Pedoman Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Blogger Sejati

Pedoman yang harus dimiliki oleh seorang blogger sejati=> Kesesakan dunia maya yang di padati oleh para blogger, kini sungguh sangat-sangat terasa. Belum lagi di tambah dengan terlahirnya puluhan bahkan ratusan blogger baru setiap harinya, yang pastinya turut menambah carut-marut di dunia perbloggingan.

Jutaan blogger lama maupun yang baru tersebut, pasti memiliki karakter yang berbeda-beda. Hal ini dapat di lihat dari topik blog apa yang mereka miliki, konten bagaimana yang mereka sajikan, gaya bahasa seperti apa yang mereka pergunakan, serta bagaimana cara mereka menjamu para pengunjung.

Perbedaan karakter tak hanya di lihat dari yang tersebut di atas, namun perbedaan yang paling mendasar menurut saya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu karakter positif dan negativ. Karakter positif merupakan karakter yang baik dan pastinya memberikan manfaat, sedangkan negativ sebaliknya, yaitu karakter tidak baik dan banyak meruginan. Baik merugikan bagi pengunjung mau pun sesama blogger itu sendiri.

Nah, sebagai seorang blogger sejati, kita harus menanamkan sikap positif yang memberikan dampak positif pula bagi semua orang. Oleh karena itu, diperlukan sebuah pedoman yang harus menjadi pegangan kita di dalam mengarungi dunia internet yang maya ini, di mana kita di tuntut untuk selalu berbuat baik dan memberikan yang terbaik kepada semuanya.

Baiklah, pedoman ini sebenarnya saya buat untuk saya pribadi, agar selalu ingat untuk mematuhinya sendiri. Namun, alangkah baiknya jika kita sama-sama menela'ah dan melaksanakan pedoman ini, jika memang Anda rasa ada manfaatnya. Berikut saya persembahkan sesuatu yang saya beri nama "Pedoman Blogger Sejati"

Pedoman Blogger Sejati

1. Blogger Sejati harus jujur

Sebelumnya saya mau bertanya, apakah Anda mau di bohongi? Saya yakin meski pun kita adalah seorang pembohong, pasti akan mengatakan tidak. Mengapa? karena semua tau bahwa di bohongi itu sakit rasanya, dan pembohong itu merusak segalanya.

Nah, bagaimana jadinya jika semua orang yang Anda kenal adalah pembohong? Tentunya dapat dipastikan kiamatlah dunia, karema tidak ada lagi gunanya kebenaran.

Memang harus di akui, selalu berbuat jujur adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Apalagi banyaknya godaan yang memancing kita untuk berbuat bohong, sehingga menjadi blogger pembohong. Namun sebagai blogger sejati, yang harus kita lakukan adalah mencoba sekuat mungkin, untuk menjadi seorang yang jujur dan melawan berbagai godaan.

2. Di Larang Menipu

Kasus penipuan di internet semakin marak. Sebagai buktinya, banyak sekali para blogger yang membuat tulisan tentang penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu. Mulai penipuan yang dilakukan oleh panitia lomba blog, sampai penipuan berkedok kaya instan melalui internet.

Penipuan ini sangat merugikan banyak orang, yang mana mengakibatkan kerugian hingga jutaan rupiah. Sebagai seorang blogger tentunya Anda tidak mau di tipu kan? Nah untuk itu, yuk sama-sama kita budayakan Blogger Anti Menipu.

3. Di Larang Merusak

Kerusakan di internet oleh orang tak bertanggung jawab juga tak kalah maraknya di banding penipuan. Jumlahnya pun juga tak kalah banyaknya, sehingga tidak mungkin bisa di hitung hanya menggunakan jari.

Contohnya banyak sekali peretasan terhadap situs-situs tertentu, yang dilakukan oleh orang tak di kenal asal-usulnya. Ini jelas merugikan bukan?

Contoh merusak lainnya adalah dengan sengaja membuat blog hanya untuk membuat konten-konten yang dapat merusak ahlak generasi muda Bangsa Indonesia ini. Konten tersebut seperti konten-konten dewasa, perjudian dan lain-lain.

4. Taat Kepada Kedua Orang Tua

Seorang blogger wajib taat kepada kedua orang tua. Selain mendapatkan pahala, taat kepada ayah dan ibu akan memperlancar urusan kita di dunia perbloggingan.

Mungkin Anda bertanya-tanya kok bisa sih urusan ngeblog jadi lancar gara-gara taat kepada orang tua?

Jadi begini.. selain mendapatkan Do'a dari mereka, dengan taat kepada ayah dan ibu, tentunya akan membuat orang tua Anda ridho memberikan uang jatah ke warnet atau pun jatah pulsa modem. Nah, kalau uang warnet atau modem lancar, bukannya kegiatan blog Anda jadi lancar? excellent kan? he he he..

5. Harus Sopan

Saya melihat banyak sekali kasus ketidak sopanan yang terjadi antara sesama blogger. Ini dapat di lihat dari nada komentar mereka yang terlalu keras, atau pun jawaban dari nada komentar tersebut yang bisa menyinggung.

Saya sering berkata bahwa blog itu ibarat rumah. Andalah pemiliknya, sedangkan pengunjung itu ibarat tamu Anda. Selayaknya pemilik rumah, tentu harus ramah kepada pengunjung bukan? Begitu juga sebaliknya, sebagai seorang tamu juga harus ramah kepada tuan rumah yang telah menjamu kita.

Maka dari itu, yuk mulai sekarang budayakan ramah kepada siapapun.

6. Copy Paste Konten Di Blog Lain Harus Izin pemiliknya dan Menyertakan Sumbernya

Sungguh tak di sangka jika tulisan saya ada yang mencopynya. Kaget saja sih, tulisan sederhana yang saya buat ada juga yang membutuhkannya.

Sebenarnya saya senang, Namun sayang sekali mereka tidak meminta izin kepada saya dulu apakah boleh atau tidak. Dan ketika saya memeriksa sampai bagian akhir artikel tersebut, yang ada justru membuat saya lebih kecewa lantaran tidak ada sedikitpun embel-embel tentang sumbernya.

Nah sahabat semua, mulai sekarang jauhilah perbuatan ini, karena ini sangat menyakitkan. Sebenarnya yang harus kita lakukan adalah berani menjiplak karya orang lain, harus berani juga menyertakan sumbernya.

Perlu Anda ketahui bahwa copas konten di blog lain, selain berakibat buruk di mata mesin pencari, berakibat buruk juga di mata pengunjung.

7. Harus Bisa Memberikan Manfaat


Apa yang akan disajikan dalam konten yang kita buat, hendaknya harus bisa memberikan manfaat, minimal untuk diri sendiri dan alangkah baiknya jika ternyata konten-konten tersebut dapat bermanfaat bagi banyak orang. Selain akan mendatangkan kebaikan dan pahala, membuat konten yang bermanfaat akan membantu memerangi kemiskinan ilmu yang terjadi di negara tercinta ini.

Satu yang harus kita tanamkan sebagai seorang blogger yang baik, bahwa jika kita berani mengusahakan agar artikel kita berada di barisan terdepan pencarian google, kita juga harus berani menyuguhkan konten yang memberi manfaat.

Demikian tulisan saya tentang pedoman yang harus di miliki oleh seorang blogger sejati. Jika Anda ingin menambahkan, silahkan di tambahkan di kotak komentar. Salam sukses untk kita semua..

2 komentar

trimakasih gan.. ane mau nyoba jadi blogger juga ah :D soalnya ane jurusan TKJ . dan masih newbie .. kalo ane butuh bantuan bisa kan..

@bagas kurniawan: ya sama-sama gan :) wah bagus tuh jurusan TKJ bisa menulis dan berbagi tentang jaringan kan? kalau butuh bantuan, boleh saja,, saya akan bantu sesuai kemampuan saya.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon