9 Tips Perawatan Pada Laptop

Tips Perawatan Pada Laptop-Siapa yang tidak ingin memiliki laptop/notebook yang awet. Terlebih lagi tidak sekedar awet, tapi laptop yang mempunyai performa dengan performa yang baik. Dalam hal ini spesifikasi tinggi bukanlah hal utama dalam menentukan performa dan daya tahan laptop terhadap kerusakan. Namun, cara pakailah yang perlu menjadi perhatian utama kita.


cara merawat laptop

Sering ada kasus rusaknya notebook yang baru saja dibeli akibat kesalahan pemakaian oleh pengguna sendiri. Kesalahan ini ada yang serius bahkan ada juga yang sepele. Namun, akibat dari kurangnya pengetahuan tentang perangkat laptop, membuat kesalahan yang tadinya sepele menjadi kesalahan yang serius.

Diharapkan, dengan membaca beberapa tips dari saya, dapat membantu untuk menjaga agar laptop/notebook awet, tahan lama dan performa terus terjaga. Baiklah, berikut tips-tips sederhananya: 

1. Cara menghidupkan dan mematikan

Untuk cara menghidupkan, tekan tombol "ON" yang telah disediakan. Tapi ingat, untuk mematikannya jangan menggunakan tombol yang sama ya, Karena bisa berakibat fatal.

Seperti contoh, masalah sepele cara mematikan laptop. Banyak diantara orang yang belum tahu, mematikan  laptop dengan cara menekan langsung di tombol power on/off nya. Akibatnya, hard disk laptop Anda bisa cepat rusak. Jadi, Anda harus mengetahui cara menghidupkan laptop yang benar dan cara mematikan laptop yang benar juga.

2. Cara Menggunakan

Untuk tehnik penggunaannya, agar laptop Anda awet maka gunakanlah laptop tersebut sewajarnya saja. Wajar di sini dalam artian tidak berlebihan dalam memakainya seperti pemakaian yang terlalu lama sampai berhari-hari tanpa dimatikan, atau cara menggunakannya yang cukup kasar.

Kalau dipakai bermain game, ya lebih baik pilihlah game yang ringan digunakan. Jangan yang berat-berat karena dapat membebani laptop itu sendiri. Terus kalau bermain game kalah, ya jangan emosi terus laptop digebrak-gebrak atau dibanting ya sobatku.. :)

Jangan lupa, gunakan laptop Anda di tempat yang bersih. Kemudian matikan laptop Anda saat Anda tidak menggunakannya, atau laptop sudah terlalu lama digunakan. Laptop juga butuh diistirahatkan. Begitu saja gampangnya.

3. Gunakan kipas pendingin

Agar laptop tidak cepat panas, lebih baik gunakan kipas pendingin yang biasanya dipasang di bawah laptop saat digunakan. Itu penting ya sobatku, karena selain untuk menjaga suhu laptop tidak terlalu panas, penggunaan kipas ini dapat meminimalisir kasus macetnya laptop akibat suhu panas yang berlebihan dari laptop Anda saat dioperasikan.

Setidaknya saya sendiri telah membuktikannya. Ada perbedaan yang banyak kalau laptop dihidupkan menggunakan kipas pendingin atau tidak. Pernah ada kasus laptop milik pelanggan. Pas saya instal ulang sistemnya, laptop tersebut selalu mati di tengah proses penginstalan. Setelah saya cek ternyata akibat panas yang berlebihan. Nah, setelah diberi kipas, maka laptop pun bisa diinstal dengan sempurna tanpa mati lagi.

4. Pakai LCD Protector

Laptop Anda sebaiknya diberi perangkat pengamanan supaya lebih mantab. Contohnya LCD protector. LCD protector bagus untuk melindungi indra penglihatan Anda. Sebab teknologinya sudah menggunakan anti radiasi UV (ultra violet) yang berbahaya untuk mata. 

Kemudian selain itu, LCD protector juga dapat melindungi layar laptop Anda dari goresan-goresan yang bakal mengotori layar laptop Anda tersebut.

Kalau pakai LCD protector, goresan yang terjadi cuma di bagian protectornya saja. Sehingga kalau sudah nampak kotor dan buram, ya tinggal diganti saja protectornya dengan yang baru. Tentunya ini lebih mudah dan hemat dibanding Anda harus mengganti layar LCDnya bukan?

5. Pakai juga keyboard protector

Selain LCD protector, Anda juga perlu menggunakan keyboard protector untuk laptop Anda. Keyboard protector sangat penting guna melindungi keyboard Anda dari debu, atau cairan yang bisa saja tumpah dan merusak keyboard Anda.

Harganya murah sekali kok sobat. Keyboard protector yang universal saja kurang lebih hanya 15 ribu rupiah (di Kota Palu). Jadi rugi kalau sampai tidak dipasang.

Semua tahu kan kalau keyboard laptop itu sering menjadi sarangnya debu. Intinya banyak celah-celah yang jika sudah dimasuki debu, maka bisa membuat keyboard Anda tidak berfungsi normal.

Apa lagi Anda suka mengetik sambil menjepit puntung rokok. Nah, abu rokok Anda bisa sangat berbahaya untuk keyboard Anda. Itu sih belum seberapa. Lha kalau sampai keyboard laptop Anda ketumpahan cairan seperti kopi dan susu, itu lebih bahaya lagi lo.. Oleh karena itu, gunakan keyboard protector agar keyboard laptop menjadi aman dan bersih.

6. Gunakan antivirus dam Bersihkan Laptop dari virus

Kalau masalah kinerja laptop yang mulai menurun, ternyata tak selamanya akibat kerusakan hardwarenya. Software yang terdiri dari sistem operasi dan aplikasi pembantu pun bisa menjadi penyebabnya. Dan kebanyakan kerusakan perangkat lunak tersebut diakibatkan oleh virus.

Nah, agar sistem operasi laptop Anda dapat bekerja dengan baik, gunakan antivirus untuk mendeteksi adanya virus di laptop Anda. Kalau perlu lakukan pembersihan terhadap virus seminggu sekali agar virus yang bersarang di dalam laptop Anda bisa dibasmi. 

Mungkin untuk masalah virus, Anda bisa membaca artikel-artikel yang berhubungan dengan virus di bawah ini.




7. Bersihkan laptop dari debu

Kalau laptop Anda sudah kelihatan berdebu, segera lakukan pembersihan. Jangan tunggu debu yang menempel sampai menumpuk tebal. Karena jika tidak segera dibersihkan, debu yang tebal tersebut bisa mengganggu laptop Anda, bahkan merusaknya.

Misalnya debu di keyboard laptop, silahkan bersihkan menggunakan kuas atau alat kompresor kecil yang khusus untuk laptop. Kalau debu menempel di layar LCD laptop Anda, boleh dilap dan dibersihkan menggunakan LCD cleaner yang banyak dijual di toko-toko komputer terdekat.

Kalau debu yang kotor banyak masuk di dalam laptop, Anda bisa meminta bantuan teknisi komputer untuk membersihkannya. Itu kalau Anda tidak berani membongkar laptop Anda sendiri.

8. Simpan laptop di tempat yang aman

Untuk masalah penyimpanan, ini juga jangan dipandang sepele. Soalnya salah dalam memilih tempat penyimpanan, ya resikonya akan terjadi hal-hal buruk terhadap laptop Anda.

Usahakan tempat penyimpanannya bersih, serta jauh dari gangguan anak-anak atau pun binatang yang bisa merusak laptop seperti tikus, semut dan lain-lain.

Pastikan tempat penyimpanan laptop Anda diberi kapur barus terlebih dahulu agar semut atau binatang lainnya tidak suka di tempat tersebut. Dan satu lagi, tempatnya harus yang kering, tidak terlalu basah dan lembab agar laptop tidak cepat rusak. Kalau ingin membaca lebih banyak, silahkan buka tips menyimpan laptop yang benar.

9. Kalau bawa laptop perhatikan ini

Jika Anda ingin membawa laptop Anda keluar, jangan membawanya di dalam tas yang terlalu penuh dengan barang. Resikonya sudah jelas. Layar laptop Anda bisa pecah lo juragan. 

Kalau Anda memegangnya dengan tangan, ya jangan memegangnya dengan satu tangan dan kemudian menggantungnya seolah itu buku.
Wah, kalau pegangan Anda tidak kuat, ya laptop Anda akan jatuh dan pasti mengakibatkan kerusakan. So, pegang laptop kuat-kuat agar tidak terlepas dari tangan Anda.


Sahabatku, dalam merawat laptop, memang diperukan usaha yang serius dari kita sendiri. Namun demikian, kalau pun laptop yang kita jaga ternyata mengalami kerusakan yang lebih cepat, ya jangan terlalu bersedih. Asalkan kita sudah berusaha ya sobatku...

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya tulis tentang tips perawatan pada laptop. Kalau ada tambahan monggo ditambahkan. Santai saja ya sobat, masukannya pasti akan saya tampung. Tapi ingat ya, no live link he he..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon