5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Mematikan Komputer Atau Laptop

Hai sahabat, merawat komputer agar tetap awet itu gampang-gampang susah. Gampangnya ya kalau kita tahu caranya, sedangkan susahnya yaitu ketika kita tidak tahu caranya. Bahkan, semua menjadi susah ketika kita tahu caranya, tapi tidak mau melaksanakannya dengan benar.

Dalam merawat komputer atau laptop, ada salah satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu cara mematikan komputer yang baik dan benar. Dengan mematikan komputer sesuai prosedur, ini dimaksudkan untuk meminimalisir kerusakan pada komputer dan laptop tersebut.


Namun sayang, banyak juga pengguna yang belum mengetahuinya, atau sudah mengetahuinya tapi enggan untuk menerapkannya. Sehingga, saya masih sering melihat pemilik komputer yang melakukan kesalahan saat mematikan komputer atau laptop miliknya. Padahal, kesalahan-kesalahan itu seharusnya kita hindari, bukan malah dilakukan terus-menerus.

Nah, ngomong-ngomong apa sih kesalahan yang sering terjadi saat mematikan komputer atau laptop? Yuk simak di bawah ini.


1. Mematikan dengan menekan tombol power


Kesalahan pertama saat mematikan komputer atau laptop adalah, banyak pengguna yang langsung menekan tombol power komputer/laptop mereka. Dalam kasus ini, ada sebagian yang memang belum tahu cara yang benar, tapi ada juga yang sudah tahu caranya, tapi tidak sabar menunggu proses mematikan yang butuh beberapa langkah lewat system operasi.


Perlu Anda ketahui, bahwa cara mematikan komputer seperti ini cukup beresiko bagi komputer/laptop Anda. Sebab, hard disk atau mainboard komputer atau laptop Anda bisa saja rusak karenanya.


2. Mencabut kabel power dari colokan listrik


Bagi Anda pengguna komputer desktop, maka kesalahannya adalah mencabut kabel power dari listrik PLN dengan maksud agar komputer Anda langsung mati. Perlu Anda ketahui bahwa hal ini juga cukup beresiko, sama seperti pada poin pertama bahwa hard disk dan mainboard bisa cepat rusak.

3. Tidak sabar menunggu


Kesalahan ketiga adalah banyak pengguna yang tidak sabaran untuk menunggu komputer atau laptop mereka benar-benar mati. Saya pernah melihat beberapa kali, ada pengguna yang langsung menutup laptop miliknya dan kemudian langsung membawanya pergi saat sedang proses shutting down.


Jangan lakukan cara ini, sebab jika laptop belum mati dan Anda langsung menutupnya, dikhawatirkan jika ternyata system komputer belum melakukan shut down akibat beberapa hal. Dan jika laptop Anda masih hidup, dan Anda langsung menyimpannya di dalam tas maka bahayanya adalah laptop Anda akan menjadi sangat panas dan beresiko cepat rusak.


4. Tidak menyimpan dan menutup program aplikasi lainnya terlebih dahulu

Kesalahan yang keempat adalah banyak pengguna yang tidak menyimpan dan menutup program aplikasi yang mereka buka terlebih dahulu. Banyak yang langsung mematikannya tanpa memperhatikan apakah ada program yang masih terbuka atau tidak, apakah ada pekerjaan yang belum tersimpan atau tidak? Dan pengguna pun langsung beraksi.



Padahal, jika ada pekerjaan yang belum tersimpan maka pengguna sendirilah yang akan rugi. Selain hasil pekerjaan, maka aplikasi yang masih dalam keadaan terbuka akan mengganggu proses shutting down komputer dan laptop, dan membuatnya lebih lama lagi untuk dimatikan. Jadi, periksa terlebih dahulu tentang pekerjaan dan aplikasi yang masih terbuka sebelum mematikan komputer.


5. Langsung mematikan saat baru saja dihidupkan


Yang kelima ini, banyak pengguna yang langsung mematikan komputer atau laptop mereka saat baru saja dihidupkan. Padahal, system dalam keadaan belum siap untuk dipakai, apa lagi untuk dimatikan. Akibat dari ini, sistem komputer akan menjadi lambat di shutting down.


Oleh karena itu seharusnya Anda menunggu terlebih dahulu agar sistem di komputer Anda benar-benar siap dipakai. Maksud siap dipakai, contoh: Short cut di desktop sudah muncul semua, terlihat ringan dipakai dan masih banyak lagi.


Nah sahabat, Anda sebagai pengguna yang baik, sudah seharusnyalah untuk menghindari kesalahan-kesalahan ini. Sebab, kesalahan-kesalahan inilah yang membuat komputer dan laptop Anda semakin cepat mengalami kerusakan.

Oke, saya rasa cukup sekian saja tulisan saya tentang kesalahan yang sering dilakukan saat mematikan komputer atau laptop, semoga bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, silahkan baca Cara mematikan komputer dan laptop di windows 7 Terima kasih...

2 komentar

saya paling sering melakukan no. 4. he he he

@iChal.Net he he he jadi mulai sekarang diperhatikan donk ya gan :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon