Anda juga bisa menjual barang dengan menawarkannya secara langsung kepada teman-teman Anda di social media seperti facebook, twitter dan lain-lain. Dari banyaknya metode, Anda bisa memilih beberapa diantaranya, atau bisa juga menjalankan semuanya dengan syarat Anda juga harus menguasai semuanya. Dan jika ternyata Anda tidak bisa, untuk itulah Anda harus memilih metode mana yang paling sesuai dengan Anda.

4. Beritahukan sifat-sifat barang secara lengkap

Agar calon pembeli tertarik terhadap barang yang Anda jual, maka Anda harus menjelaskan sifat-sifat barangnya secara lengkap, jelas, dan sedetail mungkin. Dengan memberitahukan sifat barang secara lengkap, ini dimaksudkan agar pembeli merasa yakin bahwa barang Anda adalah yang mereka cari.

Untuk menjelaskan sifat-sifat barang, Anda juga harus menjelaskan apa adanya, dan tidak melebih-lebihkan tentang sifat barang tersebut. Sebab jika Anda menjelaskannya secara berlebihan, dikhawatirkan pelanggan Anda akan kecewa setelah membeli barang Anda, yang dinilai tidak sesuai dengan apa yang Anda katakan.

5. Sebutkan juga kekurangan barang

Dalam menjual barang secara online, tidak selamanya Anda memiliki barang yang selalu bagus dan tanpa adanya cacat. Ini berlaku bagi barang apapun, baik barang baru maupun bekas. Nah, terkadang barang yang Anda jual juga akan ada yang sobek, retak, tergores, atau mengalami cacat-cacat yang lainnya.

Maka dari itu, Anda harus menyebutkan cacat-cacat barang dagangan Anda jika ada. Maksudnya supaya apa? ya supaya pelanggan tidak merasa ditipu, kecewa dan kesal setelah barang yang Anda kirim sampai di rumah mereka.

Ingat, dengan menyebutkan kekurangan barang, itu tidak menurunkan sedikitpun derajat dari barang Anda. Justru dengan begitu, akan menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda adalah penjual yang jujur dan dapat dipercaya.

6. Berikan kontak dan informasi tentang diri Anda dengan benar

Tips menjual barang secara online yang keenam adalah Anda harus memberikan kontak dan data diri Anda dengan benar, sesuai yang tertera di KTP Anda. Hal ini jangan sampai Anda acuhkan. Sebab dengan memberikan kontak dan data diri Anda secara jujur, akan menambah kepercayaan pelanggan kepada Anda sebagai penjual. Ini bukan masalah kepercayaan calon pembeli terhadap barang lagi, tapi lebih kepada Anda, yaitu orang yang mengaku sebagai pemilik barang tersebut.

Pernahkah Anda merasa ragu ketika akan membeli barang secara online? Pernahkah Anda merasa takut tertipu saat akan membeli barang di internet? Jika iya, maka seperti itulah perasaan calon pembeli Anda, jika Anda tidak menginformasikan siapa diri Anda secara terbuka.

Maka dari itu, seperti yang saya sarankan Anda pun harus memberitahukan kepada pelanggan tentang siapa Anda, tinggal di mana, dan informasi lainnya dengan benar. Jika diperlukan, Anda harus menyertakan scan KTP asli Anda untuk lebih meyakinkan lagi.

7. Promosikan dagangan Anda

Agar dagangan Anda diketahui banyak orang, maka Anda perlu mempromosikannya. Tentu Anda juga tahu, bahwa semakin banyak orang yang melihat jualan Anda, maka peluang terjadinya pembelian pun semakin besar. Selain itu dengan melakukan promosi, ini dimaksudkan untuk menarik minat pelanggan, meskipun sebelumnya mereka tidak berniat membeli barang Anda.

Dan untuk berpromosi, ada banyak sekali caranya. Anda bisa mempromosikan dagangan Anda melalui situs social media, seperti yang telah saya sebut sebelumnya. Atau, Anda juga bisa mempromosikan link tulisan Anda melalui group-group di BBM (blackberry messenger) misalnya. Yang jelas, semakin banyak dan semakin sering Anda berpromosi, itu semakin bagus.

8. Berkomunikasi dengan baik kepada pelanggan

Hal yang pasti akan terjadi jika Anda menjual barang secara online adalah, Anda akan mendapatkan banyak pertanyaan dari calon pembeli Anda, tentang dagangan Anda atau hal lainnya yang perlu mereka tanyakan. Nah, ini kesempatan bagi Anda untuk membuktikan bahwa Anda adalah orang yang serius menjual barang Anda.

Bagaimana cara membuktikannya? Ya Anda harus berkomunikasi sebaik mungkin dengan mereka. Sebisa mungkin jawablah pertanyaan mereka dengan baik, dan berikan respon secepat mungkin terhadap pertanyaan mereka yang mungkin datang melalui telvon, sms atau email. Jangan lupa gunakan bahasa dan penjelasan yang mudah dimengerti oleh pelanggan Anda.

Untuk berkomunikasi dengan baik, tidak hanya sebatas pada penjelasan yang mudah dimengerti dan kecepatan respon Anda saja. Tapi, etika bercakap juga harus diperhatikan. Misalnya ketika Anda berkomunikasi dengan orang yang lebih tua dari Anda, ya Anda harus bersikap lebih sopan, dan jangan menyamakan jika Anda bercakap kepada orang yang lebih muda dari Anda.

Dengan komunikasi yang baik kepada pelanggan, ini akan menaikkan kepercayaan mereka terhadap Anda. Dengan demikian, akan terjalin hubungan yang lebih akrab lagi, dan manfaatnya akan bisa Anda rasakan untuk jangka panjang. Sebab bukan mustahil jika mereka senang kepada Anda, mereka akan menjadi pelanggan setia Anda. Benar kan?

9. Pilihlah jasa pengiriman barang yang baik

Hal yang tak kalah pentingnya saat berjualan online adalah, Anda harus memilih jasa pengiriman barang yang baik. Jasa pengiriman yang baik itu ya harus cepat, tepat dan melayani pelanggan dengan sebaik mungkin. Dengan memilih jasa pengiriman yang baik, maka itu adalah upaya untuk memperkecil terjadinya kekecewaan pelanggan akibat pengiriman yang lambat, atau pengiriman yang tidak sampai tujuan.

Memilih jasa pengiriman barang yang baik, menurut saya sangatlah penting. Sebab banyak sekali kasus pelanggan yang marah, komplain dan kecewa akibat barang yang dikirim terlalu lama. Oleh karena itu, saya ingatkan sekali lagi Anda harus jeli memilih jasa pengiriman barang mana yang paling baik.

10. Beri perhatian lebih terhadap pelanggan Anda

Tips yang terakhir adalah Anda harus memperhatikan pelanggan Anda, meskipun uang telah sampai di tangan Anda. Bentuk perhatian tersebut bisa Anda buktikan melalui kontrol kepada pelanggan, dengan bertanya tentang barangnya sudah sampai atau belum, tentang kepuasan mereka terhadap barang Anda, dan lain-lain.

Dengan memberikan perhatian lebih kepada mereka, ini akan menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang bertanggung jawab dan peduli. Dengan demikian, pelanggan akan merasa puas terhadap apa yang Anda jual ataupun dari pelayanan Anda yang baik.

Sahabat, jika tips-tips ini diterapkan dengan sabar, maka bukan mustahil Anda akan memperoleh penjualan yang cukup baik dari barang Anda. Intinya adalah, buatlah pelanggan selalu percaya terhadap barang Anda, percaya kepada Anda, dan juga puas terhadap pelayanan Anda. Insya Allah Anda akan memperoleh keuntungan berlipat lagi.

Baiklah, cukup sekian tulisan saya tentang 10 Tips menjual barang secara online, semoga bermanfaat bagi Anda. Silahkan berbagi jika Anda memiliki pengalaman tentang penjualan online atau bisnis online lainnya. Terima kasih...

Resiko Jual Beli Komputer Dan Laptop Bekas

Hai sahabat, setiap usaha pastilah memiliki yang namanya resiko. Resiko bisa berupa kerugian, kegagalan, atau bahkan kebangkrutan. Nah, semua resiko itu juga berlaku untuk usaha jual beli laptop bekas yang mana resikonya pun bisa dibilang cukup banyak.

Memang, pada tulisan sebelumnya tentang dapat uang dari berjualan online, saya telah mengatakan bahwa dulunya saya senang berjualan laptop bekas. Tapi, bukan berarti usaha tersebut selalu mulus dan tanpa resiko lo ya, melainkan banyak juga resiko dan juga kendalanya.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha jual beli laptop bekas alias second, itu boleh-boleh saja. Toh itu merupakan pekerjaan yang halal. Namun, sebelum memulainya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu resiko jual beli komputer dan laptop bekas, agar dengan mengetahuinya Anda tidak kaget di kemudian hari, dan Anda bisa mencegah serta mengatasi resiko-resiko tersebut dengan bijak.

Baiklah, tak panjang lebar lagi inilah resiko berjual beli komputer dan laptop bekas.

1. Mendapatkan komputer dan laptop yang bermasalah

Resiko pertama bisnis jual beli laptop dan komputer bekas adalah Anda bisa saja terjebak dan mendapatkan laptop atau komputer yang bermasalah dari pemiliknya. Dan perlu Anda ketahui, laptop atau komputer yang bermasalah tersebut bisa saja telah diketahui oleh pemiliknya, dan mereka tidak memberitahukannya kepada Anda. Atau, ada juga yang tidak mengetahui jika ternyata komputer dan laptop mereka bermasalah. Dan apapun alasannya, Anda lah yang akan rugi jika terlanjur membelinya.

Mungkin Anda bisa melakukan cek terlebih dahulu terhadap laptop dan komputer yang akan Anda beli. Tapi, tetap saja bahwa cek yang Anda lakukan tidak sepenuhnya bisa digunakan untuk mengetahui kondisi laptop dan komputer. Paling-paling, Anda hanya bisa melihat kondisi hard disk dan memory menggukakan software khusus.

Selain itu Anda juga bisa mengecek kondisi DVD drive dengan menggunakan kepingan CD/DVD. Dan Anda juga bisa mengetahui kondisi layar dan keyboard dengan berbagai uji coba. Tapi Anda pasti belum bisa mengecek kondisi mainboard, kabel fleksibel layar, dan inverter LCD bukan?

Nah, dari itu, banyak kasus laptop bekas yang dibeli ternyata menjadi blank, tersendat-sendat atau bahkan mati total akibat mainboard yang bermasalah dan menjadi rusak. Kalau sudah begini, tentu penyesalan yang akan datang.

2. Mendapatkan komplain dari pembeli

Resiko yang kedua adalah Anda akan mendapatkan komplain dari pelanggan Anda. Komplain bisa berupa kritik ringan, bahkan komplain pedas akibat adanya masalah setelah mereka membeli komputer dan laptop dagangan Anda. Apa yang mereka lakukan adalah wajar, sebab itu merupakan bentuk ketidak puasan terhadap laptop dan komputer Anda yang bermasalah.

Laptop dan komputer menjadi bermasalah setelah dibeli, pasti bisa saja terjadi. Ya, begitulah yang namanya alat elektronik. Kerusakannya bisa saja datang tiba-tiba dan belum tentu diketahui penyebabnya. Meskipun kerusakan komputer dan laptop yang Anda jual akibat kesalahan mereka sendiri para pembeli, tapi tetap saja Andalah yang akan disalahkan oleh mereka.

3. Komputer dan notebook akan dikembalikan oleh pembeli

Nah, resiko yang ketiga adalah komputer dan laptop akan dikembalikan oleh pembeli kepada Anda. Itu terjadi jika mereka merasa tidak puas terhadap komputer dan laptop Anda. Ketidak puasan paling umum adalah adanya masalah kerusakan atau problem pada komputer dan laptop tadi. Dan akibat itu mereka bisa berfikir yang macam-macam tentang Anda, dan mungkin menganggap Anda adalah penipu yang menjual barang rusak kepada mereka.

Dalam kasus ini, saya beberapa kali merasakannya, di mana laptop yang telah dibeli dikembalikan lagi kepada saya akibat kerusakan yang terjadi. Bahkan, mereka mengembalikan setelah 20 hari mereka pakai. Yah, bagaimana lagi, itulah resikonya, jadi kita harus siap menanggungnya.

4. Bisa dituduh sebagai penadah

Perlu Anda ketahui, bahwa dituduh sebagai penadah atau penerima barang curian adalah resiko yang lebih besar dibanding poin-poin sebelumnya. Ya, kita bisa saja tertuduh jika kita beberapa kali membeli laptop hasil curian dari pencuri yang sama, dan pencuri itu tertangkap. Meskipun kita tidak bekerja sama dengan si maling, tapi tetap saja kita akan terkena imbasnya.

Kasus ini seperti yang terjadi pada seseorang yang saya kenal beberapa bulan yang lalu. Beliau adalah seorang yang berbisnis jual beli laptop bekas. Ia dimasukkan di dalam sel hanya gara-gara beberapa kali membeli laptop bekas dari orang yang sama, yang ternyata adalah pencuri. Setelah pencuri itu tertangkap, maka pembeli yang tidak tahu apa-apa juga ikut tertangkap. Apes kan?

5. Mendapat kerugian yang cukup besar

Saya katakan bahwa kerugian adalah hal yang wajar pada setiap perniagaan. Namun, jika Anda berjual beli komputer dan laptop bekas, maka Anda akan mengalami kerugian yang besar jika terjadi hal-hal tertentu. Hal-hal yang saya maksud seperti: jika Anda salah membeli laptop dan mendapatkan yang bermasalah, mendapat komplain dari pelanggan Anda, laptop Anda dikembalikan kepada Anda lagi, dan lebih parahnya lagi jika sampai Anda masuk penjara.

Jika Anda mendapat laptop yang bermasalah, otomatis Anda tidak bisa menjualnya seharga laptop yang masih bagus. Bahkan bisa jadi Anda hanya bisa menjualnya dengan harga di bawah modal yang Anda keluarkan.

Jika Anda mendapat komplain pedas dari pelanggan, kemudian komputer dan laptop Anda dikembalikan dan setelah itu mereka minta ganti rugi, maka Anda rugi besar dan tidak mendapatkan untung sama sekali dari laptop yang Anda jual. Dan jika Anda ingin menjualnya lagi setelah dikembalikan kepada Anda, tentu Anda juga tidak bisa menjualnya lagi dengan harga yang bagus.

Kerugian yang paling besar adalah ketika Anda tertuduh sebagai penadah dan Anda sampai dipenjara. Tentu Anda akan rugi banyak waktu, rugi materi, dan laptop yang Anda beli pun akan disita he he.. dobel bukan?

Nah sahabat, mungkin 5 poin resiko jual beli laptop bekas tersebut dapat Anda jadikan pengetahuan untuk lebih berhati-hati jika ingin memulai usaha ini. Tulisan ini bukan untuk mengendorkan niat Anda lo ya, melainkan saya hanya ingin berbagi, dari apa yang saya tahu.

Meskipun resikonya cukup besar, tapi bisnis ini juga memiliki keuntungan yang cukup memuaskan kok jika Anda serius menekuninya. Baiklah, cukup sekian tulisan saya tentang resiko jual beli laptop bekas, semoga bermanfaat bagi Anda. Terima kasih...

Mengapa Komputer Sering Berbunyi Bising Saat Dipakai?

Hai sahabat, jika Anda pengguna komputer desktop, kemungkinan Anda akan mengalami masalah komputer yang sering berbunyi bising saat dipakai. Bunyi yang dimaksud adalah seperti bunyi mendengung, tapi terdengar terus menerus saat komputer dihidupkan. Kalau bunyi itu dituliskan, kira-kira seperti ini "Ngunggg-ngunggg" (panjang).

Dapat ditebak bunyi tersebut berasal dari dalam casing komputer, yang biasanya terdengar sangat keras dan bising di telinga. Jika kita bekerja, benar-benar bisa mengganggu konsentrasi bagi orang-orang yang tidak suka dengan suara gaduh.

Jika benar bahwa bunyi seperti itulah yang terdengar di komputer Anda, maka kemungkinan besar itu berasal dari kipas prosesor atau kipas di dalam power supply komputer tersebut. Kok bisa berbunyi? Ya, itu bisa disebabkan oleh debu yang terlalu banyak dan mengotori kipas-kipas tersebut. Dan selain itu, adalah hal yang wajar jika kipas yang telah lama mulai mengeluarkan bunyi seperti itu, sebagai tanda bahwa perangkat tersebut mulai bermasalah.

Umumnya, kipas yang berbunyi pasti kotor, atau terkadang perputarannya tidak normal. Dalam kasus yang sering saya dapatkan debulah yang biasa menjadi biang utamanya. Debu yang jarang dibersihkan, akan mengendap di bawah kipas dan menyebabkan kipas seret dan berbunyi.

Untuk mengatasi bunyi pada kipas tersebut, Anda bisa membersihkan kipas komputer Anda menggunakan kuas. Tapi, Anda harus melepasnya terlebih dahulu agar hasilnya bagus. Jika Anda tidak bisa bongkar pasang komputer, Anda bisa meminta bantuan teknisi komputer untuk membersihkannya.

Biasanya, dengan cara seperti itu masalah kipas yang berbunyi akan teratasi. Namun jika masih berbunyi, atau yang bermasalah adalah kipas pada power supply-nya, maka Anda harus mengganti kipas prosesor dengan yang bagus, atau mengganti power supply dengan yang masih bagus juga.

Saya yakin jika Anda telah mengganti kipas yang bermasalah, maka bunyi-bunyi pada komputer Anda akan hilang. Tapi setelah itu kipasnya harus dijaga ya sahabat, agar debu jangan sampai menumpuk lagi pada kipas komputer Anda.

Baiklah, sekian dulu tulisan saya tentang mengapa komputer sering berbunyi saat dipakai, semoga bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa baca juga kipas yang rusak juga menyebabkan laptop mati. Terima kasih...

Tips Agar CD/DVD Drive Komputer Dan Laptop Tetap Awet

Hai sahabat, memiliki komputer dan laptop yang menggunakan CD/DVD drive, tentu merupakan kelebihan tersendiri dibanding komputer atau laptop yang belum menggunakannya. CD/DVD dari jenis apa pun itu, apakah CD/DVD ROM (Read Only Memory) atau RW (Read and Write), maka kita akan mudah untuk membuka data yang tersimpan di dalam kepingan CD/DVD.

tips agar dvd drive komputer dan laptop tetap awet

Bukan hanya masalah data saja. Akan tetapi untuk hiburan pun, CD/DVD drive akan memudahkan kita. Misalnya untuk main game yang tersimpan di kepingan CD, atau menonton film yang masih berupa kepingan DVD.

Nah, tahukah Anda bahwa selain kemudahan yang ditawarkan, ternyata CD/DVD drive juga rawan terhadap kerusakan. Oleh karena itulah agar ia tetap awet, maka kita harus mengetahui cara memakai dan merawatnya. Kemudian, Anda juga harus membaca tips agar CD/DVD drive komputer dan laptop tetap awet di bawah ini.

Inilah tips supaya CD/DVD drive komputer dan laptop tetap awet

1. Jangan gunakan kepingan CD/DVD yang telah rusak

Agar DVD drive komputer dan laptop tidak cepat rusak, maka tips pertama adalah jangan menggunakan kepingan CD/DVD yang telah rusak. Ciri-ciri kerusakan kepingan CD/DVD biasanya dapat dilihat pada bagian bawahnya, yang terdapat banyak goresan pada bagian yang terlihat mengkilat. Itu sebagai pertanda bahwa CD/DVD Anda seharusnya tidak digunakan lagi.

Tak hanya goresan, kerusakan kepingan CD/DVD lainnya juga dapat dilihat dengan adanya bercak-bercak, sehingga membuat kulit keping CD/DVD terkupas dan terlihat transparan. Tambahan lagi, jika diputar maka keping CD/DVD sangat lambat untuk dibuka, atau bisa dibuka, tetapi tersendat-sendat. Nah, saya ingatkan sekali lagi, piringan CD/DVD yang seperti ini jangan digunakan lagi. Sebab hal itu bisa merusak optik CD/DVD drive Anda.


2. Hati-hati memasukkan kepingan CD/DVD kedalam CD/DVD drive

Yang kedua Anda harus berhati-hati saat memasukkan atau memasang kepingan CD/DVD ke dalam pemutarnya. Sebab sering saya mendapatkan kasus tentang kepingan CD/DVD yang rusak dan pecah di dalam DVD drive, hanya gara-gara meletakkan kepingan tersebut pada posisi yang tidak tepat.

Jika Anda pengguna notebook atau laptop, maka Anda harus memastikan bahwa lubang tengah kepingan CD/DVD Anda telah tertancap di roda pemutar DVD drive dengan benar, serta berbunyi "klek" sebagai pertanda bahwa keping CD telah terkunci. Pastikan juga untuk mencoba memutarnya sebelum benar-benar menutupnya. Sebab saya sering mendapatkan kasus adanya kepingan CD/DVD yang sulit dikeluarkan dari pemutarnya, hanya akibat miring saat menancapkannya di awal.

Bahayanya, jika sampai kepingan yang salah masuk tersebut pecah di dalam, maka bisa saja menggores dan merusak optik (alat pembaca dan penulis pada DVD DRIVE), sehingga membuatnya tidak berfungsi. Jadi ketika DVD drive digunakan untuk membuka kepingan cd/dvd lagi, maka itu tidak bisa dilakukan meskipun terdengar putaran dari DVD drive Anda tersebut.

3. Bersihkan dulu kepingan CD/DVD sebelum digunakan

Terkadang, kepingan CD/DVD yang lama tak digunakan akan menjadi kotor. Jika kotor, biasanya kepingan tersebut akan sulit dibaca oleh optik CD/DVD drive, sehingga apabila kesulitan itu sering terjadi, maka menurut saya itulah yang membuat optik CD/DVD drive cepat mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, Anda harus inisiatif untuk membersihkan kepingan CD/DVD Anda terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Bersihkanlah menggunakan krim khusus, kemudian bersihkan krim menggunakan kain yang halus. Atau, jika tidak ada krim maka cukup kain yang halus sebagai alternatifnya.

4. Jangan gunakan DVD/CD drive terlalu lama

Anda pasti setuju jika sebuah alat yang lebih lama digunakan, pasti lebih cepat mengalami kerusakan. Ya, begitulah faktanya!

Sama seperti CD/DVD drive pada komputer, maka semakin sering dan semakin lama digunakan, kerusakannyapun akan semakin cepat. Apa lagi, menggunakannya tanpa ada istirahat.

Nah, oleh karena itu jangan gunakan CD/DVD drive komputer dan laptop Anda terlalu lama. Jadi, jika Anda ingin main game atau menonton film, sebaiknya pindahkan dulu file film tersebut ke dalam hard disk komputer atau laptop Anda. Barulah setelah itu Anda bisa memutarnya dari dalam hard disk komputer/laptop Anda tersebut.

5. Bersihkan CD/DVD drive jika kotor

Tips agar cd/dvd drive tetap awet yang kelima adalah jika CD/DVD drive komputer Anda kotor, maka bersihkanlah dengan menggunakan kuas yang lembut atau menggunakan penyedot debu khusus. Tapi, jangan sampai menyentuh bagian optik ya? sebab optik sangat rawan rusak jika terjadi goresan.

Dengan membersihkan kotoran dan debu, ini dimaksudkan agar kondisi di dalam CD/DVD drive Anda lebih terjaga, dan terbebas dari kotoran yang dapat merusaknya.

Mungkin jika Anda menerapkan semua poin-poin di atas, saya yakin apa yang Anda inginkan untuk merawat CD/DVD drive Anda akan segera terwujud.

Baiklah, cukup sekian tulisan saya tentang tips agar CD/DVD drive komputer dan laptop tetap awet, semoga bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah berkunjung di blog sederhana ini...

Blogekstra.com, Tempat Nulis Online Bareng Plus Bagi Hasil

Hai sahabat, bagi Anda yang hobi nulis online alias ngeblog, apakah Anda pernah mendengar istilah blog bersama, blog rame-rame, group blog, atau blog yang ditulis oleh banyak contributor? Nah, jika Anda belum pernah mendengarnya, maka dari itu saya akan memperkenalkan Blogekstra.com kepada Anda semua.

tempat nulis online bersama

Apa itu blogekstra? Jadi blogekstra adalah sebuah blog yang mengizinkan kita semua untuk menulis di dalamnya. Siapa pun Anda, apa pun profesi Anda dan apa latar belakang Anda, maka blogekstra siap menampung Anda. Catat, meskipun Anda benar-benar baru terjun di dunia tulis-menulis artikel blog.

Jangan takut salah atau tidak bisa! Sebab artikel-artikel kiriman Anda nantinya akan diperiksa oleh editor blogekstra terlebih dahulu sebelum dipublikasikan. Jadi, jika ada kekurangan atau kesalahan maka artikel Anda akan dikembalikan lagi ke draft, dan Anda diberikan catatan untuk memperbaikinya.

Apa keuntungan menulis di blogekstra?

1. Mengasah Kemampuan Menulis

Jika Anda ingin belajar lebih dalam tentang dunia blogger atau menulis artikel blog, Anda bisa memulai karir Anda di blogekstra.com. Bukannya promosi lo ya, tapi memang benar bahwa dengan semakin sering Anda menulis, dan semakin banyak tulisan Anda di blogekstra, maka otomatis kemampuan menulis Anda akan bertambah seriring berjalannya waktu.

2. Sarana berbagi

Anda ingin berbagi pengetahuan kepada sesama? Nah, jika iya maka Anda bisa menulis di blogekstra.com tentang apa yang Anda tahu, apa yang Anda kuasai, dan pengalaman Anda. Mudah-mudahan dengan apa yang Anda bagikan melalui tulisan Anda, bisa bermanfaat bagi orang lain dan mendatangkan pahala kebaikan bagi Anda.

3. Sarana promosi

Keuntungan menulis di blogekstra yang ketiga adalah Anda bisa mempromosikan blog pribadi Anda melalui informasi profil yang ditampilkan di bawah artikel. Bagusnya, ribuan pengunjung blogekstra yang datang setiap harinya, merupakan peluang besar untuk memperkenalkan blog Anda kepada mereka.

Malahan, promosi tidak hanya untuk blog artikel saja. Tapi profil Anda yang jelas juga merupakan bentuk promosi. Jika artikel Anda berkualitas, bisa saja Anda dilirik oleh bos besar pemilik website lain, dan mengundang Anda untuk menulis di web/blog mereka. Dan tentu, akan ada imbalan untuk hal itu.

4. Mendapatkan bagi hasil

Nah sahabat, inilah saat yang ditunggu-tunggu jika menulis di blogekstra.com. Anda akan mendapatkan bagi hasil dari pendapatan iklan di artikel Anda, sebesar 50% untuk posisi contributor dan 70% untuk posisi author. O iya, bagi hasil di sini berupa uang lo ya, bukan sembako he he he..

Jadi setiap tanggal 26 setiap bulannya, akan diumumkan perolehan penghasilan para member blogekstra.com yang telah mendapatkan Rp50.000 ke atas. Uang akan ditransfer ke rekening Anda setelah melakukan klaim, dengan batas minimal Rp50.000.

Namun jika belum mencapai Rp50.000, maka penghasilan bulan ini akan diakumulasikan ke bulan berikutnya hingga mencapai minimal pay out yaitu sebesar Rp50.000 tadi.

Nah, dari banyaknya keuntungan yang ada, sebenarnya masih banyak lagi keuntungan lainnya jika Anda menabung artikel di blogestra. Namun saya rasa 4 poin di atas cukup untuk menjelaskan kepada Anda tentang apa yang akan Anda dapatkan jika bergabung dan menulis di sana.

Sekarang bagaimana? Siap jadi penulis di blogekstra.com? Jika iya baca dulu syaratnya di sini. Mudah kok! Asal Anda punya niat yang kuat dan usaha yang tekun, maka Anda bisa menjadi penulis online bersama member lainnya. O iya, saya juga member blogekstra lo.. dan saya sudah mencicipi manisnya penghasilan di blog group tersebut.

Nah, jika Anda kurang yakin atas apa yang saya sampaikan, atau Anda ingin bertanya banyak hal tentang blogekstra.com, maka silahkan kontak Bapak Wely Harianto di Facebook. Beliau adalah admin blogekstra.com yang siap menjawab pertanyaan Anda. Jangan sungkan untuk bertanya, beliau adalah orang yang sangat ramah. Bisa dibilang merakyat lah he he..

Sahabat, mungkin cukup sekian saja tulisan saya tentang blogekstra.com, tempat nulis online bareng plus bagi hasil. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa baca juga cara menghasilkan uang dari blog dengan memasang iklan PPC. Terima kasih...

Dapat Uang Dari Berjualan Online? Bisa Kok!

Hai sahabat, bagi Anda yang ingin mencicipi manisnya penghasilan online, maka Anda bisa mencoba salah-satu cara yaitu dengan berjualan online! Jualan online yang saya maksud adalah menjual barang milik Anda, dan kemudian mempromosikan barang dagangan Anda tersebut melalui media internet.

Ada banyak sekali keuntungan yang Anda peroleh dari berjualan online. Yang pertama adalah Anda tidak perlu keluar biaya dan modal terlalu banyak, jika dibandingkan dengan berjualan off line.

Dengan media internet, Anda bisa memasarkan produk atau barang Anda ke seluruh Indonesia hanya dengan duduk di depan komputer, yang tentunya tanpa butuh alat dan biaya transportasi untuk mempromosikannya. Bagusnya lagi, Anda tidak perlu membangun toko, atau menyewa ruko untuk menjual produk atau barang Anda tersebut.

Keuntungan selanjutnya adalah, Anda akan menjangkau pelanggan dengan area yang lebih luas. Seperti telah saya jelaskan sebelumnya, Anda hanya duduk di depan komputer, tapi produk Anda bisa Anda jual ke seluruh Indonesia, bahkan ke manca negara. Dan pastinya, dengan media internet pelanggan Anda akan jauh lebih banyak.

Dari banyaknya keuntungan berjualan online, membuat banyak sekali orang-orang yang bergelut di dunia internet marketing, dan memutuskan untuk fokus berbisnis di internet. Ada yang membuka toko online, berjualan online melalui situs social media, atau memanfaatkan situs jual beli online gratis yang banyak tersedia saat ini.

Di antara banyak pilihan, yang paling saya sukai adalah menjual barang dagangan saya dengan cara gratisan, yaitu melalui situs penjualan online yang banyak tersedia di internet. Untuk contohnya seperti OLX.co.id, Berniaga.com, jualo.com dan masih banyak lagi. Tapi, yang paling sering saya gunakan untuk berjualan adalah OLX.co.id, yang dulunya bernama Tokobagus.com.

cara mendapatkan uang dengan berjualan online

Mengapa saya memilih situs jual beli online gratis? Ya jelas, alasan pertama adalah karena gratis alias tidak dipungut biaya sepeserpun. Sebab, saya belum memiliki modal untuk membuat website toko online sendiri. Jadi, saya rasa inilah pilihan terbaik bagi yang kekurangan modal seperti saya ini he he he...

Sedangkan alasan kedua adalah kita tidak perlu repot-repot mempromosikan tulisan kita kepada orang-orang, tapi merekalah yang akan mencari sendiri barang jualan kita di situs tempat kita berjualan. Itu karena orang-orang sudah tahu bahwa di tempat penjualan online gratis, selalu banyak yang menjual barang-barang berdasarkan kriteria yang sesuai keinginan.

O iya, untuk berjualan online, Anda juga tidak perlu memiliki barang sendiri kok. Jadi Anda juga bisa bekerjasama dengan orang lain, dan membantu menjualkan produk atau barang mereka secara online atas nama Anda. Ini seperti yang saya lakukan, bahwa saya menjualkan barang milik bos saya yang kebetulan menjual berbagai macam spare part laptop.

Dengan metode ini, nanti setelah ada yang ingin memesan barang Anda, atau ada yang ingin membelinya langsung di tempat Anda, maka Anda boleh membawa barangnya ke tempat tinggal Anda dulu. Alhamdulillah, dengan cara ini saya telah memiliki pelanggan yang datang dari dalam maupun dari luar kota.

Keuntungannya jika Anda telah dipercaya, maka kedepannya ketika pelanggan Anda ingin mencari barang tentang produk yang Anda jual, mereka akan langsung menanyakan kepada Anda tanpa perlu lagi melihat dagangan Anda di internet. Dengan begitu, akan terjalin hubungan yang lebih dekat lagi antara Anda dan pelanggan.

Sahabat, untuk berjualan online juga tidak perlu harus barang baru kok! Anda bisa menjual barang-barang bekas yang Anda miliki. Atau Anda juga bisa bisnis jual beli barang bekas seperti yang saya lakukan dulu. Kebetulan dulu saya berjual beli laptop bekas. Bahkan laptop rusak pun bisa juga terjual melalui media online lo...

Jadi, jangan ragu-ragu lagi bagi Anda untuk memulai bisnis online ini. Sebab, jika Anda ingin sukses di hari esok, ya Anda harus merintisnya mulai hari ini. Satu lagi, untuk menjual barang secara online, agar Anda dipercaya maka cantumkan nama, alamat serta identitas Anda sejelas dan seasli mungkin.

Bukan hanya itu, sifat-sifat barang juga harus disebutkan. Misalnya warna, bentuk, tipe, berat dan lain-lain. Untuk mendukung dagangan Anda, alangkah baiknya jika dibuatkan juga foto barang yang Anda jual. Dan jika terdapat kekurangan atau cacat, Anda harus menunjukkannya melalui foto, atau menginformasikannya lewat tulisan.

Baiklah, saya rasa cukup sekian tulisan saya tentang dapat uang dari berjualan online? Semoga bermanfaat bagi Anda. Terima kasih ya telah berkunjung :)

Kekurangan Dan Kelemahan Laptop Slim

Memiliki laptop yang membawa banyak kelebihan, adalah dambaan banyak orang. Sebab dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan, kita akan diberi kemudahan dalam berbagai hal. Misalnya, main game terasa ringan, dan lain-lain. Nah, maka dari itu kita harus memilih notebook yang baik dan pastinya dengan hanya sedikit kekurangannya.

kekurangan laptop tipis

Bicara soal kekurangan, tentunya semua laptop memiliki kekurangan masing-masing. Namun, di sini saya hanya akan menjelaskan kekurangan laptop slim berdasarkan pengalaman saya selama ini.

Apa kekurangan dan kelemahan laptop slim? Jadi kekurangan pertama adalah, sering mengalami kerusakan pada bagian layar. Sebab, bentuk layar yang tipis akan lebih rentan terhadap tekanan yang terjadi terhadap laptop jenis ini.

kerusakan layar yang umum terjadi pada layar slim adalah LED bergaris, berbintik-bintik, berpelangi bahkan pecah. Ya, itu semua bisa saja terjadi bahkan dengan tekanan yang tidak terlalu kuat sekali pun.

Memang cukup disayangkan ketika laptop jenis ini didesain agar ringan dibawa kemana-mana, tapi justru lebih rentan terhadap kerusakan. Banyak sekali kasus yang saya dapatkan, laptop slim pecah akibat tertindis, terjepit di dalam tas dan lain-lain. Yang jelas, laptop ini rawan terjadi kerusakan layar.

Kekurangan dan kelemahan laptop slim selanjutnya adalah, menggunakan prosesor on board di dalamnya. Benar sekali, untuk menghemat ruang, nampaknya produsen laptop mulai merancang agar prosesor bisa dipasang langsung pada mainboard. Hal ini agar yang terpasang tidak terlalu membumbung tinggi seperti jika menggunakan socket alias bukan on board.

Nah, namun di situlah kekurangannya menurut saya. Sebab prosesor on board akan sulit untuk dideteksi kerusakannya, atau pun jika kita ingin malakukan servis. Jadi contohnya begini, jika laptop slim rusak pada bagian prosesornya, otomatis kita akan kesulitan untuk menganalisa kerusakannya dimana. Mengapa? Ya karena prosesor telah melekat di mainboard.

Sedangkan untuk membukanya, harus menggunakan alat khusus (pembuka chipset) yang tentunya juga cukup beresiko. Belum lagi memasangnya kembali, kita juga butuh cetakan kaki prosesor dan bola-bola timah untuk membuat kembali kaki-kaki prosesor tersebut sehingga bisa ditempelkan di mainboard.

Beda halnya dengan laptop tebal yang prosesornya bisa buka pasang hanya menggunakan jari, tentunya akan lebih mudah. Sebab, kita bisa menganalisa kerusakan prosesor dengan membuka dari socketnya saja, kemudian meminjamkan prosesor lain yang sejenis untuk dilakukan pengetesan.

Kekurangan laptop slim selanjutnya adalah, harga laptop dan spare partnya yang cukup mahal. Harus diakui bahwa laptop slim memiliki harga yang lebih mahal dibanding laptop bermodel biasa. Nah, karena harganya mahal, tentunya akan sulit dijangkau oleh orang-orang yang berekonomi lemah. Nampaknya, ini salah satu kendala bagi yang kurang mampu.

Selain barangnya mahal, spare part laptop ini juga dijual dengan harga yang lebih mahal di pasaran. Sebab, spare part laptop slim biasanya memiliki bentuk/model yang jauh berbeda dibanding laptop yang biasa saja.

Contoh: layar menggunakan LED slim, yang harganya di atas dari LED tebal. Keyboard juga begitu, bentuknya berbeda dengan laptop biasa, dan harganya pun lebih mahal. Belum lagi spare part lainnya yang tentunya juga memiliki harga yang cukup tinggi.

Kekurangan laptop slim selanjutnya adalah membuat pemiliknya sering cemas. Cemas dalam artian memikirkan jika sampai laptop tipis miliknya kenapa-kenapa. Pasti! Sebab semua orang sadar bahwa laptop yang tipis, tentu tidaklah kokoh. Oleh karena itu, si pemilik laptop jenis ini pun akan selalu was-was memikirkan apa yang akan terjadi terhadap laptopnya.

Mungkin sampai berfikir macam-macam, bisa saja cemas jika membawanya di dalam tas, cemas jika dipinjam teman, cemas jika terbentur, dan cemas-cemas yang lainnya. Dan pastinya, bisa membuat pemiliknya tidak tenang.

Nah sahabat, mungkin itulah beberapa kekurangan dan kelemahan laptop slim menurut saya. Tapi, tulisan ini bukan berarti untuk menakut-nakuti Anda yang ingin membeli laptop slim. Bagaimanapun laptop jenis ini juga mempunyai kelebihan. Saya hanya ingin berbagi, dan tidak ada maksud lain apapun.

Jadi, apakah Anda tetap ingin membelinya atau tidak, itu hak Anda sendiri. Baiklah, cukup sekian tulisan saya tentang kekurangan dan kelemahan laptop slim, semoga bermanfaat bagi Anda. Silahkan ditambahkan jika Anda berkenan. Jangan lupa baca juga Tips Memilih, Sebelum Membeli Laptop/Notebook Baru Terima kasih...