Cara Melakukan Cek Pada Blog Atau Artikel Untuk Mengetahui Adanya Plagiat Atau Tidak

Hai sahabat, sebelum mendaftar sebagai publisher google adsense, tentunya Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah blog Anda mengandung konten plagiat berhak cipta milik orang lain atau tidak. Sebenarnya ini juga berlaku bagi kita yang telah menjadi publisher, untuk mematuhi aturan google adsense yang salah satunya adalah menghindarkan dari plagiat konten berhak cipta milik orang lain.

Sebab memiliki konten berhak cipta milik orang lain sangat beresiko terhadap kelanggengan akun adsense kita. Kenapa? Karena resikonya akun kita akan dibanned alias dinonaktifkan.

Sebenarnya bukan hanya bagi orang yang berhubungan dengan mendapatkan uang dari blog dengan memasang iklan PPC saja. Melainkan bagi Anda yang hobi blogging dan sayang terhadap blog Anda, maka Anda juga wajib berhati-hati.

Sebab jika artikel Anda mengandung plagiat konten berhak cipta milik orang lain, maka Anda bisa dilaporkan oleh orang lain ke DMCA (penyedia hak cipta online). Jika demikian, maka artikel bahkan blog Anda bisa saja dihapus oleh google dari pencarian.

Nah, oleh karena itulah Anda harus sering-sering melakukan cek terhadap blog atau artikel Anda yang telah ada. Apakah terindikasi copas/copy paste/plagiat atau tidak. Sebab meskipun artikel Anda hasil tulisan sendiri, itu bukan jaminan artikel Anda lolos dari copyscape, tools internet yang bisa mendeteksi adanya plagiat pada sebuah blog atau artikel.


Baiklah tak panjang lebar lagi, untuk melakukan cek apakah blog atau artikel kita mengandung hak cipta milik orang lain atau tidak, maka kita akan menggunakan tools copyscape.com Tapi agar menghemat biaya, kita gunakan yang versi gratisnya saja ya he he..

1. Oke, silahkan masuk DISINI. Kemudian copy dan pastekan URL artikel Anda yang ingin dicek, pada kotak search copyscape. Atau Anda juga bisa memasukkan URL blog Anda jika ingin melakukan cek terhadap keseluruhan artikel. Setelah itu klik pada tombol "search".
Lihat gambar di bawah ini.


mengetahui plagiat artikel


2. Jika tidak ditemukan adanya indikasi copas, maka akan muncul pemberitahuan "no results fouds bla bla bla" seperti gambar di bawah ini.


3. Jika artikel atau blog Anda terinveksi virus plagiat, maka akan ada pemberitahuan "result found" to seperti gambar berikut.



Nah, untuk itu segeralah lakukan tindakan pada artikel Anda yang ditemukan itu. Terserah Anda, apakah akan menghapusnya atau mengeditnya sampai lolos dari copyscape tersebut.

Ke depan jika Anda membuat tulisan lagi, dan sebelum mempublikasikannya maka Anda harus mengeceknya terlebih dahulu menggunakan tools online plagiarism checker untuk mengetahui tulian Anda agar terhindar dari plagiat. Untuk caranya, silahkan baca Cara menghindari plagiat artikel blog dengan plagiarism checker.

Nah, demikian tulisan saya tentang cara melakukan cek blog atau artikel untuk mengetahui adanya plagiat atau tidak, semoga bermanfaat bagi Anda. Terma kasih..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon