Keuntungan Dan Pentingnya Memiliki Artikel Blog Yang Enak Dibaca

Anda sebagai seorang blogger, tentunya menginginkan agar artikel Anda enak dibaca bukan? Ya, saya sendiri juga berkeinginan seperti itu. Hanya saja, apa yang Anda baca saat ini, masih jauh dari keinginan itu dan akan terus saya perbaiki sampai benar-benar bisa membuat Anda menikmatinya.

Kenapa saya berambisi ingin membuat tulisan yang enak dibaca? Karena jenis tulisan ini adalah yang paling banyak diburu oleh pengunjung, dan pastinya memiliki banyak kelebihan dibanding artikel yang biasa-biasa saja.

Pernahkan Anda menikmati tulisan, dan Anda merasa nyaman, ringan, masuk di pikiran tanpa harus membacanya berulang-ulang? Atau pernahkah Anda membaca sebuah artikel dari awal sampai akhir, tanpa melewatkan satu paragraf pun meskipun artikel itu sangat panjang? Kira-kira seperti itulah artikel yang saya maksud.

Bicara enak dibaca disini bukan masalah bermanfaat atau tidaknya suatu informasi, melainkan bagaimana menyajikan artikel yang meskipun itu kurang berguna, tapi bisa dinikmati oleh pembaca dengan perasaan senang.

Banyak keuntungan dan keutamaan memiliki artikel seperti itu. Dan semuanya akan saya tulis di bawah ini menjadi beberapa poin. Silahkan baca lebih lanjut.

Keuntungan memiliki artikel yang enak dibaca

1. Membuat artikel dibaca lebih lama

Jika Artikel Anda empuk dan enak dibaca, dapat dipastikan tidak ada sedikit pun bagian yang akan terlewatkan untuk disimak oleh pengunjung Anda, dari awal sampai akhir. Oleh karena itulah butuh waktu yang lebih lama untuk membacanya, sehingga membuat pengunjung bertahan lebih lama juga di laman artikel tersebut.

Apa keuntungannya? Jadi begini, semakin lama pengunjung bertahan di laman artikel Anda, itu dianggap baik oleh mesin pencari, dan dianggap artikel Anda memiliki kualitas baik yang dibutuhkan pembaca. Dan jika Artikel Anda disukai google search engine, maka google akan memperhitungkan peringkat yang baik untuk menempatkan artikel Anda pada posisi yang baik pula di mesin pencari google.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap laman yang dibuka oleh pengunjung, durasinya akan selalu dicatat oleh webmaster search engine termasuk google webmaster tool.

2. Membuat pengunjung betah berlama-lama di blog Anda

Semakin bagus dan enak dibaca tulisan Anda, maka akan membuat pengunjung betah berlama-lama di blog Anda. Mereka akan membuka-buka tulisan Anda yang lain, lagi dan lagi sampai mereka puas.

Keuntungannya apa? Hampir sama dengan poin pertama bahwa semakin lama pengunjung bertahan di blog Anda, dan semakin banyak halaman yang mereka buka, itu akan memperkecil persentase nilai bounce rate blog Anda. Semakin kecil bounce rate blog Anda, itu bagus di mata google.

Jika demikian, akan mendongkrak page ranking blog Anda, dan Anda akan mudah untuk memiliki artikel yang muncul di halaman pertama pencarian google.

3. Meningkatkan page view

Poin ke tiga ini masih erat kaitannya dengan poin pertama dan ke dua. Intinya semakin besar page view/jumlah tayangan laman di blog Anda, itu menunjukkan bahwa Anda memiliki artikel yang berkualitas. Semakin dirasa berkualitas blog Anda, sekali lagi saya katakan itu sangat disukai google search.

4. Mendapatkan banyak pembaca setia

Bagi Anda yang telah memiliki tulisan bagus, maka bersiap-siaplah untuk memiliki pembaca setia. Sebab, jika pengunjung Anda telah menyukai tulisan Anda, gaya bahasa Anda dan kualitas tulisan Anda yang mak nyus, kemungkinan besar mereka akan kembali lagi di blog Anda untuk menimba ilmu atau sekedar menikmati konten Anda.

Apa keuntungannya? Selain membuat unique visitor menjadi pengunjung tetap itu baik di mata google, dengan banyaknya pengunjung setia yang terus bertambah tersebut berarti blog Anda akan menjadi besar. Meskipun Anda tidak mempromosikan tulisan Anda, merekalah yang akan datang sendiri di blog Anda, untuk mencari tulisan terbaru dari Anda.

5. Dipromosikan orang lain

Anda pasti mau bukan jika blog Anda dipromosikan orang lain secara gratis? Begitu juga saya, yang memiliki keinginan sama seperti Anda. Nah, untuk itu buatlah artikel yang enak dibaca mulai sekarang. Sebab saya melihat banyak blog besar yang telah banyak pengikut dan pengunjung setia, maka blog tersebut banyak yang dipromosikan gratis oleh pengunjung mereka sendiri.

Ketika tulisan Anda mudah dimengerti, ketika tulisan Anda dapat menginspirasi dan nikmat dibaca, pengunjung Anda akan rela dan tidak keberatan membuat tulisan tentang Anda, ataupun web/blog Anda. Satu keuntungan bukan?

Bahkan tombol like, G+, tweet dan lain-lain akan iklas diberikan oleh pengunjung, karena mereka puas dengan tulisan Anda. Artinya apa? Promosi gratis!!

6. Meningkatkan trafik

Yang ke enam ini adalah hal yang cukup diinginkan banyak blogger, tentang meningkatnya trafik sebuah blog. Benar sekali bahwa jumlah pengunjung akan meningkat jika artikel Anda berkualitas dan enak dibaca.

Kok bisa? Begini, jika google menganggap artikel Anda berkualitas, maka mesin pencari terbesar di dunia itu akan memberikan ranking yang bagus terhadap blog Anda. Itu artinya blog Anda akan mendapatkan trafik berlimpah dari mesin pencari kan?

Kemudian ketika Anda telah memiliki misalnya 1000 orang pembaca setia. Berarti mereka adalah orang-orang yang pasti akan kembali di blog Anda, apakah seminggu sekali, bahkan setiap hari. Nah, jumlah mereka pasti akan bertambah, sebab pengunjung baru di blog Anda juga akan menjadi pembaca setia Anda, kemudian berlangganan artikel di blog Anda. Jika sudah begini, bukannya trafik meningkat?

Belum lagi promosi gratis yang dilakukan oleh pembaca setia Anda. Tentunya ini menjadi sesuatu yang sangat ampuh, sebab buah dari mulut ke mulut tentang blog Anda, akan membuat nama web/blog Anda tersebut menjadi lebih besar lagi.

7. Meningkatkan penghasilan

Jika Anda memonetize blog Anda, dan berharap penghasilan lebih darinya, maka dengan memiliki artikel yang menarik dan enak dibaca akan meningkatkan penghasilan Anda.

Kenapa bisa? Biar saya jelaskan, jadi seperti ini, ketika artikel Anda populer di mesin pencari karena baik di mata google, ditambah promosi gratis dari pengunjung hingga trafik blog Anda menjadi tinggi, otomatis penghasilan Anda akan meningkat.

Jika Anda memasang iklan PPC, tentunya jumlah klik semakin banyak. Jika Anda memasang iklan mandiri, tentunya biaya spot iklan di blog Anda semakin mahal. Jika Anda mengikuti program affiliasi atau Anda menjual barang sendiri, tentunya penjualan Anda juga meningkat seiring meningkatnya pengunjung di blog Anda. Benar bukan?

Nah, sekarang Anda telah mengetahui keuntungan dan pentingnya memiliki artikel yang enak dibaca. Jadi, apakah Anda juga ingin membuat artikel seperti itu? Tapi itu hak Anda. Jika Anda suka, silahkan dibuat, namun jika tidak, Anda bebas membuat tulisan sesuai selera Anda.

Baiklah, saya rasa cukup sekian tulisan saya, semoga bermanfaat bagi Anda. Terima kasih...

2 komentar

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon