Bisakah LCD TV Jadi Monitor Komputer?

Apakah bisa LCD TV jadi layar komputer? Itu adalah pertanyaan yang cukup bagus untuk dijawab. Namun sebelum saya menjawabnya, izinkan saya untuk berfikir dulu beberapa jam he he..bercanda kok..

Jadi begini juragan, bisa atau tidaknya sebuah lcd tv untuk dijadikan monitor komputer itu tergantung dari jenis LCDnya. Dulu, memang LCD TV hanya bisa digunakan untuk menonton TV saja. Tapi LCD tv masa kini, telah didesain mengikuti perkembangan jaman, sehingga LCD TV pun telah banyak yang bisa digunakan sebagai monitor komputer.

Memang sih, tidak semua LCD TV masa kini bisa digunakan untuk monitor komputer. Namun saya katakan, sudah banyak yang bisa. Untuk mengetahui yang bisa atau yang tidak, biasanya bisa dilihat pada socket-socket monitor itu sendiri. Kalau sudah ada socket VGA atau HDMI (salah satu juga boleh) seperti gambar beriktut, berarti LCD TV Anda bisa digunakan untuk monitor komputer.

lcd tv jadi monitor komputer

Cuma socket tersebutlah yang bisa membedakan apakah lcd Televisi bisa digunakan untuk monitor komputer desktop atau tidak. Soalnya ya socket VGA dan HDMI lah yang bisa digunakan untuk menghubungkan monitor dengan komputer Anda. Tanpa socket tersebut, maka LCD TV Anda tidak bisa dihubungkan dengan komputer.

Sampai di sini, saya harap Anda bisa mengerti apa yang saya sampaikan melalui artikel ini. Yang jelas, kalau Anda ingin membeli LCD TV, maka saran saya carilah yang bisa juga digunakan untuk mengkonekkan dengan komputer.

Malahan LCD TV yang sekarang ini, yang sudah menggunakan teknologi LED (light emithing diode), banyak yang sudah menyediakan perangkat wireless dan colokan/socket untuk konektor RJ45 (konektor untuk jaringan komputer) sehingga monitor tersebut bisa dihubungkan dengan internet meski pun tanpa komputer. Luar biasa bukan?

Anda bisa menonton video di youtube misalnya, tanpa harus mematikan TV dan kemudian menyalakan komputer atau laptop Anda dengan susah payah. Bahkan untuk internetan, Anda hanya tinggal mengontrolnya melalui remot, tanpa harus mengetik di papan keyboard seperti pada komputer atau laptop. Jadi Anda tidak perlu menggeser bokong lagi untuk mengetik atau apalah..

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya tulis kali ini. Semoga Anda tidak bingung untuk membedakan LCD tv yang bisa digunakan untuk monitor komputer dan yang tidak. Semoga artikel ini bisa membantu ya juragan.. :)

2 komentar

Apa nma kabel sambungan nya dmana tmpat belinya

pakai kabel VGA gan,, :) atau kabel hdmi to hdmi.. tapi kalau komputernya ada port hdminya..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon