Cara Mem-backup/menyimpan template blogger sebelum mengeditnya

Hai sahabat, jika Anda sedang bereksperimen melakukan pembenahan template blog Anda, maka sebelum Anda mengedit html template tersebut, Anda harus terlebih dahulu menyimpan atau mendownloadnya.

Maksud menyimpan template terlebih dahulu adalah untuk berjaga-jaga jika saja setelah Anda melakukan pengeditan ternyata terjadi eror di templae tersebut. Nah, maka itulah fungsi template yang di download tadi, yaitu untuk mengembalikannya lagi menjadi seperti semula dengan cara menguploadnya kembali.

Bagi Anda yang menggunakan komputer desktop atau komputer warnet, maka menyimpan template sebelum mengeditnya adalah hal penting. Sebab, saya pernah mengalami kasus ketika asik-asik mengedit html template blog di warnet, tiba-tiba saja mati lampu. Dan akibatnya pun template blog saya menjadi eror.

Oleh karena itulah, agar hal ini tidak terjadi kepada Anda, maka Anda harus mengetahui dulu langkah membackupnya dibawah ini.

1. Masuklah terlebih dahulu di blog Anda. Jika sudah, klik pada tab template sebelah kiri, seperti gambar di bawah ini.

cara backup template blogger

2. Kemudian klik pada tombol "cadangkan/pulihkan" seperti pada gambar berikut.


2. Setelah itu akan muncul sebuah jendela, untuk memberikan tombol "unduh" kepada Anda. Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah klik tombol Unduh template lengkap untuk menyimpan template Anda.


3. Jika muncul jendela pertanyaan seperti di bawah ini, centang pilihan simpan berkas, dan klik ok


4. Kemudian template Anda akan didownload dalam hitungan kurang dari satu menit jika koneksi internet Anda bagus. Selanjutnya silahkan simpan file html hasil download tadi kedalam media penyimpanan Anda, seperti flash disk, hard disk eksternal, memory card dan lain-lain.

Nah sahabat, mudah bukan? Hanya seperti itu saja caranya. Memang terlihat simpel sekali. Tapi sayangnya banyak yang menyepelekannya, hingga berakhir dengan penyesalah jika terjadi eror pada template blog mereka.

Baiklah, saya rasa cukup sekian tulisan saya tentang cara menyimpan/mendownload template blogger sebelum mengeditnya, semoga bermanfaat bagi Anda. Terima kasih banyak telah mampir di blog sederhana ini.

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon