Mengenal Pengertian Dan Fungsi Flash Disk Drive

Hai sahabat, jumpa lagi bersama saya di sini. Kali ini saya hanya ingin berbagi tentang mengenal pengertian dan fungsi flash disk pada komputer. Nah, pasti Anda pernah mendengar flash disk bukan? Ya, karena alat ini sangat familiar sekali bagi kita semua yang berhubungan dengan komputer.


fungsi flash disk

Karena fungsi alat ini sangat penting, Anda juga harus memilikinya sendiri. Sebab, dengan alat ini Anda akan dimudahkan dalam hal yang berhubungan dengan data. Baiklah, tak panjang lebar lagi silahkan baca lebih lanjut pengertiannya.

Pengertian flash disk

Flash disk adalah alat penyimpanan data memory kilat yang memiliki alat penghubung USB yang telah terintegrasi. Penggerak kilat ini biasanya memiliki ukuran yang kecil, ringan dan bisa dibaca dan ditulis dengan mudah. (sumber wikipedia.org)

Nah, Anda baru saja membaca pengertiannya. Namun itu belum lengkap rasanya tanpa mengetahui juga apa fungsinya. Mungkin bagi Anda yang sudah memiliki flash disk ini, Anda paling tidak pasti telah mengetahuinya. Namun bagi Anda yang belum mengetahuinya, lagi-lagi Anda harus membacanya di bawah ini.

Fungsi flash disk drive

Flash disk adalah alat yang memiliki fungsi utama untuk menyimpan data. Tentunya data apa pun itu, apakah foto, file office, master aplikasi, video, dan file-file lainnya asalkan ukurannya tidak melebihi kapasitas penyimpanan flash disk tersebut.

Untuk kapasitas penyimpanan, flash disk memiliki ukuran yang beragam. Mulai dari 512 MB, 1 GB, 2GB, 4GB, 8 GB, dan 32 GB. Setiap tahunnya, flash disk selalu dikembangkan dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar lagi. Bahkan saya pernah membaca bahwa ada flash disk terbaru yang memiliki kapasitas hingga 1 TB atau setara 1024 GB. Wow..

Tidak hanya untuk menyimpan data saja, kini flash disk banyak difungsikan sebagai alat untuk mempermudah penginstalan software aplikasi ke dalam komputer. Bahkan alat ini juga bisa digunakan untuk menginstal system operasi komputer secara mudah tanpa harus menggunakan DVD lagi.

Untuk hiburan, flash diks juga bisa dipakai untuk menyimpan file musik, sehingga bisa digunakan untuk memutar musik di tape mobil, atau pada speaker yang sudah menyediakan slot USB.

Media penyimpanan eksternal kecil ini, memiliki memory yang bersifat non-volatile di dalamnya. Artinya, data yang tersimpan di dalam flash disk tidak akan hilang, meskipun tidak ada aliran listrik pada flash disk tersebut.

Nah, dengn flash disk, Anda mudah untuk menyimpan data Anda kedalam alat kecil ini dan memindahkan ke laptop lainnya dengan cara yang cukup cepat. Dengan alat ini, Anda juga dimudahkan untuk membawa data-data Anda di tempat penyimpanan yang berukuran kecil.

Akhirnya saya menyarankan Anda untuk memiliki flash disk drive, tentunya bagi Anda yang berhubungan dengan data komputer. Sebab dengan menggandakan data penting Anda ke dalam flash disk, berarti Anda telah berupaya mengamankan data di komputer agar tidak hilang.

Bentuknya yang portabel atau mudah dibawa kemana-mana, adalah salah satu kelebihan flash disk dibanding dengan media penyimpanan data seperti komputer itu sendiri. Selain itu, dengan colokan USB yang telah terintegrasi di media penyimpanan ini, akan lebih mudah lagi untuk mencolokkannya di komputer atau pun notebook.

Jadi bagaimana? Apakah Anda ingin memilikinya? Jika iya jangan tunggu lama-lama lagi. Dan sekarang saatnya bagi Anda untuk membaca juga pengertian dan fungsi hard disk komputer. Baiklah, demikian tulisan tentang pengertian dan fungsi flash disk drive ini, semoga bermanfaat..

2 komentar

Terimakasih artikel yang sangat membantu
Mari kunjungi www.ombedel.com

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon