Kalau Komputer Dan Laptop Diinstal Ulang Apakah Data D Dan E Aman?

Hai sahabat, kebetulan barusan saya melakukan blogwalking ke blog komputer milik "tetangga". Nah, pas saya membuka salah satu artikelnya, saya mendapatkan seorang pengunjung yang bertanya kurang lebih seperti ini: Kalau komputer dan laptop diinstal ulang, apakah data D dan E aman? Dari pertanyaan itu, si admin blog tersebut mengatakan bahwa data yang di C yang hilang katanya.


kalau komputer diinstal ulang  apakah date d dan e aman
Cuma Ilustrasi
Dari pertanyaan itu, saya ingin berbagi pengalaman saja tentang masalah tersebut. Kebetulan, saya sering menginstal komputer atau notebook. Jadi kebetulan juga banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan. baik berupa pengalaman manis atau pahit. Bahkan pengalaman menghilangkan datanya orang saat instal ulang laptop pun juga pernah he he..

Kalau ditanya apakah data di D dan E aman kalau laptop diinstal ulang? Maka jawaban dari saya adalah relatif. Maksud relatif di sini adalah tidak bisa dipastikan, dan tergantung banyak hal. Sekarang kalau sistem komputer yang sebelumnya ditempatkan di partisi C, ada "kemungkinan" besar Aman. Tapi ingat ya, masih ada kemungkinan lainnya yang membuat data Anda tidak aman. Misalnya saja kesalahan dari penginstal untuk menentukan sistem, dan masih banyak lagi.

Mengapa saya katakan bahwa data D dan E tidak selamanya aman meskipun sistem yang baru akan diinstal di partisi C, yang memang tempat sistem sebelumnya? Jadi berdasarkan pengalaman, saya pernah mendapatkan kasus seperti ini: Sistem sebelumnya berada di partisi C. Saat proses penginstalan (pada pemilihan partisi yang akan diisi sistem), seharusnya kan yang tersorot (yang ditandai) oleh "sistem penginstalan" adalah drive Sistemnya. Untuk contohnya partisi C tadi. Nah, tapi yang menjadi masalah adalah, ternyata saat proses tersebut yang tersorot adalah drive D, atau E.

Karena saya mengira kalau D atau E (yang tersorot tadi) adalah sistemnya, maka saya lakukan eksekusi pada drive tersebut untuk diisi sistem. Nah, otomatis kalau windows xp, akan terformat sendiri tuh partisi yang diisi sistem. Kalau di windows 7 Dan seterusnya perlu diformat manual dulu, baru itu diisi sistem. Oke, tak panjang lebar lagi saya langsung benar-benar mengeksekusi saja partisi yang tersorot tadi.

Sobat, apa yang terjadi? Setelah windows selesai terinstal, ternyata saya baru sadar kalau drive yang barusan saya instal adalah tempat data. Jreng-jreeeng.. Datanya orang ludes.. Dan pasti paling tidak saya bakal kena semprot kalau yang hilang itu adalah data penting.

Kasus ini saya jadikan pelajaran dan pengalaman. Alhamdulillah, beberapa waktu kemudian saya pun mendapatkan komputer atau laptop yang akan saya install ulang, juga mengalami masalah yang sama. Saat penginstalan berada pada pemilihan partisi,  ternyata yang tersorot adalah pada drive datanya. 

Sungguh aneh memang. Tapi Alhamdulillah saya pun bisa mengatasi hal itu setelah itu. Dan Alhamdulillah, karena pengalaman tersebutlah saya menjadi tahu apa sebabnya, dan bagaimana cara mengatasinya.

Kesimpulan dari artikel ini adalah, kalau laptop diinstal ulang maka partisi D dan E aman kalau sistemnya di C. Atau Drive C dan D aman, kalau sistemnya di E. Yang jelas, partisi tempat Anda menyimpan data akan aman kalau yang diinstal ulang adalah partisi tempat sistemnya. Entah sistem sebelumnya ditaruh di C kah, D kah, atau E.

Namun, untuk menginstal ulang sendiri komputer atau laptop Anda, Anda juga harus hati-hati ya sobat. Sebab tidak selamanya partisi D dan E (data) akan aman jika komputer diinstal ulang. Ini dari pengalaman lo ya.

Untuk itu sebelum menginstal ulang komputer atau laptop, saran saya backup dulu data pengting Anda. Bisa dicopy ke flash disk dulu, atau ke hard disk eksternal jika data Anda cukup banyak. Ini untuk jaga-jaga saja kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti data yang hilang seperti yang saya alami. Baru setelah itu, silahkan instal laptop Anda.

Oke sobat, demikian tulisan saya tentang Kalau Komputer Dan Laptop Diinstal Ulang Apakah Data D Dan E Aman?, semoga bermanfaat ya.. :)

65 komentar

Ya dipindah dulu, diselamatkan dan disimpan di tempat lain. Misalnya laptop lain atau hard disk eksternal :)

Mau tanya ini gan waktu saya install ulang udah saya hapus partisipasi c nya terus gak bisa next gan harus saya hapus d sama e nya dulu baru bisa next itu knp ya gan

kalau install windows 7 biasanya saya format dulu cnya,, ada kok waktu proses mau next itu.. tapi kalau gak bisa juga emang kadang gitu, harus dihapus semua, baru dipartisi kembali gan :)

KITA INGAT2 DAHULU UKURAN DRIVE PADA SISTEM AWALNYA. CARA LIHAT BISA KLIK MENU REPAIR DARI BOOTABLE WINDOWS

ya benar gan.. selain mengingat, kita juga bisa melihat namanya saat penginstalan.. biasanya kan d dan e dikasih nama kan gan... btw, makasih atas masukannya.. :)

Kalo naro file di drive d hilang ga pas lagi upgrade windows xp ke 7? Hilang kaga file nya

aman gan.. yang penting sistemnya di C ya :)

Kalau pas mau install ulang komputernya biar data di local disc C dan disc D semuanya ikut kehapus gimana caranya?

Laptop sya mati total,ga bisa dinyalain sama sekali.trus tukang servisnya bilang file2 akan hilang.apa benar ?
File2 penting sya di data D juga akan hilang?
dan kalau mau instal ulang dari windows8 ke windows7 juga file2 bisa hilang?
Mohon bantuannya..

pas proses di partisinya, pilih DRIVE OPTION, kemudian klik di C pilih format. begitu juga dengan D.. format juga..

kalau data gak lah gan,,kan laptopo mati total yang mati mainboard atau prosesornya, kecuali mati total terus hard disknya rusak total, itu pasti datanya hilang.. Nah, kalau downgrade ke windows 7 saya rasa gak akan menghilangkan data di D.. yang penting instalnya bener lo ya..

Dvd buat install windows 7 itu harganya berapaan gan? Itu belinya paketan apa gimana?

Harganya paling murah 500 ribuan yang original gan,, ada juga yang kisaran 1 juta.. kan sistemnya beda2 jenisnya.. bisa beli eceran.. pesan aja di toko komputer terdekat..

Gan kalau laptop saya ada masalah no bootable device, please insert disc and press any key itu harus instal ulang atau gimana ?

ada kemungkinan hard disknya gak kebaca gan,, bisa jadi rusak, atau bisa jadi longgar colokannya.. coba bongkar dulu, cabut dan pasang ulang hard disknya.. kalau tetap tidak bisa juga, coba ganti dengan hard disk lainnya...:)

Mas waktu menghilangkan data orang lain kemudian merecoverynya gmn? pakai software apa?

saya paling sering pakai software recuva gan,, bisa juga pakai easius :)

Kalau laptop diinstal ulang data di picture n vidio hilang nggak ya?

kalau picture n video yang di sistem pasti hilang :)

jadi klo udah keformat yg D, terus milih instal sistem di D yg udah diformat tadi, data yg di format ga bisa diselamatkan lagi y? atau masih bisa balik lagi klo pake software recovery?

sebenarnya meskipun dah keformat masih bisa dikembalikan lagi.. tapi bisa dibilang hasilnya jarang banget yang kembali sempurna mbak :)

Gan mau nanya nih notebook acer ane yg aspire one, tiba2 ga mau login malah diem pas loading di welcome'nya
Itu gimana ya, tapi pake profile yang lain masih bisa masuk cuman jadi agak lemot ?
Mohon bantuannya

macem2 masalahnya gan,, bisa jadi sistemnya bervirus, coba instal ulang dulu..

Laptop ane udah 4 tahun kaga di instol, itu apa kabarnya ya, dia sistemnya udah window 8.
keyboard mati beberapa, virus banyak, itu kalo di di servis di rental lenovo. Bilangnya apa ya ?
maaf saya punya laptop tapi gaptek

tidak masalah sih gak diinstal beberapa tahun. yang penting sistemnya gak masalah... kalau mau servis bilang aja seperti komentar di atas..

Gan,local disk d-nya wajib di back up dulu apa tidak?Apa cuman local disk c-nya doang?

yang DI C aja gan,, termasuk desktop n MY COMPUTER kalau D gak masalah,, yang penting diinstalnya benar-benar di C ya gan,,, jangan sampai salah :)

Saya punya laptop asus, saya instal dri windows 8 ke windows 7, dan saya sudah coba untk data d nya brulang kali tpi gak muncul..trus sya mengikuti cara klik kanan my komputer-trus mengikuti yg d google jga tetap aja gak bsa, mohon bantuanya teman2

maksudnya data d nya hilang gitu atau gimana gan?

kak, mau tanya. kan saya baru aja instal ulang laptop acer aspire. pas di cek data D nya hilang, ga lengkap cuma ada beberapa. mana file penting hilang. kira2 bisa di kembalikan ga ya datanya,,,,

kalau untuk data yang hilang, itu bisa dikembalikan,, ada juga yang tidak bisa mbak.. :)

Gan... Saya mau reinstal win 8.1 tapi sya bingung kok saat partisi udah gk ada tulisan driver option... Jadi partisinya udah di bagi bagi... Jadi itu tinggal format yg c ya gan... Apa d juga ???

ya kalau laptop yang sebelumnya pernah dipartisi berarti udah ada partisinya gan,, benar sekali dan tinggal diinstal C nya :)

Gan kalau pc sudah di instal ulang apa semua virus2 nya hilang gan.. Dan pc kmbli normal lagi,..

Gan kalo windows boot manager error trs pas mau di install ulang gitu kira2 local disk D sama E nya ikut ilang gak?

D dan E aman kok, yang penting gak salah install :)

Gan biar tau bahwa yang disorot itu adalah disk c bagaimana yah,, terutama cara bedainnya pada saat instal ulang,, mhon bagi ilmunya gan

kadang emang posisi C D dan E berantakan saat mau disorot di proses penginstalan itu jadi agan harus lihat namanya dulu.. kalau misalnya partisi D namanya data, partisi E diberi nama multimedia, maka agan jangan pilih yang itu.. pilih yang namanya sistem biasanya. Terus lihat juga ukuran partisinya gan, lihat di sistem windowsnya kalau masih bagus.. ukur Cnya nanti kan bakal kelihatan pada saat instal ulang partisinya itu..

gan kan notebook sy bawaannaya win vista basic klo diinstall pake win yg baru misalkan win 9, apakah fungsi wireless dllnya masih berfungsi? kebetulan cd recoverynya hilang

jelas tidak berfungsi, karena drivernya hilang.. tapi kan bisa diinstal kembali pakai driver wifi yang support windows 7 atau windows 10 gitu.. :)

gan mau tanya nih, jika pada saat akan menghapus partisi C tidak ada pilihan delete tp yg ada pilihan format, apakah nnti saat dilakukan format pada C akan berpengaruh ke D?? dan juga di D juga tidak ada pilihan delete, saya biasanya pakai delete saat instal ulang, mohon jawabanya gan

kalau C diformat gak pengaruh Ke D gan,, :) saya sih lebih suka format dari pada delete..

iya satu lagi gan, type partisi ngaruh nggak pas akan instal ulang Os,antara dynamic dan basic??

"Sungguh aneh memang. Tapi Alhamdulillah saya pun bisa mengatasi hal itu setelah itu" jadi cara ngatasin pas filenya hilang gimana mas ??

ane sih pilih yang standar2 aja mbak... kalau sebelumnya basic ya basic aja deh.. :)

jadi yang saya maksud mengatasi ini bukan kalau sudah terjadi kesalahan ya gan,, tapi mengatasi supaya tidak terjadi kesalahan seperti "salah format gitu" :)

Agan sebenarnya ada berapa tahapan umum dalam reinstall pc atau laptop?

bang,jadi inti nya misal data system nya di C,maka yang keformat di c doang e ?? d sama e ngga ?? makasih bang

bang ane maren lupa system ane di c,d,e
karna sring di instal ulang teman ,pas banget skarang apes ,laptop ane black scree.ane mau instal ulang tpi ragu,ntu klo lgi proses instal ulang gmana liat tempat data yg mana ama sistem yg mau diisi sistem baru yg mana?

Gan maksudnya liat ukurannya itu gimana?

Gan maksudnya liat ukurannya itu gimana?

Alhamdulillah dapat jawabannya, terimakasih buat penulis blog inii 😊 sangat bermanfaat 👏

sama-sama, senang bisa membantu.. :)

apakah kalau data di C dipindahkan sebelum menginstal laptop maka aplikasi seperti mikrosoft akan tetap ada atau akan tetap terhapus?

apakah ada cara mengintal laptop dengan aplikasi lain sekaligus ?

ada mbak, pakai n0rt0n gh0st dll banyak di internet, cuma saya gak sharing di sini,, :)

semua aplikasi akan terhapus mbak.. :)

Maaf gan mau nanya laptop ane kan mau instal exe . Kok ngga bisa ya . Tulisannya cannot find apalah gitu .. Kalo gitu g mana ya

biasanya file exenya rusak itu gan.. coba diganti dengan yang baru dulu baru tes kembali...

Mas kalau yg tak instal ulang itu di C apakah data yg D itu ikut hilang?

D TIDAK hilang asalkan benar2 c yang diinstal. cuma kadang kita sebagai manusia kadang ketipu gan.. dikira c kadang D.. alangkah baiknya untuk jaga2 datanya dipindahin dulu.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon