5 Cara Mengatasi Komputer Lemot Secara Ampuh dan Mudah

Salah satu hal yang bikin kesal saat sedang menggunakan komputer adalah sistem yang mendadak lambat. Sudah tahu cara mengatasi komputer lemot? Simak di sini!


Kita semua sering merasa stres saat komputer mendadak lemot. Sudah melakukan sekian banyak cara, namun kondisi tersebut kerap terjadi dan tak terelakkan.


Biasanya, komputer lama rentan melambat karena pertambahan usia. Meski begitu, komputer baru juga berpotensi mengalami gangguan serupa karena satu dan dua hal, misal aplikasi yang terlalu banyak atau salah satu komponen perangkat keras tak berfungsi.


Seringkali, cara mengatasi komputer lemot dilakukan dengan cara restart ulang atau membersihkan komponen bagian dalam. Padahal, ada cara yang lebih mudah tanpa mesti melakukan upaya tersebut.


Jika hal ini terjadi, segera lakukan cara mengatasi komputer lemot di bawah ini. Mudah, ampuh, dan bisa dilakukan secara mandiri!


5 Cara Mengatasi Komputer Lemot


1. Uninstall Aplikasi Tak Terpakai


Saat Anda membeli komputer, kemungkinan besar ada banyak program yang sudah diinstall sebelumnya. Baik baru atau bekas, hal ini kerap terjadi.


Sebagian besar aplikasi tersebut biasanya tak digunakan. Beberapa di antaranya sering kali berjalan tanpa disadari, sehingga memperlambat proses komputer.


Solusinya, Anda dapat menghapus aplikasi yang terpakai. Klik "Start", masuk ke "Control Panel", lalu pilih "Programs and Features". Lihat pada daftar aplikasi terpasang, hapus jika ada satu atau dua aplikasi yang tak terpakai.


2. Hapus Temporary Files


Setiap kali menggunakan browse internet seperti Google Chrome, semua riwayat penelusuran tersimpan dalam komputer. Ya, hal serupa terjadi saat Anda menginstal sesuatu.


Jika dibiarkan, temporary files dapat menumpuk dan membuat kapasitas penyimpanan penuh, sehingga perlu dihapus. Cara mengatasi komputer yang satu ini, dapat dilakukan dengan mudah.


Guna mengatasi hal ini, buka "My Computer", pilih drive utama Anda, klik folder "Windows", lalu buka folder bernama "Temp". Klik kanan, lalu pada opsi "View", pilih "Details".

Setelah selesai, pilih semua file yang lebih lama dari tanggal sekarang dan tekan tombol delete. Masuk Recycle Bin di desktop Anda dan kosongkan.


3. Cek Pemrosesan Komputer di Task Manager


Task Manager memberi Anda wawasan tentang apa yang membebani prosesor. Mulai dari berapa banyak memori yan digunakan, hingga berapa banyak data jaringan yang sedang terproses, dapat dipantau di sini.


Cara mudah untuk membuka Task Manager adalah dengan mengklik kanan pada Taskbar. Setelah itu, pilih Task Manager dari daftar opsi.


Biarkan Task Manager berjalan selama beberapa menit. Perhatikan aplikasi yang muncul dan menghilang beberapa detik kemudian. Cari proses yang berada di urutan teratas daftar dengan kapasitas memori tinggi atau penggunaan CPU.


Guna menutup aplikasi atau pemrosesan lainnya yang dirasa bikin laptop lemot, klik “end task”. Rasakan perbedaan kecepatan komputer setelah melakukan cara ini.


4. Cek Kapasitas Hard Disk


Salah satu penyebab komputer lemot yang juga sering terjadi adalah hard disk penuh. Pastikan dengan memeriksa kapasitas penyimpanan Anda terlebih dahulu.


Setidaknya, kita harus menyisakan ruang hard drive kosong sekitar 200 sampai 500 mega byte. Ruang yang tersedia ini memungkinkan komputer memiliki ruang untuk mengatasi pertambahan data, baik yang besar atau sementara.


5. Menutup Tab Browser


Setiap tab yang terbuka dalam browser, memakan memori dan daya pemrosesan. Seiring waktu pula, hal tersebut akan memperlambat proses komputer.


Anda dapat melihat rincian ekstensi dan tab dengan mengklik panah di sebelah nama browser. Jika disinyalir sering menyebabkan komputer lemot, coba browser lain.


Itulah tips singkat tentang cara mengatasi komputer lemot. Pastikan aspek lainnya seperti bad atau corrupted file teratasi, control pula penggunaan antivirus terkontrol sehari-hari.


Selamat mencoba!

This Is The Newest Post

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon