Komputer Diinstal Windows 7, Kok Malah Gak Muncul Suara?

Komputer Diinstal Windows 7, Kok Malah Gak Muncul Suara?-Hai sobatku, masih mau belajar komputer bersama bukan? Harus dong, karena untuk memenuhi tuntutan perkembangan zaman, ya kita harus tahu komputer. Sebab sekarang ini semuanya serba komputerisasi lo sobat. Jadi rugi kalau sampai gaptek iya kan?

Kali ini, saya ingin berbagi pengalaman beberapa tahun yang lalu. Saya instal windows 7 di komputer PC. Driver sound di komputernya terlihat sudah terinstal. Tandanya kan kalau driver belum terinstal pasti kungin. Nah, ini kan tidak. Tandanya persis seperti terinstal. Karena kan windows 7 itu biasanya untuk komputer PC yang tipe lama, selalu drivernya otomatis terinstal semuanya.


Nah, tapi ada kendala nih ceritanya. kalau tidak salah ada pelanggan yang komplain lagi kepada saya mengapa komputernya tidak mau bunyi, atau tidak mau memunculkan suara. Ya sudah, langsung deh saya periksa. Semua sudah saya coba. Mulai mencolokkannya ke sound, sampai menggunakan headset. Hasilnya tetap sama saja. Yaitu tidak muncul suaranya.

Akhirnya setelah melakukan berbagai eksperimen, Alhamdulillah saya mendapatkan titik terangnya. Jadi kalau komputer PC diinstal windows 7, memang sih driver soundnya terdeteksi telah terinstal. Tapi itu adalah driver standar yang tidak bisa digunakan. Dalam artian, meskipun terlihat terinstal, tapi tetap saja kalau dipakai memutar musik atau yang lainnya, maka komputer tidak mau berbunyi.

Untuk mengatasi masalah ini, langsung saja instal driver sound komputer Anda dengan driver yang sesuai. Sesuai di sini berarti sesuai dengan tipe sound cardnya, dan sesuai juga dengan tipe sistem operasinya. Awas, jangan sampai salah lo ya. Karena kalau salah instal driver sound juga tetap saja audio komputer tidak berbunyi.

Silahkan dicoba dulu apa yang saya bagikan ini. Dijamin deh, kalau memang komputer tersebut sebelum diinstal windows 7 bisa berbunyi, maka setelah Anda instal driver sound tadi, kalau drivernya cocok maka komputer Anda seharusnya bisa mengeluarkan suara lagi. Tentu, setelah instal drivernya direstart dulu ya sobatku.

Oke, demikian celoteh singkat tentang komputer yang tidak muncul suaranya, semoga ada sedikit manfaatnya buat Anda. Jangan lupa, silahkan ditambahkan kalau ada kekurangannya.

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon