Belajar Servis Komputer dan Laptop Sendiri, Bisakah?

Pada umumnya, untuk bisa memperbaiki komputer atau laptop, seseorang harus belajar terlebih dahulu melalui berbagai jalan. Misalnya: lewat pendidikan formal jurusan teknik komputer, atau juga bisa dengan mengikuti kursus perbaikan komputer.

servis komputer sendiri
Foto saya Servis Laptop :)

Kalau lewat pendidikan dan kursus tidak diikuti, maka opsi terbaik lainnya adalah dengan belajar langsung kepada ahlinya, yaitu teknisi komputer yang telah berpengalaman.

Nah, sekarang bisa jadi muncul pertanyaan di benak anda. "kalau servis komputer dan laptop sendiri, alias secara otodidak, bisa tidak ya?"

Tentu saja bisa!

Saya punya beberapa teman yang ternyata bisa melakukannya.

Modalnya tentu saja minat, niat serta keinginan harus kuat. Setelah itu di sertai usaha yang sungguh-sungguh dan serius. Kemudian jangan lupa ya, untuk menjadi teknisi komputer itu kita juga di tuntut untuk berani! berani disini adalah berani segera bertindak, dan berani menanggung resiko jika terjadi kesalahan. 

Kan yang namanya memperbaiki komputer itu tidak luput dari kesalahan! apa lagi ini baru belajar. iya to?


Sekarang bagaimana caranya supaya menjadi teknisi komputer otodidak? 


1. Menggali Informasi Gratis di Internet 

Anda bisa menjadi teknisi komputer secara otodidak dengan memanfaatkan informasi di internet. Untuk saat ini, banyak sekali konten-konten yang bisa mengajarkan anda tentang memperbaiki komputer atau laptop. Konten tersebut bisa berupa artikel ataupun video.  

Silahkan jelajahi dunia maya. Kemudian temukan konten yang sesuai, seperti yang anda inginkan. Mana yang bagus, silahkan diambil untuk dipraktekan.

2. Membeli Ebook 

Selain mencari informasi gratis di internet, anda juga dapat membeli ebook. Ebook itu buku elektronik, yang di sajikan dalam bentuk file PDF.

Biasanya ebook lebih mudah di pahami, dan memiliki penjelasan yang lebih terperinci. Sebab akan di jelaskan dasarnya terlebih dahulu, baru dijelaskan langkah demi langkah selanjutnya secara beruntun. (biasanya lo ya).

Untuk membeli ebbok teknisi komputer, silahkan klik di sini.

3. Membaca buku 

Anda juga dapat membaca buku sebagai tambahan ilmu untuk memulai belajar servis komputer. Silahkan beli buku-buku yang anda perlukan di toko buku terdekat.

Tapi kalau Anda jauh dari peradaban kota, silahkan memesan buku komputer secara online saja ya sobat.. Yang penting bagaimana caranya Anda bisa membaca buku tersebut, meskipun Anda harus meminjamnya kepada orang lain.. :) 

4. Siapkan bahan dan sering praktek

Setelah teori-teori ada, siapkan bahan-bahan yang di perlukan. Misalnya: alat servis komputer dan juga komputer atau laptop yang akan dijadikan kelinci percobaan.


Alat servis serta komputer yang akan di servis harus ada. Sebab ada alatnya, tapi tidak ada komputernya bagaimana mau melakukan servis? Begitu juga sebaliknya. Ada komputernya, tapi tidak ada alatnya kan tidak mungkin komputernya mau di cangkul hehe...

Praktek, praktek dan praktek. kalau semuanya sudah siap, segeralah praktek. Semakin banyak praktek, semakin banyak pengalaman, Insya Allah semakin cepat bisa menjadi teknisi komputer yang mantab...

Oke, yang jelas, siapa yang terus berusaha, insya allah akan berhasil. semangat ya juragan:)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon