Cara Saya Mengatasi Paint.Net Tidak Bisa Dinstal Di Windows 7

Beberapa hari yang lalu saya sempat pusing memikirkan laptop yang semakin amburadul saja. Masak sih aplikasi paint.net kesayangan saya tidak bisa dibuka? Waduh-duh, bagaimana mau buat artikel tutorial yang keren kalau harus kembali ke paint bawaan windows 7 lagi? Selain kurang keren, paint windows 7 kan tidak ada tanda panahnya. Jadi kalau buat gambar tutorial yang pakai panah harus dengan cara manual yang bisa memperlambat pekerjaan. Sudah manual, lama, hasilnya pun kurang maksimal. Makanya gelisah ingin cepat menggunakan pain.net lagi.

Sobat, karena paint net tidak bisa dibuka, akhirnya saya coba untuk menghapusnya dan menginstalnya kembali. Tapi apa jadinya coba? Setelah selesai penginstalan tetap saja aplikasi untuk menggambar tersebut tidak bisa dibuka juga. Sempat pusing tuju keliling. Soalnya gara-gara problem ini saya jari agak jarang membuat tutorial komputer lagi.

Ya sudah, keputusan jatuh pada pilihan terakhir, yaitu instal ulang laptop saya dengan windows 7 ultimate 32 bit. Kan biasanya eror apa pun pada sistem komputer, kalau sudah diinstal ulang pasti beres masalahnya. Nah, ceritanya instal windows 7 pun sudah selesai. Namun pas mau instal paint.net 4.0.9 yang sebelumnya pernah saya instal, ee kok malah tidak bisa diinstal dan muncul pemberitahuan seperti ini.
windows 7 sp1 or newer is required

Pada peringatan tersebut dikatakan bahwa Windows 7 SP1 or newer is required. Hem, bisa diartikan "untuk menginstal pain.net berarti diperlukan windows 7 SP1 atau yang lebih tinggi". Waduh-duh, saya heran, kenapa jadi seperti ini?

Ya sudah, saya coba download paint.net lagi siapa tau saja installer lamanya sudah bermasalah. Begitu pikir saya. Dan setelah saya instal dengan yang baru saya download ini, masalah masih tetap sama. Ya Allah, bingung dan semakin bingung.

Tapi setelah saya pikir-pikir, mungkin paint.net yang terbaru kan butuh sistem operasai yang lebih baru. Jadi, kalau yang versi lama berarti bisa dipasang di sistem yang lama juga? Mudah-mudahan begitu!!

Nah, kemudian saya download paint.net versi 4.0.6 dan menginstalnya di laptop saya ini. Hem,, lagi-lagi belum berhasil juga..

Ah, coba download lagi yang versi jauh lebih bawah, yaitu v3.5.11 dan menginstalnya di laptop lagi. Alhamdilillah, sudah ada titik terang ni, ternyata peringatan Windows 7 SP1 or newer is required sudah tidak muncul lagi. 

Namun Paint.net cuma minta diinstalkan microsoft visual c++ 2010 agar bisa terinstal. Dan setelah visual c++2010 saya download dan instal, saya coba instal kembali paint.net tersebut. Setelah itu, minta diinstal Net framework lagi supaya paint.net bisa diinstal. Ya sudah, saya instal lagi net framework 4.5.1.

Kemudian saya coba instal lagi pain.net v3.5.11 tadi. Dan ternyata,  belum bisa juga. Apa yang salah? 

O iya, saya ingat, setelah instal net framework laptop harus direstart dulu supaya aplikasi tersebut dapat bekerja. Dan setelah laptop saya restart, Alhamdulillah, pain.net saya bisa diinstal di windows 7.  Yess!!

Sobatku, jadi untuk mengatasi pain.net yang tidak bisa diinstal di windows 7 yang belum sp1, silahkan download pain.net versi 3.5.11 saja. Jangan lupa, sebelumnya Anda harus menginstal microsoft visual c++ 2010 dan net framework V4 ke atas di laptop Anda.

Mungkin hanya ini saja cerita yang bisa saya bagikan, semoga curhat tentang paint.net yang tidak bisa diinstal di windows 7 ini bisa bermanfaat untuk Anda.. Wassalamualaikum.. :) 

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon