Tips Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka di Smartphone

Pernah merasa kesulitan untuk membuka aplikasi di hp android kamu? Padahal terakhir kali digunakan, aplikasi masih bisa diakses. Kamu mungkin akan merasa kaget saat aplikasi tidak bisa dibuka dan menyalakan ponsel.


mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka


Aplikasi yang tak bisa dibuka adalah hal biasa dan bisa terjadi kapan saja. Jika aplikasi tersebut tidak berhubungan dengan pekerjaan atau bisnis kamu mungkin akan merasa biasa saja. Tapi jika aplikasi tersebut sangat penting, kamu pasti merasa kesal.


Saat masalah ini terjadi, kamu tak harus pergi ke tempat service karena penanganannya masih bisa dilakukan sendiri. Berikut ini tips yang bisa kamu simak.


Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Hp


Pada smartphone ada dua jenis aplikasi yang bisa digunakan yaitu aplikasi bawaan dari hp dan aplikasi yang kamu instal. Saat kamu membeli ponsel pertama kali, pasti ada beberapa aplikasi seperti player, galeri yang itu semua adalah bawaan ponsel.


Kamu tidak bisa menghapus aplikasi tersebut kecuali berganti ponsel. Sedangkan aplikasi yang kedua ini adalah aplikasi yang kamu dapatkan setelah menginstal. Kamu bisa mendapatkannya dari Playstore atau Appstore. Ada aplikasi berbayar ada juga yang gratis.


Sebagian besar masalah yang sering terjadi adalah pada aplikas yang kamu instal sendiri. Sumber masalahnya pun bisa beragam sehingga aplikasi akhirnya tidak bisa dibuka atau dioperasikan secara normal.


Tak perlu panik, beberapa cara mudah berikut ini bisa kamu coba sendiri sebelum pergi ke tempat servis.


1.     Merestart Smartphone


Cara paling mudah dan praktis adalah dengan restart smartphone kamu. Mungkin saja selama ini smartphone tidak pernah di restart sehingga kinerjanya terasa berat. Proses ini akan membantu smartphone menjadi lebih ringan dan bekerja lebih baik lagi.


Kamu hanya perlu menekan tombol power lama sampai muncul menu restart. Kemudian tekan menu tersebut dan tunggu beberapa saat hingga ponsel mati dan menyala kembali. Cobalah untuk membuka aplikasi yang tadinya tak mau berjalan.


2.     Mengupdate Aplikasi


Masalah lain yang muncul juga karena aplikasi yang kamu jalankan tidak pernah diupdate. Padahal developer biasanya akan rutin update aplikasi. Ketika kamu masih menggunakan versi lama biasanya beberapa fitur tak bisa digunakan atau aplikasi tak bisa dibuka sama sekali.


Jika itu masalahnya, kamu bisa mencari di Playstore atau Appstore aplikasi yang bermasalah tadi. Kemudian pilih menu update untuk mengeditnya. Pastikan kamu memiliki jaringan internet saat melakukannya ya.


3.     Mengupdate Os Ponsel


Bagi kamu yang menggunakan hp android setiap beberapa bulan biasanya terdapat update OS yang muncul notifikasinya. Kamu harus rajin untuk mengeditnya sehingga ponsel dan aplikasinya berjalan secara normal.


Fungsi dari pembaruan perangkat lunak hp adalah supaya ponsel bekerja dengan sistem baru. Sistem ini diperbaharui sehingga soal keamanan dan kompabilitas dengan aplikasi lebih baik lagi. Jadi kamu bisa menggunakan aplikasi yang tadinya tak bisa dibuka.


4.     Menghapus Cache Memori


Cache yang merupakan file sementara dalam memori perlu rutin dihapus. Tujuannya adalah agar tidak menumpuk dan memenuhi memori pada ponsel. Memori yang menumpuk ini nantinya akan berpengaruh pada kinerja ponsel.


Alhasil kamu tak bisa lagi membuka aplikasi yang diperlukan. Setiap ponsel memiliki pengaturan cache dan kamu tinggal masuk kemudian menghapusnya.


5.     Developer Tidak Melakukan Pembaharuan


Kebalikan dari update aplikasi, kamu justru tidak bisa memperbaharuinya. Alasannya adalah developer tidak memperbaharui aplikasi tersebut. Mungkin saja penggunanya terlalu sedikit atau aplikasi tidak memberikan keuntungan.


Aplikasi yang tidak bisa dijalankan dan tidak ada update menjadi tanda-tanda bahwa mungkin akan segera ditutup atau tidak dapat berfungsi kembali.


6.     Mereset Smartphone


Apabila tidak ada masalah dengan developer, cara terakhir adalah dengan mereset smartphone kembali ke pengaturan pabrik. Ponsel kamu mungkin sudah disusupi oleh malware sehingga aplikasi tidak berfungsi kembali.


Sebelum mereset pastikan kamu sudah melakukan backup semua data penting agar tidak hilang. Kemudian tinggal mencari menu reset ke pengaturan pabrik pada setting ponsel dan tunggu sampai selesai.


Tidak sulit bukan untuk mengatasinya sendiri, tapi jika ternyata aplikasi masih tak bisa dijalankan dan muncul beberapa masalah lain kamu bisa mengeceknya di tempat servis. Datangi tempat servis sesuai merk ponsel kamu ya.

This Is The Newest Post

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon