Manfaatkan Pertanyaan Pengunjung Blog Sebagai Inspirasi Membuat Artikel

Hai sahabat, dalam aktifitas blogging, yang paling sering blogger alami adalah masalah kehabisan inspirasi untuk membuat artikel. Nah, jika berurusan dengan stuck alias buntu, tidak bisa dipungkiri bahwa semua blogger pernah mengalaminya. 

Sebelumnya saya telah membuat tulisan tentang kehabisan inspirasi membuat artikel blog itu biasa!. Pada tulisan tersebut, saya menceritakan bahwa saya sendiri sering mengalami masalah ini. Bahkan hingga sekarang pun, kehabisan ispirasi untuk membuat tulisan masih sering saya alami.

Namun, semakin saya berlatih, maka semakin hari mulai bisa sedikit mengatasi masalah ini. Tentunya, tidak seperti dulu-dulu lah, yang jika kehabisan inspirasi sampai berhari-hari.


Nah, salah satu cara saya mengatasi kebuntuan saat membuat tulisan adalah dengan memanfaatkan pertanyaan dari pengunjung di blog saya. Loh kok bisa? Iya, pertanyaan tersebutlah yang menginspirasi saya sehingga ingin menjawabnya dengan panjang lebar melalui sebuah tulisan. Dalam artian, pertanyaan pengunjung yang butuh jawaban panjang, akan saya buatkan jawabannya dalam bentuk tulisan.

Anda, sebagai seorang blogger pasti akan mendapatkan berbagai pertanyaan dari pengunjung di blog Anda. Tentunya, pertanyaan yang mereka tanyakan adalah seputar topik blog Anda, atau hal yang berkaitan dengan tulisan Anda. Dan bahkan, bukan mustahil juga akan ada saja pertanyaan yang tidak berhubungan sama sekali dengn tulisan ataupun topik blog Anda.


Nah, dari pertanyaan-pertanyaan itulah Anda bisa menjadikannya sebuah inspirasi untuk membuat artikel di blog Anda. Tapi, bagaimana caranya? Silahkan baca di bawah ini.


1. Pahami pertanyaan pengunjung
 
Langkah pertama adalah Anda harus memahami apa yang pengunjung Anda tanyakan. Kemudian setelah Anda memahami maksud dari pertanyaanya, Anda harus membuat tulisan untuk menjawabnya. Intinya jadikan jawaban Anda sejelas dan sedetail mungkin, agar pengunjung Anda mengerti dan paham atas jawaban Anda.

Saya yakin, untuk menjawab sebuah pertanyaan itu terkadang tidak bisa hanya dijawab dengan satu dua buah kalimat. Untuk itulah sangat penting menjelaskannya panjang lebar kepada mereka melalui tulisan Anda.
 
Ya, meskipun mungkin Anda bisa menjawab pertanyaan mereka dengan beberapa kata saja, tapi sebisa mungkin kembangkanlah beberapa kata itu hingga menjadi tulisan utuh. 


2. Berikan penjelasan di artikel Anda bahwa itu adalah sebuah jawaban
 
Langkah kedua adalah Anda harus menuliskan satu kalimat di awal artikel Anda, bahwa artikel tersebut adalah jawaban kepada salah satu pengunjung blog Anda. Jangan lupa sebut penanya, dan berikan link ke google+ nya jika diperlukan. Ini dimaksudkan agar penanya senang dan merasa dihargai oleh Anda. Selain itu, cara ini juga bisa memancing pengunjung lain untuk turut bertanya sesuatu kepada Anda.

Dengan membuat tulisan sebagai jawaban, ini juga akan memberikan kesan bahwa Anda adalah orang yang ahli di bidang Anda. Dan semakin Anda terlihat professional, pengunjung Anda akan tergila-gila kepada Anda. Ya, walaupun kenyataanya belum tentu seperti itu he he he..

3. Balas pertanyaan pengunjung Anda, dengan memberikan link menuju tulisan Anda
 
Maksud poin ketiga ini adalah Anda harus menjawab pertanyaan pengunjung sebelumnya, yang menjadi inspirasi untuk tulisan Anda itu. Kemudian berikan link pada tulisan yang telah Anda buat sebagai jawaban dari pertanyaan mereka.

Untuk contohnya seperti ini: jika ada pengunjung yang bertanya pada tulisan Anda "cara mendapatkan uang dari blog". Nah, kemudian pengunjung itu bertanya begini, "gan kalau dapat uang dari youtube gimana caranya?"


Nah, dengan pertanyaan tersebut Anda bisa menjawabnya dengan singkat saja, (disertai link). Contohnya seperti ini: "caranya gampang gan, tinggal "kerja sama" dengan google adsense aja.. untuk lebih jelasnya silahkan baca di link ini (link ke tulisan yang baru Anda buat tentang cara dapat uang dari youtube". Setelah itu, selesai!


Contohnya seperti pada gambar di bawah.

memanfaatkan pertanyaan pengunjung

Kabar baiknya, cara ini akan membuat page view blog Anda semakin meningkat. Kok bisa? Bisa! Sebab pengunjung lain juga akan tertarik untuk membaca link pada artikel yang Anda bagikan itu. Semakin banyak yang tertarik, bukannya page view akan meningkat? betul atau benar?

Baca juga: Kalau niat berbagi lewat blog, buka dulu tab ini

Perlu Anda ketahui, bahwa saya melihat ternyata banyak juga para blogger senior yang melakukan cara ini. Mereka membuat jawaban dari sebuah pertanyaan, kemudian membagikan link jawaban tersebut di komentar.


Nah, kita sebagai blogger newbie alias pemula, tentunya harus mencontoh blogger yang telah sukses agar kita menjadi sukses seperti mereka.


Kesimpulan dari tulisan ini adalah bahwa untuk membuat artikel, Anda bisa memanfaatkan sebuah pertanyaan dari pengunjung untuk menjadi inspirasi Anda. Bahkan pertanyaan pengunjung ini tidak hanya pada blog Anda sendiri saja, tapi Anda boleh mengambil pertanyaan pengunjung di blog tetangga untuk Anda jadikan inspirasi.

Demikian tulisan saya tentang manfaatkan pertanyaan pengunjung blog untuk membuat sebuah artikel, semoga bermanfaat... Sukses untuk kita..!!!

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon