Tingkatkan Kualitas Audio Video Youtube Anda, Supaya Lebih Oke

Untuk memaksimalkan penghasilan di youtube, tentu saja kita harus membuat video yang cukup berkualitas.

Video yang berkualitas itu tidak hanya kontennya saja yang bagus, tapi kualitas gambar pun juga harus bagus. Dan tak kalah lagi suara dari video tersebut alias audionya juga harus terdengar jelas.

Soal kualitas gambar dan kualitas konten tidak saya bahas di sini, karena seperti judul, audiolah yang bakalan menjadi pembahasan utama pada artikel ini.

Nah, untuk Anda yang baru memulai merintis karir di youtube, dan baru membuat video-video untuk pertama kalinya, maka saya katakan bahwa sangat penting membuat video yang didukung oleh audio yang mantab. Video apa pun itu. Apakah video hiburan, lawakan, musik, atau tutorial yang jelas semuanya harus menggunakan audio yang mantab itu.

Ini serius, karena tanpa audio yang bagus dan terdengar jelas, maka orang lain akan menonton video kita layaknya menonton TV rusak yang cuma bisa dinikmati gambarnya, tapi tak terdengar suaranya.

Celaka kalau Sobat membuat video di youtube tentang hiburan, tapi tak ada audio yang terdengar dengan jelas. Misalnya tentang musik atau ngevlog. Bagaimana orang lain akan menikmati musik Anda kalau tidak terdengar jelas? Apalagi vlog yang notabene cuma modal cuap-cuap saja. Tentu saja orang lain akan susah sekali mendengar apa yang sobat katakan.

Lihat deh, saya sendiri punya video-video yang audionya kurang mantab. Dan pada akhirnya, saya cuma dibully, dan diberi saran bahwa audio di video youtube saya kurang bagus.

Ini contoh videonya..


Dan berikut contoh kritiknya..

Atau yang lebih buruk dari itu, seperti video di bawah ini


Berikut kritiknya :)


Saya sadar, sejak awal memang video-video yang saya buat kualitasnya kurang OKE. bukan cuma gambar, tapi lebih parah audionya sangat kecil. Itu karena saya cuma menggunakan action cam kogan, yang hasil rekaman suaranya terdengar kecil, dan tidak bisa dipasangi mic eksternal. Makanya semua video saya ancur lebur.

Mohon maaf untuk yang sempat muntah di depan laptopnya gara-gara nonton video-video saya..

Nah, ini harus Anda jadikan pelajaran bahwa ketika kita membuat video yang audionya sangat kecil itu tidak enak dikonsumsi publik. Karena hanya akan membuat orang repot harus membesarkan sound laptop mereka, atau menempelkan telinga mereka di laptop kalau volume sudah maksimal tapi suara masih tak terdengar.

Mudah-mudahan tidak ada yang sampai banting laptop gara-gara nonton video saya.

Sebenarnya kalau untuk lawakan dan tutorial masih bisa kita akali. Misalnya untuk lawakan, kita bisa membuat lawakan yang menonjolkan isyarat-isyarat seperti jatuhlah, tiba-tiba kaget dan pingsanlah, dan lain-lain. Sedangkan untuk tutorial, kita bisa memberikan teks petunjuk untuk setiap peragaan supaya orang mengerti, dan kita bisa menambahkan musik gratis sebagai pemanis.
Tapi ya tetap saja, kalau didukung dengan audio yang lebih jos ya videonya jadi lebih yahut lagi.
Kesimpulannya begini: Kalau video yang kita buat audionya kurang bagus, orang bakalan malas untuk menontonnya. Kalau malas menontonnya, maka akan berimbas juga pada penghasilan kita di youtube.

Tapi, itu jangan dijadikan sebagai penghalang untuk berkarya. Kalau kita hanya punya kamera sederhana, dan tak punya modal seperti saya untuk membeli yang lebih bagus, tetaplah berkarya meskipun dengan keterbatasan. Sebab dalam proses belajar itu nantinya akan ada ilmu yang sobat dapatkan, supaya ketika sudah punya kamera yang bagus akan lebih mudah lagi membuat konten yang lebih berkualitas.

Wassalam.. :)

This Is The Newest Post

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon