Kalau Mengganti Memory/Ram Komputer, Apakah Menghilangkan Program Yang Sudah Ada?

Barusan saya berkunjung ke yahoo answer bagian komputer dan internet. Saya mendapati ada seseorang yang bertanya persis seperti ini "Apakah mengganti RAM pada PC akan menghilangkan program-program yang sudah ada?". Nah, dari pertanyaan itu, saya buatkan jawaban melalui artikel ini berdasarkan pengalaman saya selama ini.

Sebelumnya saya anggap wajar kalau seseorang yang belum pernah mengganti memori atau ram komputer bertanya seperti itu. Kan memang  lebih bagus bertanya dulu sebelum bertindak agar tidak terjadi sesuatu yang mengerikan setelah itu.

Nah, untuk masalah mengganti memori komputer pc atau pun laptop, saya rasa tidak akan berpengaruh terhadap program aplikasi yang sebelumnya sudah ada di komputer atau laptop Anda. Saya sudah mengganti banyak sekali memori pada komputer atau laptop. Bahkan dari berbagai jenis memori. Ada ddr 1, ddr 2, dan ddr 3. Tapi Alhamdulillah, penggantian memori atau menambah memori pada komputer dan laptop yang saya lakukan tidak pernah menghilangkan data dan aplikasi yang ada di komputer itu sedikitpun.

Mengapa tidak berpengaruh terhadap program dan data?

Karena program dan data tersimpan di dalam hard disk. Nah, sedangkan memori kan hanya berfungsi untuk menyimpan data yang dibuka  untuk sementara waktu saja. Kalau komputer dimatikan, maka data di memori dikembalikan ke dalam hard disk lagi. Bergitu bahasa gampangnya.

Kalau pun ada data yang hilang setelah penggantian memori/ram pada komputer Anda, itu bukanlah akibat memori yang diganti tersebut. Bisa jadi akibat virus, bisa jadi akibat salah hapus dan lain-lain. Dan jangan pernah mengkait-kaitkannya dengan penggantian memori yang barusan Anda lakukan.

Jadi, jangan ragu lagi untuk mengganti memori komputer atau laptop Anda. Tapi pesan saya, gantilah memori komputer atau laptop Anda dengan yang sesuai ya sobatku.. Karena kalau tipenya tidak sesuai, ya tidak bisa dicolok di socketnya. Kalau tidak bisa dicolok, bagaimana bisa digunakan?.. :)

Ya sudah, demikian tulisan singkat ini, semoga ada manfaatnya untuk Anda.. Monggo kalau ada yang ingin ditanyakan, silahkan layangkan lewat komentar...

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon