Data Center dengan Berbagai Layanan

Data center adalah sebuah fasilitas yang digunakan untuk menyimpan segala bentuk data yang diberikan keamanan yang tinggi untuk menghindari kejahatan dalam sistem komunikasi. Fasilitas ini menempatkan sistem komputer dan komponennya terkait sistem telekomunikasi dan penyimpanan data yang bersifat rahasia. Di banyak terdapat jasa center yang menawarkan ruangan untuk meletakkan perangkat dalam skala yang besar, baik untuk menyimpan informasi, aplikasi perusahaan, data perusahaan, dan tentunya ini harus berlangsung dalam ruang yang besar. Salah satunya adalah data center  yang menyimpan berbagai data dalam skala yang besar. Jasa data center ini harus didukung dengan adanya sarana gedung yang tinggi karena memang jaringan ini harus berlangsung dalam skala yang besar dan luas. Selain itu, harus diakses oleh banyak orang.

data center indonesia

Kebutuhan akan data center semakin meningkat seiring dengan kemajuan teknologi yang telah mengarah pada adanya basis big data mining. Tidak banyak yang mengetahui jasa layanan apa saja yang ditawarkan oleh data center. Padahal beberapa jenis layanan yang ditawarkan dari data center ini sangatlah penting untuk diketahui. Beberapa layanan yang ditawarkan dari data center adalah co-location data center, disaster recovery services, jasa managed services, dan dedicated server. Layanan-layanan ini disediakan untuk memberikan fasilitas yang baik bagi pengguna. Selain itu, layanan ini juga diberikan untuk menjaga keamanan data. 

Layanan co-location data center dimaksudkan untuk memberikan penyewaan ruang server beserta infrastrukturnya, baik berupa sistem telekomunikasi, perusahaan jasa aplikasi online, perusahaan teknologi informasi dan masih banyak lagi. Layanan berikutnya adalah disaster recovery services. Layanan ini merupakan sebuah layanan yang menyediakan jasa untuk memperbaiki jika terjadi gangguan IT. Jadi, layanan ini dapat memperbaiki IT yang bermasalah karena berbagai penyebab. Padalayanan ini bisa dilakukan back up data yang dapat diakses dengan mudah dimana pun kapan pun. Bahkan, Anda juga bisa melakukan back up data ketika berada di kantor karena memang ini sudah disediakan oleh provider data center .

Layanan berikutnya adalah jasa managed services. Layanan ini merupakan sebuah layanan yang menangani masalah jaringan hingga memberikan keamanan server dan jaringan. Tentu saja ini sangat penting, karena keamanan dalam hal jaringan dan server adalah salah satu hal yang harus dijaga untuk menjaga privasi dan menghindari hack. 

Layanan yang terakhir adalah dedicated server. Layanan ini merupakan salah satu layanan hosting yang tidak bercampur dengan pengguna lain. Hal ini menyebabkan akseptabilitas, keamanan, kecepatan dan kestabilannya tetap terjaga. Jasa layanan ini cocok untuk perusahaan menengah sebagai pertimbangan pemilihan antara data center  dengan menyewa co-location space di data server yang Anda gunakan untuk perusahaan Anda.

NEX Data Center Indonesia merupakan salah satu data center yang ada di Jakarta. Nex merupakan product dari ISP terkemuka, yaitu PT CBN Nusantara. Saat ini Nex Data center telah dipercaya oleh perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia sebagai tempat penyimpanan data electronic mereka, Salah satunya adalah news portal paling popular di Indonesia Detiks News yang telah mempercayakan data center mereka di NEX.

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon