Mengapa Komputer Jadi Eror/Ngeblank Untuk Membuka Video Dan Game Berat?

Hai sahabat, kali ini saya akan membuat tulisan tentang sebuah jawaban, dari pertanyaan sahabat +arie toel Pada tulisan saya ciri-ciri memory komputer dan laptop yang bermasalah. Sahabat arie menanyakan tentang mengapa komputer menjadi eror dan ngeblank saat digunakan untuk nonton film dan main game berat?

Jadi, yang sahabat arie alami adalah ketika komputernya dipakai untuk bermain game yang berat, atau digunakan nonton video/film yang ukurannya besar maka komputer tersebut menjadi eror dan layar monitor menjadi hitam. Padahal, kotak komputernya masih menyala dengan normal.

Nah, jadi untuk sahabat arie toel dan semuanya, maka saya katakan bahwa yang namanya masalah pada komputer itu bisa jadi mengalami gejala yang sama, tetapi penyebabnya bisa saja berbeda.

Untuk contohnya seperti: Komputer A dan komputer B hidup, tapi layar sama-sama tidak mau menampilkan apa-apa. Memang terlihat sama-sama ngeblank, tapi penyebabnya belum tentu sama. Sebab bisa jadi komputer A mengalami masalah pada memory, sedangkan komputer B adalah VGA Cardnya yang bermasalah.

Untuk itu, saya tidak bisa langsung memfonis suatu kerusakan komputer dengan fonis-fonis yang pasti. Dan untuk mengatasi masalah-masalah komputer yang seperti itu, biasanya saya lakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap satu persatu komponen di dalam komputer untuk mengetahui manakah komponen yang menjadi penyebab adanya suatu masalah.

Memang cukup sulit menganalisa kerusakan sebuah komputer. Apa lagi masalah komputer yang ditanyakan tidak bisa saya periksa secara langsung. Oleh karena itu, saya tidak bisa menjawab secara pasti mengenai penyebab komputer menjadi eror jika digunakan bermain game seperti yang dialami sahabat Arie toel tadi.

Namun demikian, berdasarkan sedikit ilmu yang saya miliki, saya akan mencoba menjelaskan kepada Anda berdasarkan pengalaman, tentang apa yang dialami sahabat arie. Dan untuk menjawab itu, saya akan memberitahukan kepada Anda apa penyebabnya berdasarkan dua hal. Yang pertama adalah masalah software, dan yang kedua dari segi hard ware.

Baiklah, tak panjang lebar lagi inilah penyebab komputer menjadi eror/ngeblank saat dipakai bermain game berat.

Berdasarkan Software

1. Driver VGA Card yang tidak terinstal dengan baik

Yang pertama adalah masalah driver VGA yang tidak terinstal. Ya, mungkin terdengar sepele. Tapi berdasarkan fakta bahwa driver VGA yang tidak terinstal akan sangat berpengaruh terhadap tampilan di monitor. Sebab tanpa adanya software driver, maka VGA Card Anda sama saja tidak berfungsi. Dan berdasarkan pengalaman, dari VGA yang tidak terinstal juga bisa membuat layar monitor menjadi blank saat dipakai membuka game yang beresolusi tinggi.

Dalam beberapa kasus, driver VGA juga bisa hilang akibat virus. Jadi untuk mengatasi masalah-masalah ini, silahkan Anda instal dulu driver VGA Cardnya dengan sempurna menggunakan driver yang sesuai. Setelah itu restart komputer dan lihat hasilnya. Jika tetap blank saat menonton video berat, kemungkinan bukan itu masalahnya.

2. Sistem operasi yang tidak sesuai dengan hard ware komputer

Yang kedua adalah masalah sistem operasi. Jika sistem tidak sesuai dengan spesifikasi komputer Anda, maka akan sangat membebani kinerja komputer itu sendiri. Dan jika digunakan bermain game atau menonton film yang berat, bisa saja komputer Anda menjadi blank akibat crash yang terjadi pada sistem di komputer Anda.

Pemilihan sistem operasi yang tidak tepat bisa saja terlalu tinggi, atau sebaliknya. Misalnya komputer pentium 4, Anda paksakan menggunakan windows 9. Tentu ini terdengar lucu. Dan sebaliknya komputer dengan prosesor Core I7, Anda gunakan windows XP 1. Yang ini juga tidak kalah lucunya.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, coba instal system komputer Anda dengan menyesuaikan hardware komputer tersebut. Jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri, maka lebih mudahnya mintalah bantuan kepada teknisi komputer di daerah Anda.

3. Pengaturan resolusi layar yang tidak sesuai

Masalah selanjutnya adalah pengaturan resolusi layar yang tidak sesuai dengan monitor Anda. Jadi saya jelaskan bahwa setiap layar monitor, memiliki resolusi yang berbeda-beda sesuai dengan ukurannya masing-masing. Nah, sedangkan contoh pengaturan yang tidak sesuai yaitu ketika sebenarnya monitor Anda beresolusi 1024x765, tapi Anda malah mengaturnya dengan resolusi yang jauh lebih tinggi atau lebih rendah.

Untuk melihat berapa resolusi monitor Anda, silahkan lihat bagian belakang monitor tersebut. Biasanya ada stiker putih atau tanpa stiker yang menginformasikan tentang resolusi monitor tersebut. Setelah Anda mendapatkan informasi tentang resolusi monitor Anda, silahkan rubah resolusi pada sistem operasi Anda sesuai dengan yang tertera pada monitor.

Berdasarkan Hardware

1. Spesifikasi komputer terlalu rendah

Salah satu penyebab komputer eror saat bermain game berat adalah, masalah spesifikasi komputer yang terlalu rendah. Maksudnya, terlalu rendah di sini adalah lebih rendah dari pada game komputer yang Anda mainkan.

Spesifikasi komputer milik sahabat arie toel adalah prosesor AMD FX6100, ram 4GB, dan VGA 2GB. Saya rasa spesifikasi tersebut cukup bagus untuk bermain game. Tapi, jika game Anda adalah game yang sangat berat dengan ukuran 4GB ke atas, saya rasa spesifikasi komputer tersebut terlalu berat untuk memainkannya.

Oleh karena itulah saya katakan bahwa sangat penting menyesuaikan game apa yang Anda mainkan, dengan spesifikasi komputer Anda. Sebab jika game atau film yang Anda putar terlalu berat, maka bukan mustahil komputer Anda menjadi hank.

Nah, untuk mengetahui sebuah game yang tidak sesuai dengan komputer Anda, biasanya ketika game di buka, akan menampilkan pesan "warning". Pesan warning tersebut memberitahukan bahwa mungkin memory Anda yang terlalu kecil, prosesor yang terlalu jadul atau VGA Anda yang belum memadai. Namun, bukan berarti ketika Anda tidak mendapatkan pesan tersebut berarti komputer Anda aman-aman saja lo ya, Anda masih harus mencari tahu lebih jauh.

Jadi yang harus Anda lakukan adalah mencari informasi tentang game milik Anda tersebut di internet. Dan informasi yang harus Anda dapatkan adalah tentang minimal spesifikasi komputer yang bisa untuk memainkan game tersebut.

Misalnya, standar memory harus berapa, VGA harus berapa, prosesor harus yang tipe berapa dan lain-lain. Nah, ketika Anda mendapati bahwa game Anda ternyata tidak bisa digunakan pada komputer yang hanya menggunakan RAM 4GB misalnya, maka jangan memaksakannya. Berarti Anda harus menambah memori Anda terlebih dahulu.

2. Prosesor bermasalah

Prosesor yang mulai mengalami masalah, akan membuat komputer Anda tersendat-sendat, lambat dan eror saat komputer digunakan termasuk bermain game. Dan bisa saja ketika Anda bermain game terlalu berat, akan sangat memberatkan prosesor Anda sehingga memperparah kondisi komputer.

Masalah pada prosesor juga bisa disebabkan oleh panas yang terlalu berlebihan pada prosesor tersebut. Biasanya panas berlebihan juga diakibatkan oleh debu yang menutupi heatsink, atau akibat kipas yang perputarannya tidak normal. Nah, ketika komputer digunakan untuk hal-hal yang berat, jelas prosesor tidak mampu akibat panas yang berlebih tadi. Ingat, semakin besar aplikasi yang dijalankan di komputer, maka semakin panas sebuah prosesor akibat beban kerja yang semakin bertambah.

Untuk mengatasi masalah ini, silahkan periksa kipas dan heatsink Anda. Jika heatsink kotor silahkan dibersihkan. Jika kipas tidak normal silahkan diganti. Tapi jika heatsink bersih dan kipas normal komputer masih bermasalah, silahkan coba ganti prosesor Anda dengan yang lainnya.

3. VGA yang bermasalah

Saya pernah mendapatkan kasus pada laptop Acer AMD 4535, yang langsung tidak ada tampilan atau hanya hitam di layar saat membuka video. Padahal, video atau film yang saya putar adalah video yang cukup ringan. Cek percek setelah saya periksa lebih lanjut, ternyata chipset VGAnya lah yang mulai rusak.

Dari kasus tersebut, dapat disimpulkan bahwa VGA Card yang bermasalah pada komputer desktop, juga bisa saja menjadi penyebab hitamnya layar monitor jika digunakan untuk main game atau menonton film.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, silahkan cabut dan bersihkan VGA card komputer Anda. Sebab bisa jadi kotoran adalah penyebabnya. Jika setelah dibersihkan ternyata komputer masih bermasalah, coba ganti dengan VGA lainnya.

4. Memory/RAM mulai bermasalah

Jika memori komputer Anda bermasalah atau telah kalah, maka bisa juga berakibat hilangnya tampilan di monitor komputer Anda. Padahal seperti kasus sebelumnya, bahwa komputer tampak menyala normal dan lampu power pun terlihat tidak ada masalah. Dan kadang kala ketika komputer dimatikan beberapa saat, akan bisa normal kembali saat dihidupkan.

Jadi, bisa diambil kesimpulan bahwa ada kemungkinan memory Anda bermasalah jika tiba-tiba eror/ngeblank saat main game. Memory komputer yang bermasalah, ada banyak juga penyebabnya. Dan untuk mengetahuinya silahkan baca Cara Mengatasi Memory/ram laptop yang bermasalah.

Namun jika setelah Anda lakukan perbaikan pada memori komputer dan tetap saja bermasalah, coba ganti dengan memory yang lain. Namun jika setelah diganti masih juga ngeblank saat main game, berarti Anda harus bersabar dulu untuk tidak bermain-main dengan game komputer Anda tersebut.

Dan mungkin, jika semua tips dan cara diatas tidak ada yang berhasil, sebenarnya masih ada cara yang paling ampuh untuk mengatasi komputer blank. Caranya bagaimana? Ya ganti saja komputer Anda dengan yang terbaru he he

Nah sahabat, cukup sekian tulisan saya tentang "mengapa komputer desktop eror/ngeblank saat dipakai bermain game berat dan menonton film?". semoga bermanfaat bagi Anda. Jika ada pertanyaan seputar artikel ini, atau ingin sekedar menambahkannya, silahkan melalui kotak komentar. Terima kasih...

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon