Cara Mengamankan Data Penting Di Komputer Agar Tidak Hilang

Cara mengamankan data penting agar tidak hilang=> Bagi sebagian orang, data penting merupakan hal yang nilainya lebih berharga dari uang jutaan rupiah. Ya..! Karena data-data yang dianggap penting tersebut bisa berupa data pekerjaan kantor, skripsi, foto-foto kenangan dan masih banyak lagi, yang jika hilang bisa membuat pemiliknya menjadi frustasi.


Hal yang membuat takut kebanyakan orang yang memiliki data penting adalah jika kehilangan data tersebut. Perlu Anda ketahui, bahwa data-data Anda bisa saja hilang akibat berbagai hal. Bisa jadi akibat virus, dicuri orang, dihapus orang lain, kelalaian Anda sendiri yang tidak sengaja memformat hard disk atau media penyimpanan data Anda, atau kerusakan tempat penyimpanan data itu yang mengakibatkan hilangnya file dan data Anda.


Jika itu telah terjadi barulah Anda mulai berfikir bahwa menjaga data agar tetap aman adalah lebih penting daripada harus mencari saat Anda telah kehilangannya. Sebab, mencari data yang hilang itu adalah hal yang sangat sulit dilakukan meskipun ada beberapa yang beruntung bisa mengembalikan atau menemukannya kembali.


Agar kehilangan data tidak terjadi pada Anda, tentunya Anda harus mengetahui tips mengamankan data di komputer agar tidak hilang. Dengan membaca tips ini, diharapkah Anda mengetahui apa semua yang harus Anda lakukan agar data Anda aman dan jauh dari kata "LOSE".


Baiklah, inilah tips mengamankan data penting agar tidak hilang


1. Copy ke beberapa partisi


Jika Anda memiliki data yang sangat penting, jangan pernah hanya menyimpan di satu tempat saja. Perbanyak data tersebut dengan cara meng-copynya, kemudian mempastenya di beberapa partisi laptop atau komputer Anda. Misal komputer Anda memiliki tiga partisi. C untuk system, sedangkan D dan E untuk data. Jadi simpan data penting Anda tersebut di dalam partisi D dan E.


Jika diperlukan copy data penting Anda di laptop atau komputer lainnya untuk berjaga-jaga jika tempat penyimpanan pertama rusak atau hilang. Apabila Anda mengedit data Anda di tempat penyimpanan utamanya, jangan lupa untuk meng-copynya lagi pada partisi lainnya.


2. Copy ke penyimpanan external


Yang saya maksud penyimpanan external adalah media penyimpanan di luar komputer seperti flash disk, hard disk external, memory card dan lain-lain. Nah, copy dan simpan juga data yang Anda anggap penting ke berbagai penyimpanan external tersebut. Ini untuk menghindari jika data hilang di satu dua dan tiga tempat, paling tidak masih ada di tempat lainnya.


Dengan menyimpan data di flash disk atau media penyimpanan external lainnya, ini juga akan memudahkan Anda untuk membawanya kemana-mana. Tentunya lebih ringan dan simpel dibanding Anda harus membawa laptop atau komputer Anda. 


3. Copy ke CD/DVD


Nah, ada kalanya penyimpanan external sebelumnya tidak aman dari virus. Oleh karena itu agar data Anda aman dari kehilangan akibat virus, atau kerusakan akibat virus juga, jadi solusinya copy dan burn data Anda di CD atau DVD blank. Cara ini agar virus tidak bisa masuk ke data yang telah dipatenkan di dalam kepingan CD/DVD.


Setelah tersimpan di satu CD/DVD, gandakan kepingan tersebut menjadi banyak. Sebagiannya simpanlah di tempat yang aman, yang tentunya terhindar dari tangan-tangan jail seperti anak-anak dan balita. Jangan lupa tempat penyimpanan tersebut harus yang mudah Anda ingat tentunya.


4. Masukkan data di penyimpanan online


Media penyimpanan data kini semakin canggih saja. Tidak hanya dengan cara offline, tetapi dengan cara online pun Anda bisa menyimpan data Anda. Katakanlah di email atau penyimpan data milik google, yaitu google drive. Pada media tersebut Anda dapat memasukkan data Anda dengan ukuran maksimal yang telah ditentukan secara gratis.


Tentunya ini lebih mudah ketika Anda kemana-mana dan lupa membawa laptop, atau media penyimpanan external tempat data Anda disimpan. Dengan penyimpanan online ini, Anda bisa mengambil data Anda dimanapun dan kapan pun asal Anda bisa terhubung ke internet.


Bagusnya, Anda telah mempunyai tempat penyimpanan yang lebih beragam lagi, tidak hanya di dunia nyata tapi juga di dunia maya.


Baiklah, saya rasa cukup sekian tulisan saya tentang cara mengamankan data penting di komputer agar tidak hilang. Semoga bermanfaat bagi Anda. Namun jika ada kekurangan silahkan ditambahkan ya.. Terima kasih..

4 komentar

saran gan.. yg nomor 4 mungkin akan lebih bgus klo ditambahkan link

@jasa pengetikan maksudnya ditambahkan link gimana ya gan?

Nomor dua adalah cara favoritku, saya ada hardisk laptop dan komputer yang enggak ke pake, semua data-data yg ada di lepi ku saat ini semuanya ku copy ke hardisk, tiap minggu pasti ku copy ulang ke hardisk untuk menyimpan data-data baru. Cara ini menurutku yg paling mudah plus aman.

Saya juga pake cara nomor 4, tapi space nya dikit banget, saya pake OneDrive milik Microsoft, cuma 2 GB aja.

iya gan, itu supaya lebih aman ya.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon