Cara Membuat Efek BLUR (Efek Buram) Pada Back Ground Foto Di PHOTOSHOP

Cara membuat efek blur pada back ground foto di photoshop-Pagi ini saya ingin berbagi artikel tentang tutorial photoshop. Yah, meskipun ilmu saya belum seberapa, tapi saya tetap ingin membagikannya kepada Anda pengunjung blog ini.

Oke, tema-nya adalah membuat sebuah back ground foto menjadi tampak blur atau buram. Contohnya seperti gambar berikut ini.

cara membuat efek blur pada back ground

Tujuan membuat background foto menjadi efek blur adalah, untuk memfokuskan sebuah objek supaya terlihat menonjol. Contohnya pada gambar di atas. Karena backgroundnya sudah menjadi blur, maka objek (saya yang berdiri) supaya lebih diperhatikan.

Selain itu, efek blur juga digunakan untuk menutupi back ground yang tidak kita inginkan, dalam artian bisa jadi karena kurang menarik, pemandangannya kurang bagus dll. Oke, sekarang bagaimana cara membuatnya? Mari ikuti langkah demi langkahnya berikut ini.

Cara membuat efek blur pada Back ground foto Di photoshop cs6

1. Buka photoshop Anda dulu, kemudian buka foto yang diinginkan ke dalam photoshop dengan menekan tombol CTRL+O dan kemudian pilih fotonya, klik OPEN.

cara memburamkan foto pada photoshop

2. Setelah foto masuk di photoshop, gunakan Peen tool untuk menyeleksi fotonya..  Untuk mengambil peen tool, Anda juga bisa menekan tombol P di keyboard
3. Sekarang mari kita seleksi fotonya dengan pen tool, dengan melakukan klik dan klik terus pada Objek Yang diinginkan, sampai akhirnya klik terakhir ketemu dengan titik yang pertama kita buat. Setelah itu, klik kanan di dalam seleksi pen tool tadi, dan pilih Make Selection. Lihat, contohnya seperti di video pendek ini..



4. Nah, setelah Anda buat seleksi, kemudian tekan tombol CTRL+SHIFT+I di keyboard Anda. Ini digunakan untuk membalik seleksi Anda. Misalnya jika saya menyeleksi bodi saya, maka dengan menekan tombol CTRL+SHIFT+I tersebut, sekarang yang terseleksi menjadi selain bodi saya tersebut. Dalam hal ini, berarti background foto saya. Karena back ground tersebutlah yang akan kita jadikan blur.. Lihat, gambarnya seperti ini.


Anda bisa lihat kan, yang terseleksi sekarang menjadi pada bagian luar dari bodi saya..
5. Nah, pada tahap kelima, Klik pada tab Filter, kemudian pilih Blur, Klik Gaussian Blur


6. Akan muncul jendela Gaussian Blur Seperti berikut ini. Silahkan atur radiusnya untuk mengatur tingkat blurnya. Semakin tinggi radiusnya, maka blurnya semakin tebal. Kemudian, klik OK


7. Nah, sekarang hilangkan seleksi pada foto dengan menekan CTRL+D di keyboard. Inilah hasil akhirnya, back ground foto saya sudah tampak blur..
Hasil foto efek blur pada back ground
Oke sobatku, bagaimana hasil eksperimen yang Anda  kerjakan? Apakah berhasil? Jika Anda mengikuti tutorial ini dengan baik, serta tidak ada masalah pada aplikasi photoshop Anda, saya yakin, Anda pasti berhasil....

Baca juga: Cara mudah Membuat efek teks bayangan di photoshop

Demikian tulisans saya tentang cara membuat efek blur pada back ground foto di photoshop, semoga tutorial ini dapat membantu Anda.. Mohon beri masukan jika ada kekurangan.. Wassalamualaikum.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon