Perlunya Mengupdate Antivirus Dengan Update Yang Terbaru

Assalamualaikum sobatku, bagaimana kondisi komputer Anda saat ini? Mudah-mudahan lebih baik dibanding kondisi Anda ya he he...bercanda kok.. Kali ini saya ingin berbagi tentang perlunya mengupdate antivirus dengan update yang terbaru. Silahkan baca ya sobat.. :)

mengupdate antivirus

Antivirus, adalah aplikasi pembantu yang digunakan untuk mengamankan komputer dari virus pengganggu. Nah, kalau antivirus tidak diupdate, apakah bisa digunakan? Tentu saja bisa. Tapi, menurut saya Anda sangat perlu melakukan update (memperbarui updaternya) setiap muncul update database terbaru dari antivirus yang Anda gunakan.

Misalnya Anda menggunakan smadav antivirus yang versi 10.2 2015. Nah, beberapa bulan lagi muncul yang versi 10.3 Jadi alangkah baiknya kalau Anda mendownload update smadav yang terbarunya, kemudian menginstalnya di komputer Anda.

Sekedar catatan, untuk smadav, update terbarunya sekalian diinstal dengan aplikasinya. Jadi instal smadav terbaru ya berarti sudah mengupdate database antivirusnya. Berbeda dengan antivirus lainnya seperti avira misalnya. Kalau muncul update database terbarunya, ya kita tinggal download updaternya, kemudian mengupdatenya (memasukkan di antivirus aviranya) tanpa harus instal ulang aviranya.

Nah, mengapa mengupdate anvirus dengan update yang terbaru itu penting? Sebab database antivirus terbaru itu berisi data-data dan perintah untuk mengenali dan mendeteksi adanya virus varian baru di komputer atau laptop Anda.

Sobatku, setiap waktu virus itu selalu berkembang. Tentunya, berbagai varian virus baru siap mengacak-acak sistem komputer Anda. Kalau antivirus tidak diupdate, antivirus yang Anda gunakan tidak bisa mengenali virus baru tersebut. Jadi, ya bahaya kan? Bisa jadi virus baru itu merusak data Anda, karena virus juga merusak data lo... Bisa jadi juga akan merusak sistem komputer Anda sehingga membuatnya lambat, sering restart sendiri, dan lain-lain.

Kalau antivirus tidak diupdate sih masih bisa digunakan. Hanya saja ya itu tadi, tidak bisa untuk mengenali virus baru. Makanya saya menyarankan agar Anda mengupdatenya paling tidak seminggu sekali untuk Avira, AVG, dan antivirus lainnya yang mengeluarkan data base terbarunya setiap hari. 

Oke, saya rasa sampai di sini saja tulisan sederhana ini. Nantikan artikel komputer lainnya di blog yang juga sederhana ini ya sobatku, Assalamualaikum... :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon