Cara Menghilangkan Navbar Di Blogger/Blogspot

Cara menghilangkan navbar di blog=> Sebenarnya fungsi navbar atau navigation bar cukup bayak. Hanya saja karena tampilannya yang menurut saya kurang bagus, sehingga membuat blog sedikit lebih ramai. Karena itu, saya lebih suka menyembunyikannya dari pada mempertahankannya.

Untuk letak navbar sendiri di blogger biasanya berada di atas header blog. Contohnya bisa di lihat seperti gambar di bawah ini.


 Nah, maksud menghilangkan navbar ini tidak lain adalah supaya tampilan blog saya lebih rapi, bersih, dan lebih ringan. Setidaknya ini menurut pandangan saya lo ya.

Baiklah tak panjang lebar lagi, berikut langkah-demi langkah menghilangkan navbar di blogger atau blogspot.

1. Masuk di blog Anda, kemudian perhatikanlah kolom di sebelah kiri, dan klik pada menu tata letak. Seperti gambar berikut ini yang saya berikan.

2. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, selanjutnya perhatikan pada kotak navbar di dekat pojok kanan atas. Klik pada tulisan edit seperti yang saya contohkan di gambar berikut.


3. Nah, pada tahap ke-tiga ini akan muncul jendela baru dengan gambar seperti di bawah ini, kemudian beri centang pada pilihan paling bawah yaitu off, dan klik simpan agar tampilan navbar tidak muncul di blog lagi.

4. Sekarang klik pada tombol pratinjau, jika navbar tidak tampil lagi, silahkan klik pada tombol simpan untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat.
Langkah ini sudah saya beri gambar agar memudahkan Anda mempraktekkannya...

Penutup

Demikian tulisan saya tentang cara menghilangkan navbar pada blog (blogspot), semoga bisa memberikan manfaat kepada Anda semuanya. Jika Anda memiliki pengalaman yang lebih baik tentang materi tulisan ini, silahkan dibagikan di kotak komentar. Sukses selalu untuk kita semua :)..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon