Ternyata Biaya Perpanjangan Domain Di Idwebhost Naik Setiap Tahun

Assalamualaikum sobatku, sudah lama tidak menulis di blog ini. Gatal rasanya. Tapi apalah daya mata ini juga gatal kalau lama-lama mengetik.

Akhirnya, kali ini cuma ingin curhat ringan saja tentang masalah domain saya di Idwebhost.

Sebagai blogger yang sudah lama pasti tau kan bahwa idwebhost adalah salah satu tempat penjualan domain dan hosting terpopuler di Indonesia.

Saya pun membeli banyak domain di situ.

Tapi kaget sekali hari ini. Pas mau melakukan perpanjangan domain, tiba-tiba biaya perpanjangan domainnya berubah drastis.

perpanjangan domain


harga domain naik

Lihat saja, pembayaran pertama tahun 2016 cuma 144.800 ribu. Setelah itu tahun-tahun berikutnya naik dan naik. Tapi kenaikannya tidak terasa karena tidak tampak terlalu jauh perbedaannya. 

Baru kali ini di tahun 2010 benar-benar terasa, Karena setelah melihat angka 144.800, menjadi 197.497. Tentu saja kaget, karena yang saya pikirkan mungkin maksimal 150 ribu bayarnya. Tapi nyatanya jauh melenceng hehe

Saya coba chat dengan customer service idwebhost tentang masalah kenaikan harga ini. 






Kata mbaknya sih kenaikan harga itu mengikuti kebijakan register domain saya. Tapi setelah saya tanya maksudnya register gimana, saya pun tetap gak paham meskipun sudah dijelaskan. Mungkin kurang minum aqua atau bagaimana hehe

Entahlah, yang jelas saya cuma bisa pasrah dengan perubahan ini. Memangnya mau apa lagi? Mau memutuskan domain? Mau Tidak membayar?

Yang ada malah rugi sendiri kalau domain www.palucomputer.com ini menjadi tidak aktif. Karena biar bagaimanapun blog ini juga masih menghasilkan. Dan hasilnya lebih dari cukup untuk membayar biaya perpanjangan domainnya :)

Oke, cuma itu saja sobat curhat pagi ini hihih.. Wassalamualaikum.

Apa kabar Blog Kesayangan?

Assalamualaikum sobatku, wih sudah berbulan bulan ya saya gak update tulisan di blog tercinta ini. Kangen banget rasanya. 

Habis bagaimana lagi ya. Saya sibuk syuting hehe.. Itu lo ngurus channel supangkat top yang susah sekali diurus. :D

Gak kok bukan cuma alasan ngurus channel itu. Tapi memang saya sebagai orang yang sudah terkena mata lela seharusnya membatasi diri dari melotot di depan laptop agar mata ini tidak makin parah.

Alhamdulillah setelah jarang ngetik gak terlalu pusing kayak dulu lagi.

Tapi karena kangen, saya gak bisa menahannya untuk ngetik mesipun bingung mau bahas apa. Gak papa kan kalau saya cuma curhat aja hehe

O iya, sebenarnya saya ingin sekali berbagi tips seperti dulu lagi. Tapi gimana lagi ya. Tangan tak sampai.. mungkin sesekali dalam beberapa bulan lumayanlah ya untuk membuat blog komputer ini tetap aktif. daripada visitor terus turun ya kan.. :D

NGomong-ngomong sobat setia blog ini gimana kabarnya ya? apakah kalian sudah tambah sukses ngurus blog blog kalian? Moga aja begitu.

Saya sudah lama gak kontak kontakan dengan blogger lain sobat. Lantaran ya itu tadi Udah jarang nulis di blog jadinya bingung mau ngebahas apa..

Ya udah deh kalau begitu, moga kedepan blog ini tetap aktif dan bisa memberikan tips bermanfaat seperti dulu lagi. Aamiin,

pokoknya jangan pergi ya sobat hehe




Alhamdulillah, 100 Ribu Subscriber Untuk Supangkat TOP Channel

Alhamdulillah wasyukurillah sobatku, gak nyangka ya.. setelah lama tidak update tulisan di blog ini, hari ini saya ingin mengabarkan sebuah kabar gembira yang sangat luar biasa.. ini dia..

100 ribu subscriber

Yup, apa lagi kalau bukan kabar perkembangan subscriber channel saya.. Alhamdulillah sekali lagi, akhirnya channel supangkat TOP telah sampai 100 ribu subscriber.. 

Wah,, seperti baru kemarin saya membuat tulisan tentang channel saya ini yang mendapatkan 1000 subscriber.. eh sekarang sudah 100K aja..

Sejak awal tidak pernah membayangkan sih, bakalan bisa sukses di youtube.. soalnya kalau melihat modal dan kemampuan yang kurang memadai, saya merasa hampir tidak mungkin..

Tapi nyatanya, ketika saya terus berusaha apa yang dulu terasa mustahil sekarang pun sudah jadi kenyataan..

100 ribu subscriber bukanlah jumlah yang sepele lo sobat.. karena nyatanya banyak youtuber yang sudah bertahun-tahun lamanya banyak juga yang belum menyentuh sampai angka ini..

Jadi tidak ada alasan saya untuk tidak mensyukurinya..

Sekitar bulan 12 tahun 2018 lalu saya mendapatkan 1000 subscriber.. Dan hari ini, tanggal 11 Bulan 7 tahun 2019, artinya sekitar 7 bulanan untuk merubah angka 100 menjadi 100 ribu..

Bukan waktu yang singkat sih, kalau dibandingkan dengan channel2 master, yang untuk mendapatkan 100 ribu saja bisa dalam hitungan hari.. Tapi, bagi kelas pemula yang ringan ini, itu adalah waktu yang tergolong cepat menurut saya..

Alhamdulillah, sekali lagi Alhamdulillah,, saya ucapkan terimakasih untuk sobat yang sejak awal telah mendukung saya jadi youtuber..

Note: Pencapaian 100 ribu subscribernya sekitar jam 23 ya sobat..

Baiklah, karena ini sudah tengah malam,, jadi sekian saja tulisan ini.. Wassalamualaikum, semoga sobat bisa segera nyusul.. :)
YOUR CODE SCRIPT NATIVE ADS

Komentar di channel youtube Tiba-tiba dinonaktifkan

Assalamualaikum sobat semuanya, salam satu hobi.. saya sedih sekali hari ini.. karena sudah beberapa hari komentar di channel @Supangkat TOP tidak bisa muncul.

Ceritanya bermula beberapa hari yang lalu. Seperti biasa, sebelum saya membalas komentar2 yang masuk di pagi hari, malamnya saya sempatkan untuk ngecek komentar-komentar yang masuk lewat email di HP. Ada yang aneh sih, kok biasanya rame, kali ini jadi tidak ada komentar masuk.
Pas paginya, saya cek komentar masuk di bagian komunitas. Duh kok gak ada komentar-komentar yang muncul, bahkan komentar-komentar yang sudah ada pun tidak ada di situ..
komentar di channel youtube dinonaktifkan

Sudah saya klik coba lagi, tapi tetap tidak ada.. Aneh kayaknya.. beberapa saat kemudian saya cek video saya lewat HP.. dan ternyata di bagian komentar tertulis "komentar di video ini dinonaktifkan" waduh, sepertinya tidak pernah saya nonaktirkan kok.. Apa mungkin gara2 anak saya yang kecil pukul2 keyboard laptop pas saya balas komentar pagi itu ya? begitu pikiran saya..

Akhirnya saya cek bagian settingan komunitas. Dan ternyata settingan yang terpilih adalah "nonaktifkan komentar".

Oh, pantas saja.. mungkin benar, gara2 anak saya nekan tombol keyboard, mungkin kepencet pas shortkey tertentu yang membuat settingan itu tercentang.

Dan yang saya lakukan selanjutnya adalah mencentang pada pilihan izinkan semua komentar, dan klik simpan..

menonaktifkan komentar di channel youtube
Tapi ternyata saya cek komentar belum muncul juga. Dan bahkan setelah saya tunggu beberapa hari tetap tidak muncul.. Wow, apakah yang terjadi?

Saya pun mengotak atik lagi settingan bagian komunitas.. dan saya mendapati, ternyata ada kebijakan baru di youtube yang baru saya tau..


peraturan komentar baru di youtube

Di situ dikatakan bahwa: Mulai 20 februari 2019, pihak youtube mulai menonaktifkan sementara komentar di video tertentu. Ini adalah bagian dari tindakan untuk melindungi anak di bawah umur.

Oke, setelah saya baca dan cermati, baru saya ingat bahwa di channel saya ada beberapa video yang menyertakan anak saya, yang jelas-jelas masih di bawah umur. Dan mungkin itulah penyebabnya mengapa komentar di video-video youtube saya dinonaktifkan..

Pagi ini, pas ngecek channel saya lagi di laptop, saya baru sadar ternyata sudah ada pemberitahuan di bilah atas layar dashboard youtube saya seperti berikut ini..


Dikatakan bahwa "komentar di channel Anda saat ini dinonaktifkan karena kemungkinan adanya komentar yang tidak pantas" pas saya klik Pelajari lebih lanjut, eh ternyata saya diarahkan ke sebuah pemberitahuan tentang peraturan baru di atas..

Tapi Alhamdulillah, setelah saya upload video baru tadi malam, ternyata di video baru tersebut orang-orang sudah bisa berkomentar. Tapi itu khusus satu video tersebut lo ya..

Yah, meskipun begitu wajib dishyukuri, karena paling tidak sudah ada yang komentar, dan saya pun akhirnya jadi seru-seruan lagi membalas komentar para pengunjung channel sederhana saya.. :)

Ya sudah, mungkin saya harus menunggu dan bersabar sampai keputusan dan pembaruan kebijakan dari pihak youtube datang. Apakah komentar di channel saya bisa diaktifkan semuanya atau tidak..

Allhamdulillah, akhirnya Channel Supangkat TOP punya 1000 Subscriber

Ini adalah artikel latepost, yang seharusnya saya posting kemarin. Tapi karena berhubung paket malam sudah berhenti jam 7 pagi. Makanya gak jadi dipublihs.. silahkan dibaca.. :)
Allhamdulillah, wasyukurillah, bagaikan mimpi, tidak disangka ternyata channel yang saya bangun puluhan tahun lalu heheh.. ternyata bisa juga mendapatkan 1000 subscriber.. Asli saya senang sekali hari ini..

Pokoknya masih seperti tidak menyangka kalau channel sejelek ini pun ada juga yang menyukainya.. 

Tadi malam pas bangun tengah malam, saya langsung ngecek channel saya. Dan yuhui, subscribernya sudah 1033. Alhamdulillah, itu artinya channel saya sudah memenuhi syarat untuk ditinjau.. 

Dan pagi ini, saya cek kembali ternyata subscribernya sudah bertambah lagi, menjadi 1043.. 

akhirnya channel saya 1000 subscriber


Akhirnya saya pun mulai menghapus beberapa video yang kiranya tidak layak, seperti video jadul saya yang kualitasnya rendah, tutorial-turial yang kurang bagus, video yang durasinya kurang dari 1 menit, dan juga video reupload (ada 2 biji) heheh..

Ini karena rencananya 2 hari kemudian saya akan mengajukan channel  saya ke youtube, karena telah memenuhi syarat untuk ditinjau yaitu sudah mendapatkan lebih dari 4000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir, dan tentunya 1000 subscriber..

Tapi, iseng-iseng pas saya cek di bagian monetisasi akun youtube saya, eh ternyata sudah ada pemberitahuan seperti berikut..

channel punya 4000 jam tayang

Dikatakan bahwa channel saya sedang ditinjau.. Wah, berarti otomatis ya heheh.. mungkin karena channel saya memang sebelumnya sudah menjadi mitra youtube yang terverifikasi kali, yang sebelumnya pernah dimonetisasi saat sebelum peraturannya dirubah menjadi minimal sebuah channel harus memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir untuk dikatakan layak dimonetisasi.

Saya sangat bersyukur, paling tidak hari ini saya bisa sedikit lega, ada seperti secerca harapan lah bagi saya untuk kembali mendapatkan penghasilan yang layak dari internet.

Sebab penghasilan jadi blogger terus terang sudah mulai menurun sejak 2 tahun terakhir ini.. Akhirnya keluarga saya hidup susah lagi heheh..

Apalagi pengunjung semua blog saya juga ternyata terjun bebas.. Dan itu dirasakan juga oleh teman-teman blogger saya yang lainnya..

Makanya, saya sangat berharap sekali bisa sukses menjadi youtuber agar semuanya kembali normal...

Ya sudah deh, akhirnya saya tinggal menunggu waktu pengumumannya. Mudah-mudahan channel saya ini memenuhi syarat untuk menjadi partner sejati youtube dan adsense..

Doakan ya sobatku, semoga segera berhasil jadi youtuber heheh.. :)

Cara Supaya Video Di Facebook Tidak Terputar Otomatis Di Android

Anda menggunakan aplikasi facebook di facebook Anda? Kesal dengan video facebook yang terputar otomatis di HP Android Anda? Hem, siapa sih yang tidak merasa kesal, soalnya selain mengganggu, video yang otomatis terputar tersebut juga dapat memakan kuota paket internet kita.

Asik-asik lihat beranda di fb, eh pas ada video yang tidak kita inginkan tiba-tiba terputar sendiri. Itu kan namanya tidak asik. Bagus kalau videonya berkenan. Kalau tidak? Kan dapat mengganggu.

Nah, tapi tenang sobatku, karena kali ini saya ingin beritahu bagaimana cara mengatasinya, dan berbagi sebuah tutorial tentang cara menonaktifkan play automatis pada video di facebook Anda dengan cepat dan paten.

Yuk langsung saja simak berikut ini..

Langkah supaya video di facebook Tidak terputar otomatis di hp Android


1. Langkah pertama, klik icon garis tiga di pojok kanan atas seperti gambar berikut.

mengatasi autoplay video facebook

2. Kemudian geser layar ke bawah, dan klik Pengaturan & Privasi

video di facebook terputar otomatis

3. Selanjutnya silahkan klik pengaturan..

mengatasi facebook terputar sendiri videonya

4. Geser Layar ke bawah lagi, dan klik Media dan Kontak..

video fb terputar otomatis

5. Pada tahap ke lima ini, silahkan klik Putar Otomatis

pengaturan video fb terputar otomatis

6. Langkah terakhir, silahkan centang pada pilihan Jangan Pernah Putar Video Otomatis.
settinga facebook video terputar otomatis
Langkah terakhir mengatasi video facebook terputar otomatis

Silahkan perhatikan, kalau muncul pemberitahuan perubahan sudah disimpan seperti gambar di atas, berarti Anda berhasil mengatur supaya aplikasi facebook di hp android Anda tidak memutar video secara otomatis di beranda Anda.

Nah, silahkan dicoba di beranda facebook Anda, supaya ketahuan hasilnya apakah Anda berhasil mempraktekkan tutorial ini atau tidak. ayo dicoba sobat.. :)

Demikian tulisan saya tentang cara agar video di facebook tidak terputar otomatis, semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Maaf kalau tutorial ini kurang sempurna. Soalnya pas lagi pusing nih hehe.. Wassalamualaikum.. :)

Cara Uninstal Aplikasi di Windows 7 Dengan CCLEANER

Selain sebagai alat pembersih sistem di komputer, ccleaner teryata masih menyimpan banyak fungsi yang cukup bisa diandalkan. Salah satu yang paling saya sukai adalah tools uninstal, atau yang digunakan untuk menghapus sebuah software/aplikasi di sebuah komputer PC atau laptop.


Nah, untuk itulah artikel ini saya buat, karena saya akan berbagi kepada sobat bagaimana caranya.

Cara Uninstal Aplikasi Di windows 7 Dengan CCLEANER

1. Tahap pertama, silahkan buka terlebih dahulu aplikasi CCLEANER di komputer Anda. Setelah itu, klik pada TOOLS, dan pilih UNINSTALL.. Perhatikan gambar berikut..

cara uninstall software
Proses pertama menghapus aplikasi di windows 7

2. Setelah itu pilih software/aplikasi yang sobat inginkan pada bagian program to remove seperti pada kolom 1. Dan setelah itu klik UNINSTALL..

cara hapus aplikasi di windows 7
Pemilihan aplikasi yang ingin diuninstal

Catatan:
untuk contoh ini saya ingin menghapus aplikasi W1r3Shark di laptop windows 7

3. Jika muncul tampilan seperti berikut, langsung klik next saja ya..


4. Ini adalah pemberitahuan tentang lokasi aplikasi yang ingin diuninstal. Langsung saja klik NEXT lagi..


5. Pada tahap ini silahkan pilih atau centang semua pilihan yang ada, untuk menghapus semua yang berhubungan dengan aplikasi ini..


6.Ini adalah proses yang sudah selesai, silahkan klik NEXT..


7. Yak, sekarang kita berada pada tahap akhir penghapuasan aplikasi ini. Silahkan klik FINISH untuk menyelesaikannya.

menghapus aplikasi di laptop

8. Nah, silahkan dilihat, maka software aplikasi yang telah kita hapus tadi sudah tidak ada di dalam daftar aplikasi yang masih ada. Berarti kita sukses menghapusnya.. :)

menghapus aplikasi di pc
sowftware aplikasi berhasil dihapus
Catatan: Untuk proses penghapusan atau penguninstalan sebuah aplikasi, maka setelah kita klik tombol UNINSTAL pada ccleaner, maka selanjutnya tidak semuanya langkahnya sama persis dengan apa yang saya bagikan ini. Sebab beda aplikasi kadang beda pula proses cara menghapusnya.. 

Yang penting bagaimana caranya kita memahaminya. Kadang next-next saja bisa menjadi pilihan yang boleh untuk dilakukan, untuk menghapus aplikasinya

Ya sudah, saya rasa cukup sekian tulisan saya tentang cara uninstall aplikasi di windows 7 menggunakan ccleaner, semoga apa yang saya tulis ini bisa memberikan manfaat. Salam.. :)