Kesalahan Blogger Newbie 1#: "Kurang FOKUS"

Masih ingat betul beberapa tahun silam, Waktu saya baru mulai belajar mencari uang lewat internet. Banyak sekali jalan yang bisa saja saya ambil waktu itu..

Tapi, saya hanya memilih untuk menjadi blogger dan mencari penghasilan dari iklan di blog. Alasannya tentu saja karena menjadi blogger tanpa modal kecuali bayar warnet (waktu itu)

Maklum,, kantong kering gaes. Jadi bikin blog yang gratisan saja dulu.. :D

Nah, setelah saya memutuskan menjadi blogger, ternyata di tengah-tengah jalan saya membaca banyak sekali potensi lain yang mungkin bisa menghasilkan uang selain dari iklan.



Saya mulai mempelajari banyak hal tentang itu. Mulai dari yang namanya affiliasi, freelancer, Belajar HTML untuk keperluan template blog, bahkan sampai belajar membuat aplikasi Android segala.

Saya berfikir mumpung masih muda. jadi saya harus banyak belajar, supaya semua saya kuasai. Kalau banyak yang saya bisa, maka semakin banyak jalan untuk menghasilkan rupiah dari internet. Setidaknya begitu pemikiran saya.

Saya mulai banyak membaca-baca tentang affiliasi. Dan setelah itu memutuskan untuk mencobanya.. Namun apa yang terjadi? sampai detik ini pun saya belum pernah mendapatkan uang dari program affiliasi.. Mungkin bisa jadi karena kurang fokus kesitu..

Saya juga mencari tau banyak-banyak tentang freelancer. Ah, saya rasa ini enak, kerja lepas, tanpa harus terikat kerja dengan perusahaan mana pun. Dan, saya pun mencoba di dunia freelancer. Sempat mendaftar di sribulancer, setelah itu lagi-lagi saya harus gigit jari. Saya cuma buat akun, setelah itu tidak pernah menawarkan jasa satu kali pun.. Jadi, soal penghasilan jangan ditanya lagi ya.. hehe..

Saya juga sempat belajar HTML. Saya pikir enak kalau bisa HTML. Paling tidak bisa otak-atik template blog sendiri, dan lebih bagus lagi kalau bisa bikin template untuk dijual. Sempat mencari banyak informasi di internet tentang HTML. Dan saya pun pernah berencana ingin membeli buku tentang koding itu. tapi, setelah itu karena kurang fokus saya pun tinggalkan cita-cita untuk jadi master HTML.

Yang terakhir, saya tertarik mendalami dunia pembuatan aplikasi android . Itu setelah saya baca-baca di forum tentang banyaknya penghasilan developer aplikasi Android dari google admob. Yah, mungkin karena mata duitan, saya langsung tertarik. Saya download aplikasi-aplikasi yang diperlukan untuk membuat aplikasi android, dan tentunya mencoba berbagai tutorial yang ada di internet untuk memulai proyek ini.

Hasilnya bagaimana? Hem, gagal.. lagi-lagi gagal.. tidak satu pun aplikasi android berhasil saya buat.. Mengapa? Ya karena kurang fokus juga...

Nah, sudah banyak jalan menghasilkan uang dari internet yang saya coba. Tapi, hampir kebanyakan tidak menghasilkan apa-apa kecuali rasa kecewa. Saya akui, itu adalah akibat kurang fokus.

Namanya juga blogger newbie alias pemula. Jadi maunya semua harus dikunyah tanpa peduli bahwa menguasai semua hal adalah hal yang sangat sulit dilakukan. 

Ini bukan cuma sulit dalam membagi waktu, tapi juga sulit untuk menjadi spesialis di banyak bidang..
Hampir-hampir tidak ada orang yang menjadi spesialis di banyak bidang, kecuali mereka hanya memiliki sedikit-sedikit ilmu dari bidang-bidang tertentu.
Misalnya begini: Seandainya saya giat mempelajari HTML., Saya juga rajin mempelajari affiliasi, freelancer, dan membuat aplikasi Android. Ya, mungkin saya bisa mengerti semuanya dan saya bisa sampai menghasilkan uang dari semua jalan tersebut.

Tapi, tetap saja saya tidak bisa menjadi spesialis freelancer, Affiliasi, HTML dan programmer aplikasi Android yang handal. Mengapa? Karena tidak semua ilmu dapat saya serap dengan baik lantaran tidak fokus tadi.

Nah, sebenarnya tidak masalah mempelajari semuanya. Hanya saja, kita perlu menentukan mana yang menjadi fokus utama kita. Misalnya kita ingin menjadi blogger sukses, ya tentunya porsi menulis dan mengurus blog harus lebih kita utamakan dibanding yang lain. Kalau ingin menjadi developer aplikasi android, ya kita harus lebih banyak mengurus itu dari pada mengurus yang lain.

Jangan sampai (misalnya) ingin menjadi blogger, tapi kita disibukkan dengan urusan-urusan lainnya sampai-sampai gagal fokus dan menjadi berantakan semuanya.

Affiliasi tidak bisa, HTML cuma bisa sedikit, membuat aplikasi android cuma bisa dasarnya, dan tentunya, menjadi blogger pun terbengkalai akibat waktu yang banyak terbuang sebelumnya.

Sobat, nyatanya setelah saya fokus mengurus blog untuk mencari penghasilan dari iklan adsense, Alhamdulillah saya pun berhasil mendapatkan penghasilan bulanan dari adsense tersebut.

Itu membuktikan fokus adalah hal yang harus dimiliki oleh blogger supaya bisa sukses..

Yuk, sobatku tercinta,, kalau mau cari sampingan selain menjadi blogger, silahkan.. Tapi harus ingat ya, jangan melupakan blognya. Selesai buat posting, baru boleh untuk mengurus yang lain lagi. Begitu terus setiap hari... Insya Allah berhasil... ;)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon