Mengapa Komputer Sering Berbunyi Bising Saat Dipakai?

Hai sahabat, jika Anda pengguna komputer desktop, kemungkinan Anda akan mengalami masalah komputer yang sering berbunyi bising saat dipakai. Bunyi yang dimaksud adalah seperti bunyi mendengung, tapi terdengar terus menerus saat komputer dihidupkan. Kalau bunyi itu dituliskan, kira-kira seperti ini "Ngunggg-ngunggg" (panjang).

Dapat ditebak bunyi tersebut berasal dari dalam casing komputer, yang biasanya terdengar sangat keras dan bising di telinga. Jika kita bekerja, benar-benar bisa mengganggu konsentrasi bagi orang-orang yang tidak suka dengan suara gaduh.

Jika benar bahwa bunyi seperti itulah yang terdengar di komputer Anda, maka kemungkinan besar itu berasal dari kipas prosesor atau kipas di dalam power supply komputer tersebut. Kok bisa berbunyi? Ya, itu bisa disebabkan oleh debu yang terlalu banyak dan mengotori kipas-kipas tersebut. Dan selain itu, adalah hal yang wajar jika kipas yang telah lama mulai mengeluarkan bunyi seperti itu, sebagai tanda bahwa perangkat tersebut mulai bermasalah.

Umumnya, kipas yang berbunyi pasti kotor, atau terkadang perputarannya tidak normal. Dalam kasus yang sering saya dapatkan debulah yang biasa menjadi biang utamanya. Debu yang jarang dibersihkan, akan mengendap di bawah kipas dan menyebabkan kipas seret dan berbunyi.

Untuk mengatasi bunyi pada kipas tersebut, Anda bisa membersihkan kipas komputer Anda menggunakan kuas. Tapi, Anda harus melepasnya terlebih dahulu agar hasilnya bagus. Jika Anda tidak bisa bongkar pasang komputer, Anda bisa meminta bantuan teknisi komputer untuk membersihkannya.

Biasanya, dengan cara seperti itu masalah kipas yang berbunyi akan teratasi. Namun jika masih berbunyi, atau yang bermasalah adalah kipas pada power supply-nya, maka Anda harus mengganti kipas prosesor dengan yang bagus, atau mengganti power supply dengan yang masih bagus juga.

Saya yakin jika Anda telah mengganti kipas yang bermasalah, maka bunyi-bunyi pada komputer Anda akan hilang. Tapi setelah itu kipasnya harus dijaga ya sahabat, agar debu jangan sampai menumpuk lagi pada kipas komputer Anda.

Baiklah, sekian dulu tulisan saya tentang mengapa komputer sering berbunyi saat dipakai, semoga bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa baca juga kipas yang rusak juga menyebabkan laptop mati. Terima kasih...

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon