Penyebab Laptop Lemot Setelah Diinstal Ulang

Mengapa Laptop Lemot Setelah Diinstal Ulang? Itu adalah sedikit cuplikan dari pertanyaan seorang sahabat melalui forum yahoo answer dua hari yang lalu. Intinya, sobat tersebut menginstal ulang laptopnya akibat terserang virus dari flash disk temannya katanya. Jadi yang sebelumnya menggunakan windows 8.1, sekarang diinstal atau didowngrade istilahnya ke windows 8 saja.
kenapa laptop lemot
Nah, setelah selesai penginstalan, katanya sih laptopnya menjadi lemot alias lambat. Malahan yang sebelumnya lancar jaya sekarang menjadi patah-patah. Sobat tersebut tidak lupa mengatakan "tolong bantuannya".

Saya mendapatkan jawaban-jawaban yang cukup baik dari sobat lainnya. Salah satunya adalah untuk menyarankan menginstal driver vganya terlebih dahulu. Kalau kurang cocok, malah sobat tersebut menyarankan untuk menyesuaikan dengan bit driver vga dengan sistem operasi yang digunakan. Kan biasanya ada yang 32 bit dan 64 bit. Mungkin maksudnya kalau sistemnya 32 bit, ya drivernya juga harus 32 bit. Begitu juga untuk sistem yang 64 bit, driver vganya juga yang 64 bit.

Yang jelas, untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada dua hal berdasarkan pengalaman yang perlu digaris bawahi. Maksudnya penyebabnya lo ya.. Yaitu Pertama adalah akibat software, yang kedua akibat hardware. Yuk, kita intip untuk masalah software itu seperti apa, dan hard ware itu seperti apa.

Masalah software

1. Sistem Operasi Tidak support Dengan laptop

Jika sistem operasi Anda tidak support dengan laptop, bisa saja berakibat laptop Anda menjadi lemot. Misalnya: laptop Anda 64 bit. Kemudian Anda instal dengan windows 8 yang 32 bit. Ya ada kemungkinan bisa mengakibatkan lambat setelah instal ulang.

Saya pernah lo mendapatkan kasus laptop asus yang 12 inci, tapi lupa tipe berapa. Saat laptop lainnya masih bisa diinstal dengan windows xp, ternyata laptop asus tersebut tidak bisa. Yang jelas, setelah diinstal windows xp laptop pun menjadi sangat lemot. Bahkan nyaris tidak bisa digunakan.

Untuk mengatasi masalah ini, ya instal saja laptop Anda dengan sistem operasi yang sesuai ya sobatku.

2. Virus yang tidak hilang

Menjadi percumah jika Anda menginstal sistem operasi, kemudian tidak membersihkan virusnya menggunakan antivirus. Sebab virus masih akan bersarang dan merusak sistem yang baru sampai menjadi lemot lagi.

Jadi, sebaiknya scan dulu drive komputer Anda yang D dan E (selain partisi sistem) menggunakan antivirus.

3. Driver Vga Belum terinstal

Kalau driver vga belum terinstal, ya pasti laptop akan tersendat-sendat saat digunakan untuk bekerja. Kalau untuk menonton, biasanya video akan terlihat melebar dan gambarnya pecah. Saat digunakan untuk menarik jendela ke arah lain, biasanya muncul seperti bayangan-banyangan.

Untuk mengatasi masalah vganya, ya instal saja vganya dengan yang sesuai sistem operasi dan spesifikasi dari laptop Anda.


Masalah Hardware

1. Hard disk bermasalah

Jadi saya pernah mendapatkan kasus ya. Malahan bukan pernah lagi, Tapi sering. Yaitu setelah instal ulang, laptop kok jadi lebih lambat dibanding sebelumnya. Setelah saya lakukan pengecekan, ternyata hard disknya menjadi rusak. Ketehui ciri-ciri hard disk rusak agar Anda paham.

Mengapa sebelumnya baik kok sekarang setelah diinstal ulang hard disknya menjadi rusak? Ya karena sebelum instal ulang hard disk sudah mulai mengalami masalah.
Meskipun masalah belum tampak lo ya. Makanya setelah dilakukan penginstalan, barulah kerusakan hard disk semakin parah dan kelihatan. Itu karena proses instal memaksa hard disk untuk bekerja lebih berat dibanding biasanya.


Silahkan cek dulu pakai aplikasi pengecek hard disk yang rusak, agar Anda mendapatkan kenyataannya apakah hard disk Anda bermasalah atau tidak. Aplikasi yang sering saya gunakan adalah hdd sentinel dan hdd check.


2. Mainboard Rusak

Saya juga pernah mendapatkan pengalaman pahit. Saat disuruh tetangga di kampung instal komputernya, ee malah komputer tersebut malah tidak bisa diinstal. Padahal sebelumnya tidak ada masalah lo. Saya tidak tahu pasti masalahnya apa. Tapi saya curiga adalah mainboardnya yang bermasalah. Sebab hard disknya tidak masalah kok.


3. Memori Mulai bermasalah

Mungkin ini terdengar sedikit tidak masuk akal. Wong habis diinstal ulang kok memorinya menjadi bermasalah. Ya sobatku, itu bisa saja terjadi. Yang namanya perangkat elektronik itu tidak bisa ditebak-tebak kapan rusaknya. Meskipun tidak menimbulkan ciri kerusakan memori, tapi bisa saja kan setelah instal ulang memorinya bisa rusak. Sedangkan cuma dipakai mengetik saja memori bisa tiba-tiba rusak, apa lagi setelah instal ulang.

Coba ganti dulu memorinya ya gan, atau baca dulu mengatasi ram yang bermasalah. Kemudian dipraktekkan deh. :)

Sobatku, saya tidak bisa memberikan banyak bantuan kepada Anda. Mungkin hanya sedikit pengalaman saja yang bisa saja bagikan melalui tulisan ini. Saya berharap, apa yang saya tulis ini bisa mudah Anda mengerti, dan menambah pengetahuan Anda. Jangan katakan saya orang yang hebat. Saya adalah orang yang mencoba untuk belajar komputer dan membagikannya lewat blog ini.

Demikian tulisan saya tentang Penyebab Laptop Lemot Setelah Diinstal Ulang?, semoga ada manfaatnya untuk kebaikan Anda.

4 komentar

bikin peraturan komentar pun percuma, lah yang komen kaga ada selain gwa kok :v

kalau artikel ane yang ini emang gaka da gan.. tapi yang lain banyak.. yang jelas setiap hari hampir puluhan komentar masuk di blog ini.. makanya jangan cuma buka 1 artikel.. coba ente buka artikel ane yang populer post pasti ente kaget dengan jumlah komentarnya :v

Bagaimana cara mengetahui driver VGA sudah terinstal apa blm?
Minta infonya juga dong link yang bisa download driver VGA.
Makasih gan.

punya saya hdd rusak gan,, minta hdd nya aja lah :-D

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon