Apa Penyebab Toko Komputer Menjadi Sepi?

Apa penyebab toko komputer menjadi sepi? Pertanyaan itu sering terucap di dalam hati orang-orang yang menggeluti bisnis dengan membuka toko komputer. Tak bisa dipungkiri, memang benar saat ini pejualan laptop dan komputer di seluruh Indonesia, menurun drastis dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Banyak yang dulunya membuka cabang di mana-mana, akhirnya semuanya harus ditutup dan tinggal toko utama saja yang masih hidup. Bahkan banyak juga yang harus gulung tikar menghadapi musim sepi pada penjualan laptop ini. Sebenarnya apa yang terjadi?

Nah, tentunya Anda yang memiliki bisnis ini harus segera mengetahui penyebabnya, supaya bisa segera mengantisipasi agar usaha Anda tidak berakhir dengan mengecewakan. Untuk itulah silahkan membaca penyebabnya di bawah ini dengan seksama.

Penyebab toko komputer menjadi sepi pembeli

1. Banyak persaingan

Jika dulu Anda lancar dengan bisnis jual beli komputer, mungkin akibat belum banyaknya persaingan usaha tersebut. Tapi kini, silahkan tengok kiri kanan, maka Anda akan mendapatkan usaha serupa yang bermunculan. Bahkan hampir di setiap jalan di kota-kota, pasti ada yang namanya toko komputer.

Malahan tak tanggung-tanggung ada yang berjajar dan saling berdekatan.
Nah, Anda pasti menyadari bahwa ini juga yang membuat usaha Anda menjadi sepi. Sebab Anda harus berbagi pelanggan kepada toko-toko lain yang tentunya menawarkan sesuatu untuk menarik para pembeli.

Oleh karena itu yang harus Anda lakukan adalah buatlah toko Anda berbeda dari tempat lainnya. Usahakan toko Anda yang terbaik, dan utamakan kualitas. Seperti pelayanan yang berkualitas, hasil servis yang berkualitas, kenyamanan tempat, dan tentunya harga yang dapat bersaing dengan tempat lainnya.

Jika demikian saya yakin Anda akan mampu bertahan di tengah-tengah persaingan.

2. Perekonomian yang lesu

Menurunnya perekonomian Nasional atau daerah, juga turut berpengaruh terhadap menurunnya penjualan laptop dan komputer di toko Anda. Jika begitu jangan heran jika pemasukan Anda juga menjadi menurun.

Masalah ini cukup serius, dimana orang yang ingin membeli komputer atau laptop, harus menunda keinginan mereka, atau membatalkannya hanya karena untuk memenuhi kebutuhan pokok yang tentunya jauh lebih penting.

Anda sebagai bos yang baik, jangan pernah menyalahkan karyawan Anda dengan alasan menurunnya kinerja mereka, karena menurunnya penjualan. Yang harus Anda lakukan adalah bagaimana agar usaha Anda bisa bertahan hingga krisis berakhir.

Percayalah bahwa jika perekonomian pulih kembali, penjualan juga pasti akan naik.

3. Beralih ke smart phone dan tablet

Yang ke tiga ini adalah tentang banyaknya para pengguna yang harus beralih ke smart phone dan tablet. Meskipun mereka belum memiliki laptop, tapi tren telah membuat mereka harus berpikir dua kali untuk membeli laptop, dan lebih memilih tablet atau smart phone.

Memang untuk masalah kinerja dan fungsi, smart phone masih di bawah notebook dan komputer desktop. Namun itulah orang Indonesia, yang lebih suka mengikuti tren meskipun harus gonta-ganti hand phone.

Solusi untuk masalah ini, Anda harus peka terhadap tren tersebut. Jadi, silahkan sesuaikan toko komputer Anda untuk mengikuti tren yang ada saat ini. Jika banyak penggila gadget, Anda harus pintar-pintar memanfaatkan peluang ini dan turut menyediakan gadget di toko Anda.


itu semua untuk apa? ya agar usaha Anda tetap hidup meskipun harus beralih dan banting setir dari laptop ke gadget. Itu tidak masalah, yang terpenting sekarang adalah agar bisa meramaikan toko Anda, dan tentunya turut meramaikan kantong Anda he he he..

Baiklah, saya rasa cukup sekian tulisan saya tentang penyebab toko komputer menjadi sepi pengunjung, semoga bermanfaat..

8 komentar

betul gan sepi.. bos ane importir kompt second, napas udah senen kemis karyawan pun berkurang, yg rame sekarang aksesorisnya hehehe..

yg rame tko komputer online !

toko offline.. apa msih musim??

toko beneran ya tttp mesti ada mas..

@mesin ukir kayaknya begitu he he

@adib oh begitu ya gan? ajarin donk buka toko onlinenya :)

@reyhan masih ada gan tapi gak rame2 amat

@ardian99 iya gan emang harus ada,, artinya ya untuk menyediakan orang yang takut belanja online :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon