Jangan Biarkan Hewan Mendekati Laptop Anda, Atau Ini Akibatnya

Saat menggunakan laptop, tak jarang kita menaruhnya begitu saja di meja, di kursi, atau di lantai dan kemudian kita tinggalkan begitu saja. Yah, namanya juga manusia, kadang khilaf, kadang memang perlu untuk menggeser bokong ke tempat lain. Bisa jadi kebelet pipis lagi kah, atau mau makan kah, atau sedang menelponkah, yang jelas laptop tiba-tiba kita tinggalkan tanpa kita awasi lagi.

kucing tidur di laptop

Nah, saat itulah ada hewan peliharaan yang datang, termasuk anjing, kucing, ayam, atau babi misalnya. Ya jelas kalau Anda tidak didekat laptop Anda, mahluk-mahluk tuhan tersebut bakalan duduk, tidur, baring-baring, dan tentunya mengkudeta laptop Anda.

Jangan biarkan hewan mendekati atau tidur di laptop Anda. Karena itu melanggar tips menyimpan laptop yang benar. Sekarang kalau Anda tetap membiarkan binatang mondar-mandir di laptop Anda, maka Anda yang bakal rugi. Soalnya, hewan hewan tersebut akan melakukan ini-itu, hingga begini:

1. Merontokkan bulu-bulu ke laptop

kalau kucing tidur di laptop misalnya, maka bulunya bisa rontok ke keyboard. Nah, kalau sampai masuk ke celah-celah keyboard, kan bisa merusaknya tuh. Itu belum apa-apa. Lebih parahnya lagi kalau bulunya sampai masuk ke saluran pembuangan angin yang ada di dalam laptop. Jika sampai menyumbat saluran tersebut, walah, laptop Anda bisa panas dan mati-mati juragan.

2. Memecahkan Layar Laptop

Yang ini lebih parah lagi. Binatang yang datang mendekati laptop Anda, bisa saja merusak atau memecahkan layar laptop tersebut. Sekarang kalau mereka berkelahi misalnya. Kan bakal berantakan itu laptop. Anda menaruhnya di atas meja, bisa jatuh dan pecah. Anda menaruhnya di lantai pun bisa juga pecah kalau anjing yang berkelahi menabrak laptop Anda.

3. Merusak Keyboard Laptop

Anda pernah melihat tingkah kucing yang bermain kan? Mereka biasanya mencakar benda-benda yang ada didekatnya. Nah, kalau mereka main di dekat laptop Anda, bisa saja mereka mencakar tombol-tombol keyboard laptop Anda tersebut. Kalau tombolnya tercabut dan kancingannya patah, kan tombolnya tidak bisa dipasang ulang. Itu artinya, keyboard Anda telah cacat. Titik.

4. Kencing Di Atas Laptop

Khususnya anjing, binatang ini paling sering kencing sana-sini untuk menandai daerah kekuasaannya. Bukan mustahil saat dia lewat di laptop Anda, crot.. langsung menyemprotkan gas beracun ke laptop Anda yang sedang menyala. Hem, kalau masuk di celah layar, bisa merusak LCD. kalau masuk di celah keyboard, bisa merusak keyboard. bahkan lebih parah kalau sampai korsleting, itu bisa merusak beberapa komponen termasuk mainboard.

Dulu pernah terjadi, ada seorang pelanggan yang memperbaiki laptopnya di tempat saya bekerja. Nah, layar laptopnya tidak tampil. Tapi laptop hidup. Pas saya bongkar, ternyata di layar ada air, baunya pesing dan busuk sekali. Ini antara dua nih. Kalau bukan kencingnya kucing ya anjing.

Makanya, Anda sebagai pemilik laptop harus berhati-hati saat menaruh laptop Anda. Jangan sembarangan menaruhnya, meskipun Anda sedang buru-buru. Mendingan pindahkan dulu laptop Anda di tempat yang aman sebelum Anda meninggalkannya. Dan jangan lupa, baca 9 tips perawatan pada laptop agar wawasan Anda bertambah.

Demikian tulisan singkat ini, semoga ada manfaatnya untuk Anda. Maaf kalau ada kekurangan sana-sini.


Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon