Mengetahui Perbedaan File Camtasia Recorder Document Dan Camtasia Studio Project

Yang baru menggunakan camtasia studio, pasti agak bingung melihat kok file hasil penyimpanan camtasia studio ada dua warna sih? yang satu merah, yang satu hijau seperti gambar berikut ini..

camtasia recorder document
Sebenarnya itu adalah file camtasia recorder document dan camtasia studio project
Nah, di camtasia studio, kita akan selalu berhubungan dengan dua file yang bernama camtasia Recorder Document dan Camtasia Studio Project tersebut. Tentunya kedua file ini sama-sama dihasilkan oleh camtasia studio, yang memiliki sedikit perbedaan yang perlu untuk diungkap..

Apa itu file camtasia recorder document? Apa itu file camtasia studio Project? 

Tenang, semua akan kita bahas secara sederhana lewat artikel singkat ini..

Namun sebelum lanjut ke pembahasan intinya, Mungkin Anda perlu melihat dulu kedua file tersebut seperti apa, Berikut penampakannya..


Intinya, file yang berwarna merah seperti kolom satu adalah camtasia recorder document. Dan yang berwarna hijau adalah camtasia studio project.

Untuk mengetahuinya dengan pasti, kita bisa mengatur tampilan di explorer windows 7 menjadi detail, supaya muncul tipe file di sebelah kanan yang ditunjuk panah merah seperti gambar di atas.

Nah, sekarang kembali ke pembahasan utama yuk, apa itu file camtasia recorder document dan camtasia studio project?

Camtasia Recorder Document adalah file hasil rekaman aktifitas di layar komputer, alias hasil recording menggunakan camtasia recorder. Sedangkan file camtasia studio project adalah file camtasia recorder yang telah disimpan setelah dimasukkan di time line camtasia studio untuk diedit.

Ibaratnya, camtasia studio recorder masih mentah. Dan untuk membukanya di camtasia studio pun harus dengan menggunakan import media.
membuka file di camtasia studio

Sedangkan file camtasia studio project adalah file setengah jadi, yang ekstensinya sudah berbeda dari file sebelumnya (camtasia recorder document). Untuk membukanya pun bisa menggunakan open project, tanpa import media lagi.



Nah sobatku, intinya adalah hasil perekaman video di layar komputer itu jika disimpan maka hasilnya menjadi file camtasia recorder document. Dan setelah dibuka di camtasia studio, kemudian disimpan kembali, itu sudah menjadi file camtasia studio project, alias file proyek kita yang bisa kita edit kembali pada waktu kemudian.. :)

Sampai di sini apakah Anda belum paham? Atau malah bingung dengan ulasan saya yang agak berbelit-belit? Apa pun keluhan Anda, silahkan layangkan lewat komentar di bawah..Wassalamualaikum.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon