Mengenal PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER

Hai sahabat, untuk pertama kalinya saya akan berbagi kepada Anda tentang jaringan komputer. Karena ini adalah permulaan, jadi yang pertama akan saya bahas di sini adalah mengenal jaringan komputer berdasarkan buku pengantar jaringan komputer yang saya dapatkan ketika kuliah dulu.

Mungkin Anda mengambil jurusan TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN di sekolah atau unversitas Anda. Dan Anda pun diberi tugas oleh guru atau dosen untuk mencari pengertian jaringan komputer di mana pun itu. Nah, jika demikian tak panjang lebar lagi silahkan baca lebih lanjut untuk mengetahui apa itu jaringan komputer di bawah ini.

mengenal jaringan komputer
Pengertian Jaringan komputer

JARINGAN KOMPUTER adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung menjadi satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel, sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer untuk saling bertukar dokumen dan data, serta mencetak pada printer yang sama, dan bersama-sama menggunakan hardware ataupun software yang terhubung dengan jaringan tersebut.

Bagaimana, sudah jelas kan tentang apa itu jaringan komputer? Jika iya, silahkan tulis atau copy saja pengertian tersebut ke komputer Anda. Dan tentunya setelah itu Anda pun masih perlu mengumpulkan tugas Anda kepada guru atau dosen Anda. Selanjutnya, silahkan baca tentang jenis-jenis jaringan komputer di bawah ini.

Jenis-jenis jaringan komputer

Secara umum, jaringan komputer dibagi menjadi tiga jenis, yaitu semuanya dibahas di bawah ini:
 

1. Jaringan Komputer Local Area Network (LAN)

LOCAL AREA NETWORK (LAN) atau jaringan area lokal adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil. Pada umumnya LAN dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah gedung di perkantoran, sebuah sekolah, dan lainnya yang biasanya areanya tidak lebih dari 1 KM persegi.

Baca juga: Kabel LAN YANG BAGUS Untuk Membuat Jaringan Komputer

Kebanyakan jaringan LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya. Oleh karena itulah jenis jaringan ini cenderung berada pada area yang tidak terlalu luas.

2. Jaringan Metropolitan Area Network (MAN)/ Jaringan Area Metropolitan

Untuk jaringan jenis MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dibanding LAN. Misalnya saja antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini, MAN menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih luas.

Sebagai contohnya seperti Jaringan Bank misalnya, di mana berapa kantor cabang dari Bank yang ada di Kota besar dihubungkan dengan Bank-bank lainnya yang ada di daerah-daerah.

Jaringan MAN dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta), atau umum. MAN juga mampu menunjang suara dan  data , bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

3. Wide Area Network (WAN)/ Jaringan Area Skala Besar

WAN adalah jaringan komputer yang jangkauannya mencakup area geografis yang sangat luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua lo sahabat. WAN terdiri dari kompulan  mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

WAN merupakan jaringan komputer yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan satelit ataupun kabel bawah laut untuk membuatnya. Contohnya seperti keseluruhan jaringan pada Bank BNI yang ada di indonesia maupun yang ada di negara-negara lainnya.

Dengan menggunakan sarana WAN, maka sebuah Bank yang ada di Jakarta misalnya, dapat terhubung dengan kantor cabangnya yang ada di beijing, hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Biasanya jaringan WAN agak rumit dan sangat kompleks, dan menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam komunikasi global yang lebih besar yaitu Internet. Namun demikian, yang perlu Anda ingat adalah Antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal. Hanya lingkup areanya saja kok yang paling terlihat berbeda satu dengan yang lainnya.

Nah sahabat, Anda baru saja membaca tentang pengertian dan jenis jaringan komputer. Sebenarnya masih banyak tentang jaringan yang belum di bahas di sini, seprti "topologi jaringan komputer", "Keuntungan jika menggunakan jaringan komputer," serta cara buat jaringan komputer yang sederhana sampai menengah. Hanya saja Insya Allah itu akan saya bahas di lain waktu.

Mengenai kapan itu, entahlah tapi yang jelas saya ingin sekali membagikan apa yang saya tahu dan pengalaman saya kepada Anda. Kebetulan saya sekarang bekerja di profider internet, oleh sebab itulah saya ingin berbagi sedikit tentang jaringan komputer kepada Anda semuanya.

Baca juga: Alhamdulillah dapat kerja di profier internet

Demikian tulisan saya tentang mengenal jaringan komputer, semoga ada manfaatnya bagi Anda. Jika ada kekurangan dari artikel ini mohon sedianya untuk menambahkan kekurangan tersebut. Salam sukses untuk kita semua.

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon