Pengalaman dan Resiko Mengganti Nama Domain



Sebenarnya judul Pengalaman dan Resiko Mengganti Nama Domain diatas kurang sesuai dengan tulisan ini. Itu karena yang saya ganti bukanlah nama domain melainkan subdomain. Maklum, domain masih nebeng di gratisan jadi harus terima diberi nama domain blogspot.com.

bahaya sementara mengganti nama domain

Baiklah, berawal dari keinginan untuk mengganti http://abang-palu.blogspot.com menjadi http://abangpalu.blogspot.com, dengan alasan supaya lebih mudah disebut dan diketik. Kemudian sayapun melanjutkan eksekusi dan menggantinya melalui pengaturan di blogger.com. Lihatlah apa yang saya lakukan, saya hanya merombak sedikit saja dan hanya menghilangkan garis datar diantara kata abang dan palu hingga hasilnya menjadi http://abangpalu.blogspot.com. Namun, apa yang terjadi? Setelah saya merubah dan menyimpannya, semua tak semulus dengan apa yang saya bayangkan. Ternyata artikel-artikel yang sudah muncul di halaman pertama google tidak bisa dibuka lagi dan muncul tulisan "blog telah dihapus"

Seketika itu juga seperti kiamat rasanya. Bagaimana tidak? imbas dari kalimat "blog telah dihapus" adalah visitor tidak bisa berkunjung lagi di blog kita melalui tulisan-tulisan yang berada di halaman awal google tadi. Akibatnya ya jelas tidak ada lagi pengunjung di blog saya. Padahal sebelumnya lumayanlah diatas 50 page view per hari. Padahal artikelnya baru sedikit karena saya sangat malas update.

Mengapa saya sangat syok? karena blog saya ini akan saya naikkan traffiknya agar diterima google adsense. Ternyata malah apes selain tidak ada visitor lagi, page rank menjadi nol, alexa rank pun no data.

Semua ini bisa terjadi karena nama domain yang baru akan dianggap blog yang baru pula oleh google. Jika blog dianggap baru, otomatis semuanya menjadi seperti blog baru lainnya. Misal ketika membuat postingan, butuh waktu 2 sampai 3 hari agar terindex oleh google.

Meski demikian saya yakin ini bukanlah akhir dari segalanya. Kurang lebih satu minggu saya browsing dan mencari solusi dari masalah ini. Namun tidak ada jawaban yang cukup memuaskan selain saran untuk rajin update artikel agar page rank naik kembali.

Tapi karena tidak sabar, akhirnya dengan modal nekat sayapun mencoba mengganti nama domain tersebut seperti semula. Meskipun sebelumnya saya membaca pengalaman seseorang bahwa domain yang telah diganti tidak bisa dikembalikan. Sayapun mengikuti insting dan akhirnya Alhamdulillah bisa,, yang lebih menyenangkan tulisanku muncul lagi di halaman pertama google. Terimakasih lagi bahwa visitor mulai stabil kurang dari 1 minggu.

Para pembaca, inilah pengalaman dan resiko mengganti nama domain dari saya, semoga bisa diambil pelajarannya dibalik ini. Pesan saya jangan sekali-kali mengganti nama domain Anda jika itu tidak terlalu penting.

18 komentar

heheheh yang penting tetap semangat mas sukses blognya

waduhh.. harus di fikir dua kali dulu ni kalau mau ganti nama domain

untung masih bisa di balikin lagi gan

he he iya gan harus semangat donk.. makasih dah kunjungannya :)

iya bapak, sepertinya begitu,, jika tidak terlalu penting,, mending dipikir 2 dulu

bener gan kalau gak bisa waduh,, bakal runyam deh masalah

makasih banyak artikel nya sangat bermanfaat..ada yang mau saya tanyakan mas, blog saya yang 1 lagi saya ganti domain dengan .com beberapa waktu lalu. nah setelah saya ganti domain, website saya jadi lemot dan sering sekali halamannya tidak muncul malah muncul tulisan TIDAK ADA DATA YANG DITERIMA. itu kenapa ya mas kira2 ? salam kenal alamsyah tour n travel

Apakah blognya self hosted mas? Kalau iya, ada pengaruh juga dari hostingnya. Karena pernah ada kasus blog teman saya pas artikelnya dibuka, cuma tampil setengah gitu. Dalam artian artikelnya tidak bisa ditampilkan full. Coba webnya disubmit sitemapnya ke google webmaster tool. Setiap habis posting juga gitu. link artikelnya dimasukin ke google webmaster tool biar cepat keindex google.

wah Hanya ganti satu karakter aja efeknya segitu besarnya :o
Kalo untuk ganti domain dari blogspot.com ke domain TLD lain seperti .com . net, dll apa juga beresiko seperti yang ada di cerita agan ?

Saya punya blog tld .COM gan, tapi itu saya custom domain waktu blogspot saya belum berpengunjung.. jadi terus terang saya pribadi belum membuktikannya kalau blog gratisan terus dirubah ke domain TLD ngaruh ke pengunjung atau gak.. cuman nih, katanya master2 yang sudah berpengalaman katanya pengaruhnya juga seperti itu.. dalam artian ya sama, pengunjung juga jadi nol lagi.. :)

maaf, meskipun masih pake domain blogspot tetapi blog Anda bisa accept addsense ya? ada tips gak buat saya?
artikel saya 80 lebih, umur blog 3 bulan lebih, viewer diatas 50 per harinya namun tombol daftar adsense tak juga aktif.
pernah nama domain saya coba ganti, tetapi hasilnya ya kayak Anda, blog jadi tidak terdeteksi kemudian saya rubah ke nama domain awal.
Blog saya kelntingkuning6.blogspot.com mau saya ganti ideusaha.blodspot.com agar lebih bernilai namanya karena dari yg saya baca, nama domain yg laku akan cepat di terima adsense.

Mohon tipsnya gan. terima kasih.

Malah menurut saya gampangan daftar pakai blogspot daripada pakai domain TLD seperti dot com mbak.. karna saya malah ditolak waktu daftarin blog yang dot com... dan banyak juga kawan2 yang merasa seperti itu... cuman kalau masalah tombol yang belum keluar, mbak perlu bersabar.. denger2 di adsensenya 6 bulan baru bisa blog didaftarin adsense.. mungkin 6 bulan baru keluar itu tombol.. tapi mudah2han lebih cepat dari 6 bulan mbak.. sambil nunggu waktu n peningkatan pengunjung, lakukan perbaikan untuk klentingkuning dulu. tolong tampilannya di rubah dikit,, kasih navigasi yang jelas.. kasih menu navigasi di atas blog.. Dan buat laman privacy policy, disclaimer, contact, n tentang saya. 4 navigasi tersebut wajib mbak.. terus di home page, buat read more.. supaya banyak cuplikan artikel yang bisa ditampilkan.. jangan lupa buat widget related post (artikel terkait) di bawah posting untuk menampilkan artikel2 yang terkait dengan yang sedang dibuka oleh pembaca.. mudah-mudahan bermanfaat.. :)

Terimakasih gan.. Tadinya sih pengin ganti nama subdomain. Tapi ga jadi deh :-D

he he.. tapi kalau ganti domain ke TLD jangan ragu gan..

saya pernah melakukan hal yang sama dengan menghilangkan (-) dan hasilnya boom, ilang semua.
ternyata penamaan diawal haruslah dipersiapkan untuk jangka panjang :(
apalagi kalo tujuannya untuk mencari uang via adsense.

Nah pertanyaannya gimana kalo misal dirubah jadi .com? atau .id ; artikelnya ikutan pada kesapu ga gan ??? selagi baru banget bangun blog, jadi kalo ada di rubah dari awal dah skalian hehehe-

terimakasih

beberapa hari lalu saya ganti salah satu blog saya jadi dot COM.. Alhamdulillah, tidak ada masalah dengan pengunjung.. malahan kurang lebih pengunjungnya sama aja gan,, turun sih turun,, tapi gak jauh2 amat... :)

Wahhh tenkyu gan. Infonya top banget.
Kalo ganti subdomain ato domain, ganti URL soalnya ya gan jadi link URL nya kayak salah gitu yaa? Jadi gak terdeteksi

Kalau ganti domain ke Tld jelas pengunjung tidak terlalu ngaruh karena otomatis akan di alihkan oleh google artikel anda yg sebelumnya.

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon