Laptop Saya Tidak Bersuara dan Icon Speaker Ada tanda Merah! Ada apa ya?

Hai sobat palucomputer, pagi ini saya ingin berbagi lagi tentang artikel komputer yang ringan-ringan saja. Ingat, ini artikel ringan yang khusus untuk pemula. Bagi yang sudah mahir, mendingan segera close tulisan ini dari pada harus nyinyir lewat komentar.. :)

Nah, yang akan saya bagikan kali ini adalah tentang bagaimana cara mengatasi laptop yang tidak bersuara, atau laptop yang tiba-tiba tidak berbunyi lagi. Ceritanya laptopnya menggunakan windows 7 ya gaes, dan saat laptop tidak bersuara lagi, icon speaker yang di pojok kanan bawah layar itu muncul tanda merah seperti gambar berikut ini.

laptop tidak bersuara

Kira-kira apanya ya kalau seperti itu masalahnya?

Oke, jadi kemungkinan besar penyebabnya adalah: Speaker laptop dimatikan lewat sistem baik secara sengaja atau tidak. Buktinya, kalau pointer mouse diarahkan ke icon speaker itu maka akan muncul pemberitahuan Speakers: Muted seperti gambar berikut ini.

speaker laptop mati

Apakah benar di laptop Anda juga begitu? Jika iya, berarti memang benar bahwa speaker laptop Anda sedang tidak aktif. Mungkin Anda tidak sengaja memencet tombol di keyboard yang berfungsi mematikan speaker laptop, atau mungkin ada orang lain yang memakai laptop Anda dan asal melakukan klik sampai laptop Anda tidak bersuara lagi akibat speaker yang non aktif.

Nah, sekarang bagaimana mengatasi speaker laptop tidak bersuara ini? Gampang sobat.. yuk, ikuti langkah-langkahnya berikut ini..

Langkah mengaktifkan Speaker laptop di Windows 7

1. Pertama, klik pada icon speaker seperti panah 1. Kemudian klik lagi icon speaker biru seperti panah 2 untuk meng- Unmute speakers supaya menjadi aktif kembali.

memperbaiki speaker laptop mati

2. Nah, sekarang speaker sudah aktif kembali.. Tidak ada lagi tanda merah pada icon speaker..

speaker laptop aktif

Sekarang silahkan dites dulu laptopnya ya gaes.. Pakai dengar musik, film dll..

Saya yakin, laptop Anda pasti bisa berbunyi lagi. Tapi, kalau belum berbunyi juga, coba instal driver sound laptopnya..Siapa tau drivernya terkena virus, atau memang berlum terinstal.

Baca juga:  Penyebab Laptop tidak ada suara Setelah instal ulang Windows 7

Oke deh kalau begitu, demikian tulisan tentang laptop yang tidak bersuara pada windows 7. Semoga artikel ini bisa membantu.. Kalau ada pengalaman, jangan sungkan berbagi lewat komentar.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon