Akibat Merubah DNS Blog Di Idwebhost, Domain Malah Tidak Bisa Terbuka

Hai sobatku, pagi ini saya ingin sedikit bercerita tentang pengalaman saya merubah DNS (domain name Server) blog di idwebhost beberapa hari yang lalu. Siapa tau anda ingin mengotak-atik DNS, tolong baca artikel ini dulu sampai ke baris paling bawah.

Oke, kita mulai ceritanya: Awalnya, saya bingung dengan blog ini setelah saya mendaftarkannya di google webmaster tool. Kan saya baru mengganti domain. Otomatis mendaftarkan kembali domain baru yang berekstensi dot com ini ke GWT kan sobat? Nah, tapi saat mensubmit setiap artikel baru di web master, kok statusnya selalu diredirect alias dialihkan disertai tanda seru kuning seperti berikut ini..
Kan aneh saja. Blog saya yang lain yang lebih duluan ganti domain saja tidak ada masalah seperti itu kok..!
Nah, Pada tanggal 26 bulan juli 2016, sore/malam harinya saya mengotak-atik DNS yang ada di idwebhost. Karena saya berfikir, mungkin ada kesalahan pada berbagai settingan  di idwebhost.

Saya melihat ada yang aneh dengan settingan CNAME di bagian DNS. Lihat, CNAME blog saya yang lain www terletak di atas. Sedangkan CNAME palucomputer kok www terletak di bawah. Mungkin itu penyebabnya, pikir saya..
CNAME blog lain

CNAME palucomputer.com

Sejak awal pemberian CNAME, blog ini memang sudah terbalik. Makanya sekali lagi saya berfikir mungkin inilah penyebabnya sampai di webmaster tool link artikel saya tidak tersubmit dengan baik.

Ya sudah, saya langsung tak berfikir panjang lagi..

CNAME www.palucomputer.com langsung saya rubah, dengan cara mencopy dan menukar yang www dan ghs.google.com itu ke atas supaya seperti blog yang satunya. Kemudian, saya klik tombol simpan.

Nah, setelah itu apa yang terjadi? Ternyata, setelah saya iseng-iseng mengecek blog ini besok paginya, waduh kok jadinya malah seperti ini sih?

Domain saya malah tidak bisa dibuka dan dikatakan This Site Can't Be Reached 

Ya Allah, domain tidak bisa dibuka..

Saya langsung komplain ke idwebhost saat itu juga.. Saya jelaskan juga apa yang saya lakukan tadi malam.. dan CS idwebhost mengatakan kemungkinan itu akibat perubahan DNSnya.. jadi saya disuruh menunggu 4-8 jam..

Sore harinya saat pulang dari kerja lapangan, saya cek lagi blog ini di kantor.. Ya Allah, masih belum terbuka juga.. saya lansung komplain lagi. Kali ini diladeni CS yang berbeda.. Dan saya bersyukur, karena beliau langsung bilang mau mengecek dulu (gak kayak yang pertama cuma tebak-tebakan :D)

Setelah dicek, CSnya bilang, ternyata CNAME yang saya pasang terbalik.. waduh,, he he.. Lihat, ini percakapannya..

Katanya sudah diperbaiki, dan saya disuruh menunggu 6 jam kedepan. tapi Alhamdulillah, tidak sampai 6 jam domain saya sudah bisa aktif dan dibuka kembali..

Akibat Buruk Merubah DNS

Sobatku, ternyata  semua perubahan yang kita lakukan pada DNS, akan membutuhkan waktu lagi bagi domain kita untuk bisa aktif. Dan tentunya, akibat hal itu bisa membuat pengunjung blog kita menjadi anjlok karena tidak bisa membuka blog kita.

Ini contohnya:

Sudah sekitar jam 5 sore, saat saya buka blogger ternyata jumlah pageview versi blogger baru 3 biji. Padahal biasanya jam segitu sudah dapat ribuan... Untuk itu, sobat blogger jangan coba-coba otak-atik DNS kalau tidak penting ya.. :)
Setiap pengalaman itu pasti memberikan pelajaran berharga untuk kita.. :)
Demikian tulisan singkat tentang akibat merubah DNS di idwebhost, semoga pengalaman ini bisa memberi manfaat untuk Anda.. Wassalamualaikum..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon