Adaptor POE NS LocoM5 (Radio Ubiquiti) Mati Diserang Semut

Beberapa hari yang lalu saya memperbaiki internet di rumah pelanggan. Katanya sih internetnya tidak konek. Sudah beberapa hari seperti itu katanya. Jadi sudah pasti tidak bisa dipakai lah.. 

Pas saya periksa, ternyata adaptor POE dari antena radio NS LocoM5 bersemut. Wah, langsung saya duga pasti akibat semut-semut itu..

Adaptor pun saya periksa dan ternyata benar, semut-semut itu sudah masuk dan bersarang di dalam adaptor POE milik pelanggan itu sampai mengakibatkan adaptornya mati.

adaptor poe mati

Saya coba ketuk-ketuk di paha saya, hanya sebagian saja semut yang keluar dari adaptor tersebut. Sementara yang lainnya masih terjebak di dalamnya. Kalau adaptor tersebut saya goyang-goyang, semut yang masih di dalam yang mungkin sudah mati akan berbunyi kretek-kretek..

Akhirnya saya tes kembali adaptor tersebut untuk memastikan lagi apakah masih bisa diselamatkan atau tidak. Tapi setelah pengetesan dilakukan ya tetap saja mati.. Saya pun coba pakai kabel power lain yang milik saya sendiri yang masih bagus. Tapi masih tidak ada tanda-tanda adaptor tersebut mau hidup. Ya sudah, mungkin itu sudah ajalnya..

Kasihan sih, tapi mau bagaimana lagi, kalau sudah rusak ya rusak. Jadinya harus diganti deh..

Ini adalah kasus yang kedua kalinya adaptor POE mati karena jadi sarang semut semenjak saya kerja di profider internet. Sebelumnya pernah juga milik pelanggan lain yang malah lebih parah dari ini. Yang jelas, sama-sama karena jadi sarang semut.

Untuk Anda yang dirumahnya berlangganan internet yang pakai adaptor POE seperti pada gambar di atas, tolong adaptor tersebut diperhatikan dan dijaga baik-baik dari semut.

Bersihkan daerah sekitar adaptor dari makanan-makanan yang dapat mengundang semut. Kalau perlu di sekitar adaptor harus ditaburi atau dicoret-coret pakai kapur ajaib supaya semut tidak mendekat.

Soalnya kalau semut sudah mendekat, ada kemungkinan mereka akan bersarang dan merusak adaptor milik Anda..

Ya sudah, cuma ini saja yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga artikel tentang adaptor POE yang mati karena semut ini bisa Anda ambil manfaatnya.. Wassalamualaikum.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon