Kipas Yang Rusak Juga Bisa Membuat Laptop Sering Mati

Jika Anda pengguna notebook/laptop, tentu pernah mengalami atau paling tidak mendengar tentang kasus laptop yang sering mati. Nah, pasti Anda juga akan bertanya-tanya, kenapa laptop Anda bisa sampai seperti itu. Dan Anda pasti ingin mengetahuinya bukan? Oleh karena itulah saya membuat tulisan ini, yang akan menjelaskan salah satu penyebabnya berdasarkan pengalaman saya.

Dalam berbagai kasus laptop yang sering mati, terdapat satu penyebab yang berasal dari rusaknya fan/kipas pendingin "heat sink" di dalam laptop. Jika kipas pendingin tersebut telah rusak, dapat dipastikan prosesor akan mengalami panas di atas suhu standar. Sehingga mengakibatkan sistem di dalam mainboard mematikan laptop secara otomatis. Oleh karena itulah laptop menjadi mati sendiri.

kipas laptop rusak

Saya sering mendapatkan masalah seperti itu. Ketika banyak pelanggan yang mengeluh, bahwa laptop mereka mati dalam hitungan menit setelah laptop dihidupkan. Padahal, mereka selalu menghidupkan laptop dengan cara yang benar. Tapi tetap saja, laptop mereka menjadi mati.


Beberapa kali saya mendapatkan kasus seperti itu, dan setelah saya lakukan pembongkaran ternyata fan/kipas di dalam laptoplah yang mengalami kerusakan. Seperti saya jelaskan sebelumnya bahwa jika kipas yang mendinginkan heat sink pada laptop telah rusak, maka laptop menjadi mati mendadak saat dipakai. Dan masalah seperti itu juga merupakan kerusakan yang sering terjadi pada laptop acer 4738.


Jika kipas laptop Anda telah rusak, Anda sebaiknya melakukan pengetesan dengan meminjamkan fan/kipas dari laptop lain yang sejenis. Tentunya dengan kipas yang masih berfungsi lo ya..! Jika laptop Anda telah dihidupkan dan kipas lain tersebut bisa berputar normal, berarti memang fan di laptop Anda telah mengalami kerusakan.


Silahkan hidupkan laptop Anda dengan kipas pinjaman itu, dan gunakan terlebih dahulu laptop Anda dalam waktu yang cukup lama. Jika sudah tidak ada masalah lagi, berarti Anda tinggal mencarikan kipas baru yang sesuai untuk laptop Anda di toko komputer terdekat.


Berdasarkan pengalaman sih, harga untuk sebuah kipas laptop ada pada kisaran 200-400 ribu rupiah. Nah, tapi masing-masing daerah tentunya memiliki harga yang tidak sama. Oleh karena itulah silahkan ditanyakan di toko komputer di daerah Anda.



O iya, jika kipas laptop Anda belum diganti, jangan coba-coba untuk sering menghidupkan laptop Anda. Sebab jika Anda memaksanya, akan sangat berbahaya bagi prosesor Anda. Jika prosesor telah rusak, maka biaya perbaikan untuk laptop Anda lebih tinggi lagi.


Baiklah, saya rasa cukup sekian saja tulisan tentang sedikit pengalaman saya ini, semoga bermanfaat. Jika ada kekurangan mohon dimaafkan. Dan saya sangat senang jika Anda mau menambahkannya guna kesempurnaan artikel ini. Terima kasih.. :)

21 komentar

saya memakai acer aspire 4739 fan/kipas saya mendadak kecil dan mendadak kencang, apa itu termasuk kerusakan dalam kipas laptop? apa penyebabnya? tolong jawabannya, thanks.

maaf baru sempat balas mas.. jadi kalau mendadak kencang mendadak lambat pada kipas laptop itu hal biasa mas.. malahan ada laptop tertentu yang settingan defaultnya kipas kadang hidup, kadang kalau prosesor gak terlalu panas ya kipasnya mati alias gak berputar. Tibu belum tentu tanda kerusakan kalau laptop aman-aman saja gak pernah mati sendiri :)

bener banget laptop Acer aspire 4738 itu sering bangett masalah Fan proccesornya yg mati,jd overhead hsilnya,laptop jd mati2 mulu tiap 5 smpe 10mnit,,langganan itu merk laptop acer aspire itu!!

wah, ada yang ngalamin juga ternyata ya mas... :)

mas leptop saya tipe 4745 g dia rusak nya kalaw di kasih nyala langsung mati , tpi led batrey normal,led lampu mainboar nyala tp agak redup.ganguan nya itu apa ya? tolog di balas ya

4745 G jakau gak salah merek acer yang pakai VGA nvidia ya? bisa jadi chipset VGAnya gan.. :)

numpang tanya gan saya pakai laptop axio dan kasusnya laptop suka mati. Ketika saya buka dan jalankan ternyata kipasnya mati. Tapi anehnya ketika di bawa ke perbaikan dikatakan kalau mainboard saya yg rusak. Apakah benar kalau kipas mati karena mainboardnya rusak? Saya takut kena tipi. Thx

yang penting pihak teknisinya sudah mencoba menggantinya dengan kipas laptop lainnya yang masih bagus, kemudian hasilnya tetap gak muter, bisa jadi mainboardnya mas.. jadi logikanya gini: kalau ada kokmponen di mainboard ada yang rusak, dan komponen tersebut adalah jalur arus listrik yang seharusnya ke kipas, maka kipas tidak akan bisa hidup kan, kalau listriknya gak sampai lantaran jalurnya rusak? Itu sederhananya.. :)

Ini penyakit umum acer apa ya mah, udah 3 seri acer saya masalahnya kipas melulu yg rusak, kemaren baru ganti buat 4738 terus yg 4739 juga sama :(

ane juga ni , acer e5-471g-52DI kipas rusak -_- sial dandan gimana ya, udah gua bongkar bersih2 juga cuma kadang2 aja muternya

Mas, mau nanya
jadi laptop saya itu setelah diinstal ulang kipasnnya tidak hidup. Terus tiba2 ada suara " Klithik2,/?" dari bagian kipas terus keluar asap. Ini kenapa?
terimakasih^^

xixixi.. yang jelas untuk model yang sejenis 4738 hampir sama masalahnya mbak.. :)

emang kalau coba ganti kipasnya gan..

waduh, jangan2 kipsaanya kebakar.. coba bongkar gan,, tapi perlu diingat, itu gak ada hubungannya dengan habis instal ulang ya gan.

mas aku juga mau nanya nih, kan aku lagi ngetik di kampus nih, laptop aku HP pavilion G4, nah waktu lagi ngetik tiba tiba layar blank, ku tunggu berapa lama ga ada respon, jadinya ku force shutdown aja(tekan tombol power sampai laptop mati), pas aku hidupin lagi di awal nyala laptop ada peringatan kalo kipas laptop ga jalan, itu solusi nya gimana ya...?

dengerin kipasnya, apakah emang gak jalan? kalau iya, bongkar kipasnya gan, coba bersihkan n cabut dari socketnya.. kalau setelah dipasang tetap gak berputar, ganti dengan yang baru :)

Kipas nya emang ga jalan mas
Niat nya mau bongkar sih..tapi ga ada obeng khusus Laptop nya...

Kira kira klo pake alternatif kipas eksternal efektif gak mas?

Mas mau nanya nih , notebook saya ASUS . pertama2 yg rusak itu hardisk,lalu lama kelamaan kipas nya juga rusak(tidak muter) .
Apakah kipas yg rusak tersebut bisa di perbaiki/apa harus ganti yang baru ??

kalau kipasnya yang bermasalah, itu tergantung tingkat kerusakannya gan.. kalau cuma putarannya gak bagus akibat kotor, bisa diperbaiki.. atau kabelnya putus juga bisa diperbaiki.. tapi kalau mainboarnya agak susah cari komponen elektronikanya. Jadi yang paling bagus diganti kipas baru aja..

mau nanya nih laptop saya toshiba touchscreen satelite,setiap saya menghidupkan laptop,kipas laptop selalu berbunyi dari bawah laptop saya tolong kasih solusinya dong khawatir nih

saya pernah juga dapat kasus kayak gitu.. ternyata ada kertas di dalamnya pak.. coba periksa aja.. dibongkar dulu.. siapa tau kotor...

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon