Cara MEMATIKAN AUTOPLAY DI WINDOWS 7 Mudah

Hai sahabat, masih ingin belajar windows 7 kan? Jika iya, kali ini saya akan berbagi tulisan baru tentang =>>cara mematikan autoplay di windows 7=<< untuk Anda. Sebenarnya cara ini bisa dibilang sudah banyak diketahui orang. Dan tutorialnya pun telah banyak di share di internet. Tapi tidak apa lah, sekedar untuk mengisi blog tercinta ini, maka saya akan mengangkatnya lagi khusus untuk pemula yang belum tahu.

Sebelum lebih lanjut ke inti bahasan, saya akan jelaskan sedikit bahwa autoplay adalah fitur di windows 7 yang berfungsi untuk membuka otomatis berbagai media penyimpanan eksternal, seperti CD, DVD, FLASH DISK, HARD DISK EKSTERNAL DLL. Jadi ketika media penyimpanan eksternal tersebut di colok di komputer atau laptop yang autoplay-nya masih aktif, maka otomatis media tersebut akan terbuka secara otomatis.

Contoh: Anda mencolok flash disk di laptop. Maka isi flash disk tersebut akan terbuka otomatis jika autoplay belum dimatikan.

Nah, mengapa perlu mematikan autoplay di windows 7? Alasan yang pertama adalah autoplay cukup ribet. Setiap colok flash disk atau media penyimpanan lainnya, selalu muncul tampilan autoplay yang tentunya cukup mengganggu. Contohnya seperti gambar di bawah ini.

autoplay windos 7

Sedangkan alasan saya yang kedua adalah, jika flash disk kita bervirus kemudian di colok di laptop atau komputer, maka virus pun akan menyebar seketika saat autoplay mengobrak-abrik flash disk yang bervirus tersebut. Sebab jika flash disk bervirus dan autoplay telah dimatikan, maka Anda pun masih sempat untuk melakukan scan terhadap flash disk tersebut menggunakan antivirus sebelum membukanya.

BACA JUGA : Cara mematikan action center di windows 7

Intinya selain kenyamanan, menonaktifkan autoplay juga bertujuan untuk keamanan dari laptop atau komputer Anda. Semua itu ya untuk sedia payung sebelum hujan saja ya sahabat.

Nah, kalau begitu tak panjang lebar lagi inilah langkah demi langkah mematikan autoplay yang perlu Anda ketahui.

1. Klik pada tombol bergambar windows di pojok kiri bawah layar Anda, kemudian pilih CONTROL PANEL seperti gambar berikut.


2. Pada tampilan CONTROL PANEL, pilih dan klik HARDWARE AND SOUND seperti gambar di bawah ini.


3. Setelah Anda berada pada tampilan HARDWARE AND SOUND, perhatikanlah pada bagian AUTOPLAY. Klik saja CHANGE DEFAULT SETTINGS FOR MEDIA OR DEVICES.


4. Jika Anda telah masuk di autoplay, hilangkan centang pada USE AUTOPLAY FOR ALL MEDIA AND DEVICES.


5. Pada kolom pilih-pilihan yang berada di samping kanan, rubah semua opsi CHOOSE A DEFAULT PROGRAM dan ASK ME EVERY TIME menjadi TAKE NO ACTION semuanya.


mematikan autoplay di windows

JIka Semuanya telah Anda rubah seperti gambar di bawah ini, Klik tombol SAVE untuk menyimpan settingan yang barusan Anda lakukan.


Dengan demikian, maka proses atau langkah-langkah untuk menonoktifkan autoplay ini telah selesai. Dan saya yakin, jika Anda melakukannya dengan benar maka autoplay yang mengganggu tidak akan muncul lagi di komputer Anda.

Demikian tulisan saya tentang cara mematikan action center di windows 7 mudah dan cepat, semoga bermanfaat. MOhon koreksinya jika ada kesalahan ya sahabat.. salam :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon