Tampilan Layar Komputer dan Laptop Lambat, Goyang-goyang

Mungkin di antara Anda pernah yang mengalami masalah lambatnya tampilan layar komputer atau laptop saat dipakai bekerja. Saat membuka jendela baru, kemudian jendela itu digeser kesana kemari maka akan terlihat bergelombang dan sesekali tersendat-sendat. Jika pointer mouse digerakkan ke berbagai arah, kadang muncul bayang-bayang yang mengikutinya. (bukan mahluk astral ya) Jika seperti ini apakah masalahnya?

Sebenarnya, harus saya perjelas sejak awal bahwa permasalahan komputer itu bisa jadi akibat atau gejalanya sama, tapi penyebabnya belum tentu sama. Misalnya komputer A dan B sama-sama layarnya bergoyang. Tapi belum tentu komputer A memiliki sumber penyebab yang sama dengan komputer B. Oleh karena itu, apa yang akan saya jelaskan berikut ini bukan 100% seperti itu juga masalahnya. Jadi, mohon dimaklumi jika ada kekurangan.

Oke, mari kita kembali ke pokok bahasan kali ini. Apakah penyebab tampilan layar komputer dan laptop menjadi lambat? Berdasarkan pengalaman, ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan laptop seperti itu. Yuk dibaca lebih lanjut saja.

1. Driver VGA Belum Terinstal

Pertama adalah masalah driver vga yang belum terinstal di komputer atau laptop Anda. Perlu Anda ketahui, driver itu fungsinya untuk memperkenalkan perangkat keras pada sistem komputer. Jika driver VGA belum Anda instal, ya jelas perangkat VGA Anda tidak bisa difungsikan dengan sempurna. Dan pasti mengalami masalah seperti itu.

Saya pernah mengalami masalah laptop yang sangat lambat setelah diinstal sistem. Itu sebelum driver VGA laptop tersebut terinstal. Sempat bingung dengan masalah ini. Ternyata, setelah driver VGAnya saya instal, masalah pun menjadi teratasi. Untuk mengatasi masalah layar komputer lambat gara-gara VGA driver yang belum terinstal, silahkan instal dulu driver VGA Anda dengan driver yang sesuai dengan tipe vga dan sistem operasi komputer Anda.

2. Memory/ram yang bermasalah

Jika Ram bermasalah, bisa juga menyebabkan tampilan layar menjadi lambat, kadang pas digunakan akan tersendat-sendat. Kadang saat membuka atau menjalankan aplikasi di komputer, rasanya lambat sekali. Dan tak jarang aplikasi tersebut harus terhenti.

Nah, coba dulu cara memperbaiki memory laptop yang rusak dengan apa yang telah saya coba. Dimulai dari membersihkannya dengan kuas, sampai membersihkannya menggunakan penghapus.

3. VGA komputer laptop yang mulai bermasalah

Jika vga sudah mulai bermasalah, tidak menuntut kemungkinan akan mempengaruhi tampilan di layar. Ya, selain tampilan layar menjadi membesar, kadang juga tampilan layar menjadi pecah.

Tidak ada solusi terbaik untuk mengatasi yang satu ini kecuali raballing chip vganya, ata ganti mengganti chipnya Tapi nih sobat, untuk ganti atau memperbaiki chip VGA itu diperlukan alat khusus serta keahlian yang juga khusus. Tidak direkomendasikan untuk coba-coba kecuali sebagai pembelajaran.

Itulah tadi beberapa penyebab tampilan layar laptop atau komputer menjadi lambat. Oke, sampai di sini saja deh celoteh singkat kali ini. Mohon ditambahkan kalau ada yang mau menambahkan. 

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon