Kalau Jadi Teknisi Komputer Jangan Sombong Dong!

Hai sahabat, terkadang kita akan bangga dengan menyandang gelar sebagai teknisi komputer. Itu karena gelar tersebut tidaklah mudah didapatkan oleh semua orang; Dan untuk mendapatkannya pun, kita harus bersusah-payah hingga pada akhirnya banyak juga yang menyerah di tengah jalan.

Hal yang membanggakan bagi saya ketika menjadi teknisi komputer adalah, saya bisa membantu dengan senang hati untuk memperbaiki komputer atau laptop milik pelanggan. Dan itu merupakan pekerjaan mulia jika kita mengerjakannya dengan sepenuh hati.


Namun, ternyata banyak juga para teknisi komputer yang dengan ilmunya, membuat mereka menjadi sombong. Dari cara bicaranya, cara kerjanya, serta sikapnya seolah ingin menunjukkan kepada siapa pun bahwa merekalah yang paling hebat.


Mereka berani mengatakan bahwa "di tempat kamilah jasa servis komputer dan laptop terbaik. Kalau di tempat lain itu belum ada apa-apanya dan mereka sering gagal memperbaiki laptop. Kemudian ketika gagal, orang-orang dari toko lain akan membawa laptop mereka ke tempat saya, untuk meminta bantuan kepada saya. Itu membuktikan bahwa jasa servis kamilah yang terbaik."


Nah sahabat, tentunya klaim seperti itu tidak bisa dijadikan dasar siapa yang paling hebat di antara banyak teknisi. Sebab bisa jadi teknisi satu memiliki ilmu A dan B, tapi tidak memiliki ilmu C. Sedangkan teknisi 2, memiliki ilmu B dan C, tapi tidak memiliki ilmu A. Dan begitulah faktanya, bahwa tidak ada satu orang pun yang mampu menguasai ilmu dari A sampai Z.


Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita masih meniru sifat padi, yang semakin berisi semakin menunduk. Artinya, justru semakin banyak ilmu yang kita miliki, harusnya kita semakin berendah diri, semakin terlihat tenang, dan tidak menampakkan sifat sombong kepada siapa pun. Sebab sikap merendah diri jauh lebih baik dan pastinya disukai banyak orang.


Ingatlah bahwa dengan berendah diri, itu tidak akan menurunkan derajat Anda sedikit pun. Justru orang lain akan menghargai Anda, ketika ternyata Anda bisa mengerjakan dengan baik tugas dari pelanggan hanya dengan modal keluguan Anda tanpa banyak bicara di depan.


Dan sebaliknya, ketika Anda telah banyak bicara di awal, kemudian Anda gagal melakukan servis, maka Anda akan dianggap oleh pelanggan sebagai teknisi yang hanya banyak bicara dan membual saja. Dengan demikian, selain hilang kepercayaan pelanggan kepada Anda, maka ini bisa mengakibatkan kerugian jangka panjang bagi Anda.


Sahabat, kita sebagai seorang teknisi komputer tentunya juga dilarang sombong kepada teknisi komputer lainnya.
Meskipun kepada teknisi pemula, kita jangan bersikap sok tau, atau merasa lebih jago dari mereka. Jangan seperti itu, karena itu perbuatan salah dan dapat menyinggung mereka. Buruknya lagi, dengan sikap seperti itu malah dapat menurunkan reputasi kita sendiri.

Kita juga harus mau mendengar saran serta masukan dari teknisi lain meskipun mereka jauh lebih muda, atau mereka hanyalah anak yang baru belajar. Bisa jadi, mereka adalah yang benar. Dan kasus seperti itu sering saya alami, bahwa anak yang baru belajar bisa mengalahkan saya dalam berbagai hal.


Kita jangan lupa bahwa di atas langit masih ada langit. Itu artinya bahwa masih banyak juga orang-orang yang lebih hebat dibanding kita. Masih banyak orang yang lebih pintar, tapi mereka lebih merendah diri dan tidak mau memamerkan kehebatan mereka.


Apa gunanya kita menyombongkan diri? Toh kesombongan kita akan sia-sia jika ternyata yang kita sombongkan itu bisa dikalahkan oleh orang lain. Iya kan?

Pesan dari tulisan ini adalah, hilangkan sifat sombong, perbanyak merendah diri, mau mengajarkan ilmu yang kita miliki kepada orang lain, mau mendengar dan belajar dari orang lain, hormati orang yang lebih tua, dan sayangi orang yang lebih muda. Pesan ini tidak hanya bagi teknisi komputer saja, melainkan bagi kita semuanya yang memiliki profesi apa pun.
Demikian tulisan saya tentang jadi teknisi jangan sombong, semoga bermanfaat... beri masukan jika Anda berkenan.. terima kasih..

2 komentar

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon