Inilah 3 Fungsi Penting Karet di Bawah Laptop

Belajar komputer dasar | Yang baru melihat laptop, mungkin agak bertanya-tanya sebenarnya apa sih fungsi karet di bawah casing laptop itu? Maksudnya untuk apa gitu kok pakai karet segala. Yah, meskipun tidak semua memiliki rasa penasaran yang sama, tapi paling tidak saya juga sempat penasaran seperti itu.

fungsi karet di bawah laptop
Mau mencari di google, ternyata belum ada yang membahas tentang fungsi karet di bawah casing laptop ini. Ya sudah, dari pada hari ini baru menulis 1 artikel, maka saya ingin menjelaskannya sedikit untuk Anda, tentunya berdasarkan pengalaman saya menggunakan laptop selama ini. Hitung-hitung buat nambah artikel lagi ;)

Fungsi karet di bawah Laptop

1. Sebagai Pijakan Supaya Laptop Tidak Licin

Beberapa waktu yang lalu saya menggunakan laptop yang karet di bawah casingnya sudah copot. Pas saya pakai di meja yang licin, apa lagi di meja kaca maka laptop tersebut langsung tergeser kesana kemari. Pokoknya tidak nyaman, apa lagi kalau mau mengetik. Dengan sedikit dorongan telapak tangan laptop langsung bergeser.

Nah, dari situ saya mulai sadar bahwa inilah salah satu fungsi dari karet yang ada di bawah laptop ini. Yaitu sebagai pengerem buat laptop supaya jangan mudah tergeser kesana ke mari saat digunakan.

2. Sebagai Kaki Pelindung, Supaya Bodi Laptop Tidak Lecet

Nah, ini juga tak kalah pentingnya. Ternyata, karet di bawah laptop selain supaya laptop tidak licin juga dapat melindungi bodi atau casing di bawah laptop itu sendiri supaya tidak mudah lecet.

Semua pasti tau, lamanya pemakaian terhadap laptop tentu dapat membuat casing laptop semakin rentan terhadap gesekan-gesekan oleh lantai atau benda lain sebagai alas laptop. Nah, dengan adanya karet ini, Insya Allah gesekan langsung ke casing laptop akan dicegah olehnya sehingga bodi laptop pun bisa lebih awet.

3. Meninggikan Bodi Laptop Supaya Ada Celah Di Bawah Casing

Mungkin selama ini kita kurang menyadari, laptop butuh angin segar guna diserap dan dikeluarkan kembali lewat saluran pembuangan angin untuk keperluan pendinginan prosesor. Nah, masuknya angin segar tersebut bisa dari beberapa ventilasi, misalnya: dari atas keyboard, dari lubang port USB dan LAN, atau lewat lubang utama yang ada di bawah kipas laptop seperti berikut ini.
saluran masuk udara bawah laptop
Gambar Saluran Masuk Udara Di Bawah Laptop
Sekarang kalau seandainya karet yang menjadi kaki-kaki laptop tersebut dihilangkan, Otomatis casing bawah laptop akan mepet ke alas di bawahnya dan membuat jalan masuknya udara ke laptop menjadi kurang baik. Jika demikian, udara yang panas dapat membuat laptop sering mati.

Sobat, Apapun alasannya janganlah sengaja mencabut atau membuang karet yang ada di bawah laptop tersebut. Sebab dengan banyaknya manfaatnya, jika dihilangkan akan menimbulkan kerugian untuk Anda.

Mungkin hanya 3 itu saja manfaat dan fungsi karet di bawah laptop yang saya ketahui. Mohon berikan komentar kalau ada yang ingin menambahkan.

Demikian tulisan singkat tentang fungsi karet di bawah laptop, saya harap artikel ini dapat berguna untuk Anda pengunjung blog komputer ini. Silahkan bagikan artikel ini kalau Anda sempat. Ingat, kalau sempat saja ya  he he..

2 komentar

Aku sangat setuju dan sependapat dengan alasan dan manfaat karet dibawah laptop.
Biar tidak licin dan biar ada sirculasi udara.

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon