10 Tips Menjual Barang Secara Online

10 Tips Menjual Barang Secara Online-Hai sahabat, jika Anda memiliki barang yang akan dijual, sebaiknya tidak hanya dijual secara offline saja. Tapi, Anda bisa juga menjualnya secara online, dengan bantuan internet sebagai perantaranya. Dan tentunya, cara ini juga memiliki banyak kelebihan.

menjual barang online

Nah, untuk menjual barang di internet, Anda juga harus mengetahui tips menjual barang secara online yang saya tulis kali ini. Mungkin tips ini sangat sederhana. Tapi, ini dari pendapat berdasarkan pengalaman pribadi lo sahabat. Jadi jika ada kekurangan, mohon dimaafkan.

Baiklah, tak panjang lebar lagi inilah tips menjual barang secara online

1. Siapkan dulu barang yang pantas dijual

Tips yang pertama adalah, siapkanlah dulu barang-barang Anda yang kiranya pantas untuk dijual. Yang dimaksud pantas di sini adalah barang-barang yang baik, yang tentunya barang-barang halal yang boleh diperjual-belikan di negara republik Indonesia, tanpa melanggar hukum yang berlaku di Negara ini.

Contoh barang yang pantas seperti: Baju legal, dan lain-lain. Sedangkan contoh barang yang tidak pantas seperti: barang curian, barang ilegal, dan barang-barang lainnya yang dilarang keras diperjual-belikan. Sebab, dengan menjual barang yang terlarang maka Anda akan mendapatkan resiko yang cukup serius dari penegak hukum. Oleh karena itulah, Anda harus menjual barang yang halal ya sahabat..

2. Tetapkan harga yang pantas

Jika sebelumnya Anda telah menyiapkan barangnya, maka kini saatnya bagi Anda untuk menetapkan harga yang pantas untuk barang dagangan Anda tersebut. Untuk menetapkan harganya, Anda harus memperhitungkan modal Anda, dan Anda juga harus mengerti keinginan sebagian besar pembeli. Artinya, jangan menjual barang dengan harga yang mepet atau di bawah modal, sebab Anda bisa rugi. Begitu juga sebaliknya, jangan terlalu tinggi dalam mematok harga, sebab pembeli akan berfikir berkali-kali untuk membeli barang Anda.

Yang penting Anda harus bijak. Anda juga harus memposisikan diri Anda sebagai pelanggan, agar Anda bisa merasa apakah barang yang Anda jual terlalu mahal atau tidak. Sehingga Anda pun bisa menentukan seberapa pantaskah harga untuk barang yang Anda jual tersebut.

3. Pilih tempat/metode penjualan

Yang ketiga adalah Anda harus memilih tempat atau metode penjualan online yang Anda sukai, atau yang Anda kuasai. Untuk contoh metode penjualannya, seperti: menggunakan blog, website, membuat toko online sendiri, atau melalui situs penjualan online gratis seperti yang saya lakukan pada tulisan Dapat uang dari berjualan online? bisa kok!

Selain itu, Anda juga bisa menjual barang dengan menawarkannya secara langsung kepada teman-teman Anda di social media seperti facebook, twitter dan lain-lain. Dari banyaknya metode, Anda bisa memilih beberapa diantaranya, atau bisa juga menjalankan semuanya dengan syarat Anda juga harus menguasai semuanya. Dan jika ternyata Anda tidak bisa, untuk itulah Anda harus memilih metode mana yang paling sesuai dengan Anda.

4. Beritahukan sifat-sifat barang secara lengkap

Agar calon pembeli tertarik terhadap barang yang Anda jual, maka Anda harus menjelaskan sifat-sifat barangnya secara lengkap, jelas, dan sedetail mungkin. Dengan memberitahukan sifat barang secara lengkap, ini dimaksudkan agar pembeli merasa yakin bahwa barang Anda adalah yang mereka cari.

Untuk menjelaskan sifat-sifat barang, Anda juga harus menjelaskan apa adanya, dan tidak melebih-lebihkan tentang sifat barang tersebut. Sebab jika Anda menjelaskannya secara berlebihan, dikhawatirkan pelanggan Anda akan kecewa setelah membeli barang Anda, yang dinilai tidak sesuai dengan apa yang Anda katakan.

5. Sebutkan juga kekurangan barang

Dalam menjual barang secara online, tidak selamanya Anda memiliki barang yang selalu bagus dan tanpa adanya cacat. Ini berlaku bagi barang apapun, baik barang baru maupun bekas. Nah, terkadang barang yang Anda jual juga akan ada yang sobek, retak, tergores, atau mengalami cacat-cacat yang lainnya.

Maka dari itu, Anda harus menyebutkan cacat-cacat barang dagangan Anda jika ada. Maksudnya supaya apa? ya supaya pelanggan tidak merasa ditipu, kecewa dan kesal setelah barang yang Anda kirim sampai di rumah mereka.

Ingat, dengan menyebutkan kekurangan barang, itu tidak menurunkan sedikitpun derajat dari barang Anda. Justru dengan begitu, akan menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda adalah penjual yang jujur dan dapat dipercaya.

6. Berikan kontak dan informasi tentang diri Anda dengan benar

Tips menjual barang secara online yang keenam adalah Anda harus memberikan kontak dan data diri Anda dengan benar, sesuai yang tertera di KTP Anda. Hal ini jangan sampai Anda acuhkan. Sebab dengan memberikan kontak dan data diri Anda secara jujur, akan menambah kepercayaan pelanggan kepada Anda sebagai penjual. Ini bukan masalah kepercayaan calon pembeli terhadap barang lagi, tapi lebih kepada Anda, yaitu orang yang mengaku sebagai pemilik barang tersebut.

Pernahkah Anda merasa ragu ketika akan membeli barang secara online? Pernahkah Anda merasa takut tertipu saat akan membeli barang di internet? Jika iya, maka seperti itulah perasaan calon pembeli Anda, jika Anda tidak menginformasikan siapa diri Anda secara terbuka.

Maka dari itu, seperti yang saya sarankan Anda pun harus memberitahukan kepada pelanggan tentang siapa Anda, tinggal di mana, dan informasi lainnya dengan benar. Jika diperlukan, Anda harus menyertakan scan KTP asli Anda untuk lebih meyakinkan lagi.

7. Promosikan dagangan Anda

Agar dagangan Anda diketahui banyak orang, maka Anda perlu mempromosikannya. Tentu Anda juga tahu, bahwa semakin banyak orang yang melihat jualan Anda, maka peluang terjadinya pembelian pun semakin besar. Selain itu dengan melakukan promosi, ini dimaksudkan untuk menarik minat pelanggan, meskipun sebelumnya mereka tidak berniat membeli barang Anda.

Dan untuk berpromosi, ada banyak sekali caranya. Anda bisa mempromosikan dagangan Anda melalui situs social media, seperti yang telah saya sebut sebelumnya. Atau, Anda juga bisa mempromosikan link tulisan Anda melalui group-group di BBM (blackberry messenger) misalnya. Yang jelas, semakin banyak dan semakin sering Anda berpromosi, itu semakin bagus.

8. Berkomunikasi dengan baik kepada pelanggan

Hal yang pasti akan terjadi jika Anda menjual barang secara online adalah, Anda akan mendapatkan banyak pertanyaan dari calon pembeli Anda, tentang dagangan Anda atau hal lainnya yang perlu mereka tanyakan. Nah, ini kesempatan bagi Anda untuk membuktikan bahwa Anda adalah orang yang serius menjual barang Anda.

Bagaimana cara membuktikannya? Ya Anda harus berkomunikasi sebaik mungkin dengan mereka. Sebisa mungkin jawablah pertanyaan mereka dengan baik, dan berikan respon secepat mungkin terhadap pertanyaan mereka yang mungkin datang melalui telvon, sms atau email. Jangan lupa gunakan bahasa dan penjelasan yang mudah dimengerti oleh pelanggan Anda.

Untuk berkomunikasi dengan baik, tidak hanya sebatas pada penjelasan yang mudah dimengerti dan kecepatan respon Anda saja. Tapi, etika bercakap juga harus diperhatikan. Misalnya ketika Anda berkomunikasi dengan orang yang lebih tua dari Anda, ya Anda harus bersikap lebih sopan, dan jangan menyamakan jika Anda bercakap kepada orang yang lebih muda dari Anda.

Dengan komunikasi yang baik kepada pelanggan, ini akan menaikkan kepercayaan mereka terhadap Anda. Dengan demikian, akan terjalin hubungan yang lebih akrab lagi, dan manfaatnya akan bisa Anda rasakan untuk jangka panjang. Sebab bukan mustahil jika mereka senang kepada Anda, mereka akan menjadi pelanggan setia Anda. Benar kan?

9. Pilihlah jasa pengiriman barang yang baik

Hal yang tak kalah pentingnya saat berjualan online adalah, Anda harus memilih jasa pengiriman barang yang baik. Jasa pengiriman yang baik itu ya harus cepat, tepat dan melayani pelanggan dengan sebaik mungkin. Dengan memilih jasa pengiriman yang baik, maka itu adalah upaya untuk memperkecil terjadinya kekecewaan pelanggan akibat pengiriman yang lambat, atau pengiriman yang tidak sampai tujuan.

Memilih jasa pengiriman barang yang baik, menurut saya sangatlah penting. Sebab banyak sekali kasus pelanggan yang marah, komplain dan kecewa akibat barang yang dikirim terlalu lama. Oleh karena itu, saya ingatkan sekali lagi Anda harus jeli memilih jasa pengiriman barang mana yang paling baik.

10. Beri perhatian lebih terhadap pelanggan Anda

Tips yang terakhir adalah Anda harus memperhatikan pelanggan Anda, meskipun uang telah sampai di tangan Anda. Bentuk perhatian tersebut bisa Anda buktikan melalui kontrol kepada pelanggan, dengan bertanya tentang barangnya sudah sampai atau belum, tentang kepuasan mereka terhadap barang Anda, dan lain-lain.

Dengan memberikan perhatian lebih kepada mereka, ini akan menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang bertanggung jawab dan peduli. Dengan demikian, pelanggan akan merasa puas terhadap apa yang Anda jual ataupun dari pelayanan Anda yang baik.

Sahabat, jika tips-tips ini diterapkan dengan sabar, maka bukan mustahil Anda akan memperoleh penjualan yang cukup baik dari barang Anda. Intinya adalah, buatlah pelanggan selalu percaya terhadap barang Anda, percaya kepada Anda, dan juga puas terhadap pelayanan Anda. Insya Allah Anda akan memperoleh keuntungan berlipat lagi.

Baiklah, cukup sekian tulisan saya tentang 10 Tips menjual barang secara online, semoga bermanfaat bagi Anda. Silahkan berbagi jika Anda memiliki pengalaman tentang penjualan online atau bisnis online lainnya. Terima kasih...

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon