Kehabisan Inspirasi Untuk Menulis Artikel Blog Itu Biasa!

Bagi para blogger, baik itu para master maupun pemula pasti pernah mengalami yang namanya kehabisan inspirasi. Tidak tau apa yang mau ditulis, judulnya apa, tentang apa, apalagi isinya. Terkadang mulai menulis satu dua paragraf, "stuck" alias buntu tidak tau apa lagi kelanjutannya.

Kemudian mulai membuat tulisan dengan tema dan judul yang berbeda, tetapi lagi-lagi Anda kehabisan ide dan terpaksa harus bengong berlama-lama untuk berfikir. Terkadang sampai sakit kepala, belum juga mendapatkan inspirasi.

Sebenarnya apa yang salah?

Tidak ada yang salah dalam kasus ini, sebab saya telah jelaskan sebelumnya bahwa siapa pun Anda apakah senior atau junior di dalam ngeblog, pasti pernah dan akan mengalami hal ini. Kecuali bagi mereka yang kerjanya hanya copy dan paste konten tentunya tidak pernah mengalami kebuntuan. Ya iyalah, wong kerjanya cuman tekan tombol ctrl+A->ctrl+c->ctrl+v pasti tidak perlu pusing.

Namun bagi pemula seperti saya, kehabisan ide dan inspirasi itu merupakan hal yang sering terjadi. Apalagi ditambah dengan gangguan dari luar seperti anak-anak yang ribut, atau pun suara pintu yang di ketuk-ketuk oleh rentenir :D

Bahkan ketika membuat tulisan ini pun, saya sedang "stuck" berat. Dari pagi, tidak ada inspirasi. Akhirnya saya gunakan waktuku untuk mengerjakan pekerjaan di kebun. Ketika siang begitu duduk belum ada juga inspirasi. Bahkan ketika malam pun, ternyata juga belum ada sama sekali ide yang bisa ditulis. Jadi yang Anda baca ini hanyalah apa yang terlintas di pikiran, dan langsung saya tuangkan dalam bentuk curhatan he he he..

Tapi jangan salah, walau pun tulisan ini nampak kurang bermakna, tapi banyak pelajaran berharga yang bisa diambil. Artinya saya jadi mendapatkan tips baru untuk mengatasi kebuntuan saat menulis, atau kehabisan ide dan inspirasi membuat artikel.

Jadi tips sederhananya, ketika otak benar-benar beku, cairkanlah dengan hal-hal yang dapat menghibur seperti jalan-jalan sejenak melihat sesuatu yang bisa membuat Anda kagum. Asal jangan istrinya tetangga saja ya he he he..

Yang jelas seperti itulah cara yang saya gunakan, ini bukan untuk mencari inspirasi yang Anda butuhkan, melainkan untuk sedikit menyegarkan pikiran Anda.

Yakinlah ketika otak sudah cair dan segar kembali, pasti ada ribuan ide yang terlintas di pikiran Anda. Dan jika ide-ide itu telah banyak terkumpul, segeralah untuk menulisnya. Ingat, dengan segera menulisnya. Santai saja, jangan terlalu banyak berfikir agar tidak terlalu membebani Anda saat menulis.

Apa yang Anda pikirkan, apa yang terlintas, atau yang sedang Anda bayangkan segeralah wujudkan dalam bentuk tulisan sebelum menghilang. Masalah edit meng-edit itu belakangan. Yang penting Anda bisa menuangkan ide terlebih dahulu.

Barulah setelah pikiran Anda selesai ditulis, proses editing diperlukan untuk menyeleksi jika ada salah ketik, untuk menambahkan kata, atau membuang jika ada kata-kata yang kurang pantas. Sehingga setelah proses editing selesai, tulisan Anda menjadi lebih berkualitas lagi.

Bagaimana? apakah Anda pernah mengalami hal ini? silahkan dibagikan melalui komentar jika ada. Baiklah, untuk mengakhiri tulisan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Anda yang telah bersedia membaca curhatan saya tentang kehabisan inspirasi saat menulis blog itu biasa. Sekali lagi Terima kasih,, sukses untuk kita semua..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon