Menggunakan Laptop plus Sedia Minuman Memang Enak. Tapi, Ini Resikonya

Kebanyakan pengguna laptop/notebook pada umumnya pasti suka yang namanya minuman. Minuman Apa saja. Apakah kopi, teh panas, susu, atau minuman bersoda yang bisa membuat mulut berbusa-busa itu. Dan minuman tersebut, kebanyakan dihidangkan di dekat laptop saat kita ber-laptop ria. Hem,, memang kurang asik rasanya kalau bekerja menggunakan  laptop  atau komputer tanpa didampingi segelas minuman disamping. 

laptop dan kopi

Yah, saya sendiri  kadang juga merasa seperti itu. Apakah saat internetan, mengetik tugas, atau sekedar main game, memang lebih enak kalau sambil nyeruput segelas minuman.

Alasan kebanyakan orang beda-beda sih mengapa mereka suka sambil minum saat menggunakan laptop. Tapi, alasan yang paling umum adalah, supaya perasaan ini lebih senang, dan tentunya bergairah dalam bekerja di depan laptop. Dan supaya saat menggunakan laptop tidak cepat bosan, ya harus sambil sesekali nyeruput minuman... Bagaimana menurut sobatku? Masuk akal bukan?

Namun Anda juga harus tahu, dibalik bersahabatnya rasa dan manfaat dari minuman-minuman yang kita siapkan tersebut, tersimpan resiko yang harus diterima oleh pengguna laptop itu sendiri, jika sembarangan dalam meletakkan secangkir minumannya. Apa akibatnya jika sembarangan menaruh cangkir minuman saat menggunakan laptop?

Yang jelas, akibat yang paling mengerikan adalah laptop kita bisa saja ketumpahan minuman tersebut. Kok bisa? Iya, karena banyak yang telah mengalami masalah ini. Dan pada umumnya, hal itu terjadi akibat kecerobohan serta ketidak sengajaan kita sendiri yang membuat laptop kita menjadi basah kuyup dan rusak. 

Laptop kita akan mengalami kerusakan ringan bahkan berat saat cairan minuman sudah masuk ke bodi laptop. Misalnya masuk ke celah-celah keyboard, maka dapat dipasatikan keyboard laptop kita menjadi rusak dan tidak berfungsi. Dan lebih parah dari itu, jika minuman yang tumpah di laptop dalam jumlah banyak, maka laptop pun bisa saja menjadi mati total.

Sobatku, mungkin kita bisa mengatasi laptop yang ketumpahan air tersebut tanpa bantuan orang lain. Namun persentase keberhasilannya sangat kecil. Sebab jika cairan minuman sudah merusak komponen-komponen yang ada di dalam mainboard, maka laptop Anda akan sulit untuk diperbaiki. Dan jikapun bisa diperbaiki, maka Anda akan membayar biaya perbaikan yang nilainya hampir sama dengan membeli laptop baru. Itu pun masih ada resikonya lagi, yaitu laptop Anda bisa saja kembali mati akibat servis yang tidak 100% berhasil.

Kasus laptop yang ketumpahan minuman bukan cuma satu dua orang saja yang mengalaminya, Tapi banyak. Maka dari itu, yang sudah-sudah seharusnya menjadi pelajaran bagi kita untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan laptop. Kita harus mengetahui bahaya menaruh laptop di sembarangan tempat juga, supaya kita bisa lebih berhati-hati lagi.

Dan masih kurang rasanya tanpa mengetahui tips menyimpan laptop yang benar. Nah, baru setelah itu kita perlu untuk mengetahui 9 tips merawat laptop agar tetap awet.

Nampaknya, untuk menjaga laptop itu gampang-gampang susah ya sobatku. Butuh usaha yang serius agar laptop kita benar-benar ada di garis aman. Yah, namanya juga usaha, ya harus serius dong. Karena kalau tidak serius hasilnya pasti tidak akan masksimal.

Oke deh sobatku, pesan saya, berhati-hatilah jika menggunakan laptop saat menikmati minuman agar cairan minuman tidak tumpah ke laptop Anda sehingga menjadi rusak... Tolong beritahu keluarga, teman-teman serta orang terdekat Anda.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon