Penyebab Laptop Tidak Ada Suara Abis Instal Ulang Windows 7

Bagi yang baru pertama kali menginstal windows 7 di komputer pc atau pun laptop, pasti akan kaget ketika mendapati bahwa tidak ada suara abis instal ulang windows 7 pada komputer atau laptop Anda. Padahal kan sebelum diinstal ulang ada suaranya. Tapi setelah penginstalannya selesai kok malah laptop tidak bisa bunyi ya?
speaker tidak ada suara
sound tersilang
Mau putar musik tidak ada suara, mau putar film atau video juga tidak ada suaranya. Apakah mungkin speaker komputer atau laptopnya yang rusak dan bermasalah? Inilah tujuan saya membuat artikel ini. Yaitu untuk memberi sedikit pencerahan kepada Anda.

Sekarang, kalau laptop Anda tidak ada suara abis instal ulang windows 7, jangan panik dulu. Itu adalah akibat driver sound dari laptop atau komputer pc Anda belum terinstal. Tidak seperti pada windows xp yang jika driver belum terinstal diberi tanda kuning pada device manager. Di windows 7, ketika laptop atau komputer selesai diinstal, maka otomatis driver soundnya menjadi standar. Dan biasanya driver standar tersebut tidak bisa digunakan jika tidak diinstal dengan driver yang sesuai. Lihat deh gambar berikut.

driver sound belum terinstal

Pada gambar tersebut terlihat bahwa diriver sound di windows 7 nampak telah terinstal. padahal jika dibuka, hanya terdapat driver higt definition audio device. Kadang bisa sih digunakan. Tapi driver tersebut lebih banyak tidak bisa digunakannya sebelum Anda menginstalnya dengan driver yang cocok.

Baca juga: mengapa komputer harus menggunakan driver?

Biasanya kalau driver sound untuk pc sudah terinstal, maka terlihat di (device manager) merek dan tipe dari sound card komputer atau laptop Anda. Misalnya realtek hd audio blablabla, atau soundmax blablabla.. Bukan cuma hight definition audio device.

Sekarang solusi untuk mengatasi tidak ada suara abis instal ulang windows 7 ya hanya satu. Yaitu Anda harus menginstal driver sound komputer Anda terlebih dahulu. Silahkan instal dengan driver yang sesuai. Setelah itu, coba sound Anda untuk memutar musik. Kalau sudah berbunyi, saya ucapkan selamat ya juaragan... :)

Note: cara atau tips yang saya tulis ini Insya Allah bakal berhasil kalau memang benar akibat driver yang belum terinstal. Yang penting Anda yakin bahwa laptop atau komputer sebelum diinstal bisa bunyi. Dan setelah diinstal windows 7 malah soundnya mati. Berarti, memang benar, akibat masalah driver saja.

Demikian tulisan saya tentang penyebab tidak ada suara abis instal ulang windows 7. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk mengatasi kegalauan Anda setelah instal windows 7 kok laptop tidak ada suaranya..Silahkan dishare artikel ini ya juragan, supaya banyak yang mengetahuinya. Yang penting jangan copas abis artikel saya ya.. :)

6 komentar

Terus gimana supaya bisa lagi ?? Plis di jawab

tinggal diinstal kembali saja driver soundnya gan.. :) itu kalau masalahnya pada driver ya..

cara instalnya ituloh gmn hemmmmmm

belum saya buatkan tutorialnya gan.. :D

Ane sampe buka seri driver nya di dalem pc ketika saya cari dan instal malah berkali kali bluescreen -_- itu gmn y?

kalau blue screen saat instal driver sound itu kadang driver soundnya yang gak cocok gan

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon