Tidak Menggunakan Antivirus Supaya Laptop Dan Computer Tidak Berat, Benar Atau Salah?

Jika Anda memiliki pemikiran untuk tidak menginstal antivirus apa pun di laptop atau komputer Anda supaya tidak memberatkan komputer, sekarang bacalah artikel ini dengan baik. Insya Allah, kalau pun kurang bermanfaat,, paling tidak masih ada manfaatnya meskipun hanya sedikit.
kalau laptop tidak diinstal antivirus
Beberapa tahun yang lalu ada seorang pelanggan yang datang memperbaiki laptopnya di tempat kerja saya. Saya agak kaget melihat kok laptop yang dibawa tidak pakai antivirus sama sekali.

Setelah bercakap-cakap sedikit, ternyata alasan beliau adalah supaya laptop miliknya tidak menjadi berat. Soalnya antivirus kan malah bikin laptop menjadi lambat, lalot, lemot, dan istilah-istilah sama lainnya. Begitu kurang lebih alasannya.

Sekarang yang jadi pertanyaan adalah:

Apakah benar tidak memasang antivirus di komputer dan laptop bikin laptop menjadi lebih ringan dan cepat?

Berdasarkan pengalaman, saya menjawab YA dan TIDAK!

Loh, jadi mana yang benar?

Begini: Saya katakan bahwa memang benar laptop atau komputer yang tidak menggunakan antivirus itu bisa lebih ringan digunakan. Tapi, itu hanya berlaku sementara. Maksudnya, saat virus telah menginveksi sistem komputer Anda, dan kemudian merusak sistem tersebut, maka tetap saja komputer atau laptop Anda akan menjadi berat. Dan bahkan, lebih parah dari sebelumnya.

Beda halnya kalau Anda telah membentengi laptop Anda dengan ativirus. Meskipun berjalannya agak berat, tapi karena tidak ada virus yang mengganggu laptop Anda, maka kinerja laptop anda pun akan tetap stabil.

Mungkin ada yang juga punya pemikiran begini: AH, yang penting laptop saya tidak pernah saya colok flash disk yang bervirus, dan tidak pernah saya gunakan untuk internetan. Pasti bakal aman dari virus.

Iya, bisa! Tapi hampir mustahil Anda bisa melakukannya.. Karena yang namanya komputer atau laptop pasti akan digunakan untuk hal-hal itu.

Kecuali laptop Anda, hanya diinstal game dan cuma digunakan main game. Itu tidak masalah. Tapi kalau untuk kerja.. Hampir tidak mungkin Anda bisa mencegah laptop supaya tidak terkontaminasi virus dari berbagi sumber.

Jika Anda pernah membaca tips supaya komputer dan laptop terhindar dari virus, tetap saja saya menyarankan kepada Anda untuk menggunakan antivirus.

Oleh karena itu, menggunakan antivirus di komputer atau laptop itu wajib!
Jadi, tidak menggunakan antivirus sama sekali itu adalah kesalahan fatal. Bukan cuma soal komputer malah bisa lebih berat (karena terjangkit virus), tapi karena banyaknya virus yang menyerang dapat merusak data Anda. 


Nah sobatku, mulai sekarang instal antivirus di komputer dan laptop Anda. Setelah itu, bersihkan komputer dan laptop Anda dari virus. Nantikan artikel di www.palucomputer.com lainnya ya :)


Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon