Tidak Bisa Membuka Task Manager, Regedit, MSconfig dan CMD? Atasi Dengan Smadav

Tags

Banyak yang mengalami kasus di komputer atau laptopnya bahwa: taskt manager, registry editor, msconfig, dan Command prompt tidak bisa dibuka. Waduh, bagi orang-orang yang sering menggunakan 4 "windows tools" tersebut pastilah bakal pusing. Sekarang yang jadi pertanyaan adalah, kenapa tidak bisa dibuka? Menurut saya ada dua kemungkinan penyebabnya. Kalau bukan sengaja dikunci oleh pengguna kompputer sendiri, ya berarti akibat ulah virus yang nakal.

Nah, jika keempat elemen penting yang telah saya sebutkan tadi tidak bisa dibuka, itu bisa gawat saudaraku. Sebab 4 tools tersebut memiliki fungsi yang sangat vital. Berikut sedikit penjelasannya

1. Salah satu fungsi Task Manager

Kita bisa menggunakan tools ini untuk banyak kepentingan yang salah satunya adalah untuk mengecek program aplikasi apa saja yang sedang berjalan, dan kita bisa mematikan aplikasi yang terhenti (dalam artian tidak merespon lagi) jika di-klik. 

2. Registry Editor

Sedangkan registry editor, adalah tempatnya settingan-settingan sistem operasi windows beserta aplikasi yang ada di dalamnya. Kita bisa memanfaatkannya untuk mengotak-atik windows, misalnya: mempercepat shutdown, mengurangi efek-efek windows, dan masih banyak lagi hanya lewat registry editor tersebut.
 
3. MSconfig

Sekarang System Configuration Utility (MSconfig) ini juga sangat penting. Salah satunya bisa digunakan untuk mengatur startup windows, mengatur booting, dan lain-lain. 
 
4. Command Promt

Yang terakhir adalah Command Promt (CMD). Aplikasi ini bisa dibilang sangat-dangat penting, sehingga tidak kalah pentingnya dengan ketiga aplikasi di atas. CMD menggunakan bahasa DOS, atau bahasa perintah-perintah yang digunakan untuk banyak sekali keperluan. Dengan CMD, kita bisa memindahkan sebuah file dari satu tempat ke tempat lainnya, menghapus sebuah file, mengetahui ip dari komputer, mengecek koneksi jaringan internet, dan masih banyak lagi kegunaannya tanpa kita harus mengeceknya lewat windows. Bahkan, kita bisa melakukan semua yang telah saya sebut tersebut hanya menggunakan keyboard saja, tanpa menggoyangkan mouse kita.

Nah, sekarang kita sudah mengetahui sedikit fungsi dari TASK MANAGER, REGISTRY EDITOR, MSCONFIG DAN CMD. Terus apa jadinya jika semua aplikasi tersebut tidak bisa dibuka? Tentunya akan sangat sulit bagi kita untuk bekerja. Misalnya saja saya ini kan teknisi Internet. Nah, kalau CMD tidak bisa dibuka, otomatis saya akan kesulitan jika ingin mengecek nilai ping dari koneksi internet milik pelanggan. Itu baru soal ping. Belum lagi mengecek berapa ip wifi dll.

Untuk itulah, diperlukan sedikit tips dan trik komputer untuk mengatasi masalah Task manager, Regedit, MSconfig dan CMD yang tidak bisa dibuka di windows tersebut. Berikut langkah demi langkah mengatasinya.

1. Karena sesuai judul, kita akan menggunakan smadav. Untuk itu, silahkan instal smadav di komputer sobat dulu ya..

2.  Langkah selanjutnya, Buka smadav, kemudian klik tab tools di sebelah kiri, klik lagi tab Win-Force yang ada di atas. 



Nah, silahkan lihat, pada kotak biru yang saya tunjuk dengan panah nomor 3 di atas terdapat tombol task manager, MS-command promt (cmd), Registry Editor (Regedit), dan Sistem Configuration Utility (MSConfig). Silahkan klik pada tombol yang Anda inginkan. Insya Allah akan bisa terbuka dengna lancar tanpa adanya halangan lagi.

Setidaknya saya telah membuktikannya ya sobatku.  Kalau pun Anda gagal, saya mohon maaf. Karena bisa jadi komputer kita berbeda..

Oke deh, demikian tulisan singkat ini, semoga ada manfaatnya untuk Anda. Wassalamualaikum...

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon