Showing posts with label TIPS PERAWATAN. Show all posts
Showing posts with label TIPS PERAWATAN. Show all posts

Bahaya!! Inilah Efek Buruk Listrik Sering Mati Bagi Komputer PC

Efek Buruk Listrik Sering Mati Bagi Komputer PC-Jika Anda pengguna komputer PC yang tanpa memakai UPS pasti sudah paham. Kalau listrik mati secara tiba-tiba maka komputer pc Anda juga bakalan mati mendadadak. Tapi, sampai di sini banyak yang belum tau apa akibatnya, atau apa efek samping dari listrik yang sering mati mendadak tersebut bagi komputer pc kesayangan.

Bukannya saya ingin menakut-nakuti Anda, tapi fakta membutktikan bahwa komputer yang sering mati mendadak saat listrik mati amat sangat buruk.

Tentunya, imbasnya ya bakalan merusak komputer itu sendiri. Nah, sekarang komponen alias hardware komputer apa saja yang bakalan rusak akibat listrik sering mati?
dampak listrik mati untuk pc
Gambar Ilustrasi Efek Sering Mati Listrik Bagi Komputer PC

Hardware komputer PC yang sering rusak akibat listrik sering mati

Pertama, yang bakalan kena dampak paling buruk adalah Hard disk komputer Anda. Sebab dengan mati mendadak, pembaca hard disk (head Hard Disk) yang sedang bekerja tiba-tiba berhenti dan mengakibatkan goresan pada piringan hard disk, yang kemudian membuat rusaknya sektor pada piringan hard disk tersebut.. Itulah mengapa kemudian hard disk dikatakan bad sector.
piringan hard disk
Ini adalah Contoh Head Pembaca Hard Disk beserta piringannya
Berdasarkan pengalaman, banyak komputer PC bahkan laptop (yang baterainya rusak) sering mengalami yang namanya bad sector pada hard disk akibat seringnya mati mendadak. Dan sudah  pasti, biang kerok utamanya adalah listrik..!!

Selain Hard Disk, perangkat keras komputer pc yang bakalan rusak akibat listrik sering mati adalah Power Suplly. Sebab power supply adalah ujung tombak bagi komputer pc untuk menerima arus listrik secara langsung. Dan jika listrik tidak stabil saat menyala setelah mati lampu, power supply duluan yang bakalan jebol.

Setelah itu, kalau arus power supply sudah tidak bagus, maka selanjutnya berimbas pada rusaknya mainboard komputer Anda. Dan tidak menutut kemudian setelah itu prosesor serta perangkat keras lainnya pun bakalan ikut rusak juga.
Sekedar tips, agar listrik untuk komputer Anda stabil gunakan stabilizer atau stavolt. Stavolt sangat penting, karena alat inilah yang dapat menstabilkan arus listrik ke komputer Anda.

Ada yang masih kurang!! Anda juga wajib menggunakan UPS untuk komputer Anda. Sebab ups yang dapat menyimpan daya listrik sementara, supaya anda sempat mematikan komputer dengan benar saat terjadi mati lampu.

Nah sobat, saya rasa tulisan ini sudah ada pada paragraf terakhir. Silahkan tanggapi lewat komentar kalau ada pertanyaan atau sesuatu yang ingin ditambahkan.. Terima kasih telah membaca artikel komputer di blog sederhana ini.. :)

Menggunakan Laptop plus Sedia Minuman Memang Enak. Tapi, Ini Resikonya

Kebanyakan pengguna laptop/notebook pada umumnya pasti suka yang namanya minuman. Minuman Apa saja. Apakah kopi, teh panas, susu, atau minuman bersoda yang bisa membuat mulut berbusa-busa itu. Dan minuman tersebut, kebanyakan dihidangkan di dekat laptop saat kita ber-laptop ria. Hem,, memang kurang asik rasanya kalau bekerja menggunakan  laptop  atau komputer tanpa didampingi segelas minuman disamping. 

laptop dan kopi

Yah, saya sendiri  kadang juga merasa seperti itu. Apakah saat internetan, mengetik tugas, atau sekedar main game, memang lebih enak kalau sambil nyeruput segelas minuman.

Alasan kebanyakan orang beda-beda sih mengapa mereka suka sambil minum saat menggunakan laptop. Tapi, alasan yang paling umum adalah, supaya perasaan ini lebih senang, dan tentunya bergairah dalam bekerja di depan laptop. Dan supaya saat menggunakan laptop tidak cepat bosan, ya harus sambil sesekali nyeruput minuman... Bagaimana menurut sobatku? Masuk akal bukan?

Namun Anda juga harus tahu, dibalik bersahabatnya rasa dan manfaat dari minuman-minuman yang kita siapkan tersebut, tersimpan resiko yang harus diterima oleh pengguna laptop itu sendiri, jika sembarangan dalam meletakkan secangkir minumannya. Apa akibatnya jika sembarangan menaruh cangkir minuman saat menggunakan laptop?

Yang jelas, akibat yang paling mengerikan adalah laptop kita bisa saja ketumpahan minuman tersebut. Kok bisa? Iya, karena banyak yang telah mengalami masalah ini. Dan pada umumnya, hal itu terjadi akibat kecerobohan serta ketidak sengajaan kita sendiri yang membuat laptop kita menjadi basah kuyup dan rusak. 

Laptop kita akan mengalami kerusakan ringan bahkan berat saat cairan minuman sudah masuk ke bodi laptop. Misalnya masuk ke celah-celah keyboard, maka dapat dipasatikan keyboard laptop kita menjadi rusak dan tidak berfungsi. Dan lebih parah dari itu, jika minuman yang tumpah di laptop dalam jumlah banyak, maka laptop pun bisa saja menjadi mati total.

Sobatku, mungkin kita bisa mengatasi laptop yang ketumpahan air tersebut tanpa bantuan orang lain. Namun persentase keberhasilannya sangat kecil. Sebab jika cairan minuman sudah merusak komponen-komponen yang ada di dalam mainboard, maka laptop Anda akan sulit untuk diperbaiki. Dan jikapun bisa diperbaiki, maka Anda akan membayar biaya perbaikan yang nilainya hampir sama dengan membeli laptop baru. Itu pun masih ada resikonya lagi, yaitu laptop Anda bisa saja kembali mati akibat servis yang tidak 100% berhasil.

Kasus laptop yang ketumpahan minuman bukan cuma satu dua orang saja yang mengalaminya, Tapi banyak. Maka dari itu, yang sudah-sudah seharusnya menjadi pelajaran bagi kita untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan laptop. Kita harus mengetahui bahaya menaruh laptop di sembarangan tempat juga, supaya kita bisa lebih berhati-hati lagi.

Dan masih kurang rasanya tanpa mengetahui tips menyimpan laptop yang benar. Nah, baru setelah itu kita perlu untuk mengetahui 9 tips merawat laptop agar tetap awet.

Nampaknya, untuk menjaga laptop itu gampang-gampang susah ya sobatku. Butuh usaha yang serius agar laptop kita benar-benar ada di garis aman. Yah, namanya juga usaha, ya harus serius dong. Karena kalau tidak serius hasilnya pasti tidak akan masksimal.

Oke deh sobatku, pesan saya, berhati-hatilah jika menggunakan laptop saat menikmati minuman agar cairan minuman tidak tumpah ke laptop Anda sehingga menjadi rusak... Tolong beritahu keluarga, teman-teman serta orang terdekat Anda.. :)

Jangan Biarkan Hewan Mendekati Laptop Anda, Atau Ini Akibatnya

Saat menggunakan laptop, tak jarang kita menaruhnya begitu saja di meja, di kursi, atau di lantai dan kemudian kita tinggalkan begitu saja. Yah, namanya juga manusia, kadang khilaf, kadang memang perlu untuk menggeser bokong ke tempat lain. Bisa jadi kebelet pipis lagi kah, atau mau makan kah, atau sedang menelponkah, yang jelas laptop tiba-tiba kita tinggalkan tanpa kita awasi lagi.

kucing tidur di laptop

Nah, saat itulah ada hewan peliharaan yang datang, termasuk anjing, kucing, ayam, atau babi misalnya. Ya jelas kalau Anda tidak didekat laptop Anda, mahluk-mahluk tuhan tersebut bakalan duduk, tidur, baring-baring, dan tentunya mengkudeta laptop Anda.

Jangan biarkan hewan mendekati atau tidur di laptop Anda. Karena itu melanggar tips menyimpan laptop yang benar. Sekarang kalau Anda tetap membiarkan binatang mondar-mandir di laptop Anda, maka Anda yang bakal rugi. Soalnya, hewan hewan tersebut akan melakukan ini-itu, hingga begini:

1. Merontokkan bulu-bulu ke laptop

kalau kucing tidur di laptop misalnya, maka bulunya bisa rontok ke keyboard. Nah, kalau sampai masuk ke celah-celah keyboard, kan bisa merusaknya tuh. Itu belum apa-apa. Lebih parahnya lagi kalau bulunya sampai masuk ke saluran pembuangan angin yang ada di dalam laptop. Jika sampai menyumbat saluran tersebut, walah, laptop Anda bisa panas dan mati-mati juragan.

2. Memecahkan Layar Laptop

Yang ini lebih parah lagi. Binatang yang datang mendekati laptop Anda, bisa saja merusak atau memecahkan layar laptop tersebut. Sekarang kalau mereka berkelahi misalnya. Kan bakal berantakan itu laptop. Anda menaruhnya di atas meja, bisa jatuh dan pecah. Anda menaruhnya di lantai pun bisa juga pecah kalau anjing yang berkelahi menabrak laptop Anda.

3. Merusak Keyboard Laptop

Anda pernah melihat tingkah kucing yang bermain kan? Mereka biasanya mencakar benda-benda yang ada didekatnya. Nah, kalau mereka main di dekat laptop Anda, bisa saja mereka mencakar tombol-tombol keyboard laptop Anda tersebut. Kalau tombolnya tercabut dan kancingannya patah, kan tombolnya tidak bisa dipasang ulang. Itu artinya, keyboard Anda telah cacat. Titik.

4. Kencing Di Atas Laptop

Khususnya anjing, binatang ini paling sering kencing sana-sini untuk menandai daerah kekuasaannya. Bukan mustahil saat dia lewat di laptop Anda, crot.. langsung menyemprotkan gas beracun ke laptop Anda yang sedang menyala. Hem, kalau masuk di celah layar, bisa merusak LCD. kalau masuk di celah keyboard, bisa merusak keyboard. bahkan lebih parah kalau sampai korsleting, itu bisa merusak beberapa komponen termasuk mainboard.

Dulu pernah terjadi, ada seorang pelanggan yang memperbaiki laptopnya di tempat saya bekerja. Nah, layar laptopnya tidak tampil. Tapi laptop hidup. Pas saya bongkar, ternyata di layar ada air, baunya pesing dan busuk sekali. Ini antara dua nih. Kalau bukan kencingnya kucing ya anjing.

Makanya, Anda sebagai pemilik laptop harus berhati-hati saat menaruh laptop Anda. Jangan sembarangan menaruhnya, meskipun Anda sedang buru-buru. Mendingan pindahkan dulu laptop Anda di tempat yang aman sebelum Anda meninggalkannya. Dan jangan lupa, baca 9 tips perawatan pada laptop agar wawasan Anda bertambah.

Demikian tulisan singkat ini, semoga ada manfaatnya untuk Anda. Maaf kalau ada kekurangan sana-sini.


YOUR CODE SCRIPT NATIVE ADS

Harus Saya Akui, Dialah Penguasa Komputer Ini :'(

Sobat komputer, bagaimana keadaan komputer Anda? Mudah-mudahan sehat. Kali ini saya akan sedikit curhat nih.. Maaf kalau gak berbagi artikel komputer dulu. Tapi masih ada hubungannya juga kok. Nah, sekarang kalau boleh tanya, apa yang harus dilakukan kalau Anak Anda seperti ini?


Si gundul di foto itu namanya muhammad rikwan. Dipanggil Rikwan saja. Dia baru berumur 1 tahun lebih dikit. Tapi aktifnya minta ampun.. Apa-apa yang orang pegang, dia langsung minta itu barang. Apa-apa yang dia baru lihat, langsung dia minta dan diemut-emut..

Lihat deh kelakuannya, saya tidak pernah bisa menulis dengan tenang kalau dia belum tidur. Jadi, saya bisa menulis kira-kira jam 9 atau jam 10 malam setelah dia benar-benar tidur. Syaratnya, jangan berisik. Karena kapan saya ribut, dia bangun merayap lagi ke depan komputer.

Saya jadi kurang update di blog ini setelah dia datang dari kampung. Lha bagaimana bisa mengetik kalau baru on-kan komputer saja dia yang kendalikan keyboard dan mousenya.. Belum lagi layar monitor yang digoyang-goyang sampai kadang jatuh. Dia pikir mau keluar jin apa? kalau asap iya -_-


Berebut komputer dengan si baby kalau dia sudah bangun adalah hal yang setiap hari saya lakukan. Tidak ada jalan lain untuk bisa rajin berbagi kepada Anda selain tarik-tarikan mouse dengan gundul. Masalahnya, kadang kalau dia sudah tidur malam, saya juga ikutan tidur lantaran mengantuk juga. Bisa sih online subuh-subuh. Tapi ya itu tadi, kadang dia yang malah bangun duluan..Walaah...

Sebenarnya lain ceritanya kalau sudah punya meja komputer sendiri. Masalahnya, uangnya dipakai keperluan lain dulu juragan.. :v Jadi belum bisa beli meja he he.. Tapi ya itu tadi, akibatnya seperti ini nih..
Rikwan banting mouse
Saya cuma bisa berebut saja dengan dia.. Tapi sekuat apapun saya pisahkan dia dengan komputer, tetap saja dialah pemenangnya. Saya harus bersabar untuk menghadapi si Rikwan. Meskipun saya sayang komputerku, tetap saja rikwan lebih saya sayang.. :) Yang penting komputernya jangan dirusak ya nak.. papa belum punya duit buat beli yang baru.. :(

Setelah Laptop Dimatikan, Apakah Adaptor Laptop Perlu Dicabut?

Saat Anda menghidupkan laptop, pasti Anda akan mematikannya jika Anda tidak lagi memakainya. Itu agar laptop Anda segera istirahat dari pekerjaannya, yang tentunya cukup menguras tenaga laptop itu sendiri.


Terkadang, kita mengoperasikan laptop/notebook sambil ngecas. Semua tahu lah ya, kalau baterai laptop hanya bisa bertahan beberapa jam. Sementara kita mampu menggunakan laptop lebih lama dari itu. Ya tentu agar tidak lowbat kita perlu melakukan charging terus menerus saat laptop digunakan.

Nah, yang jadi pertanyaan adalah kalau laptop dimatikan, apakah adaptor laptop perlu dicabut dari colokan laptopnya? Jawabanya bisa perlu, bisa juga tidak.

Alasan Umum Tidak Perlu mencabut adaptor laptop
  1. Karena sebentar lagi butuh menggunakan laptop di lapangan, sehingga baterai laptop harus dicharging terlebih dahulu.
  2. Setelah mematikan laptop, buru-buru mau ke belakang BAB. Karena buru-buru, enggak perlu cabut adaptor segala. Takutnya malah gak fokus korslet deh tu laptop :D
  3. Colok adaptornya enggak terlalu lama kok :v

Sobatku, kalau alasannya seperti itu saya rasa masih bisa dibenarkan. Tapi, untuk alasan lainnya yang tidak serius saya tidak bisa membenarkannya begitu saja. Sebab, membiarkan cas/adaptor laptop tetap tercolok di laptopnya dalam waktu yang lama, bisa berakibat pada rusaknya baterai laptop itu sendiri.

Memang sih, tidak semua baterai laptop akan rusak saat Anda membiarkan cas laptop Anda tetap terpasang dalam waktu lama. Dan memang lagi, perusahaan baterai yang bagus telah mendesain agar jika baterai laptop telah terisi full, maka arus dari adaptor akan diputus otomatis. 

Namun tetap saja, untuk kasus baterai laptop yang mulai bermasalah, bisa saja ketika Anda melakukan charging terlalu lama akan mengakibatkan baterai laptop menjadi kembung. Ini sudah banyak dialami orang-orang yang pernah servis laptop di tempat saya bekerja dulu. Ketika laptopnya datang, baterai dalam keadaan bengkak. Setelah ditanya sebelumnya digunakan untuk apa, katanya habis dicharging semalaman.

Itu kan sebagai bukti nyata bahwa akan ada kasus kerusakan baterai laptop jika Anda membiarkan adaptor laptop Anda masih tercolok di laptop. Yang jelas, dari pada Anda mencari referensi-referensi tentang amankah adaptor laptop tetap tercolok saat laptop dimatikan, mendingan dihindari saja deh. Sudah pasti aman.

Demikian tulisan saya tentang Setelah Laptop Dimatikan, Apakah Adaptor Laptop Perlu Dicabut, semoga ada manfaatnya...

Bolehkah Membersihkan Layar Laptop Dengan Air?

Bolehkah membersihkan layar laptop dengan air?-Bagi Anda pengguna laptop, membersihkannya setiap kotor adalah hal yang wajib Anda lakukan. Apa lagi, bagian yang kotor tersebut adalah screen atau layar laptop Anda. Tentu itu harus sering-sering Anda lakukan kalau Anda tidak ingin terganggu dengan pemandangan yang kotor di depan mata.

bolehkah membersihkan layar laptop dengan air

Banyak cara membersihkan layar laptop yang bisa digunakan. Dan alat-alat pembersihnya pun banyak sekali macamnya. Mulai dari kuas kecil, kain halus, sampai air pembersih khusus untuk layar laptop. Kalau Anda tidak ingin pusing, banyak kok dijual di toko-toko komputer, pembersih screen laptop yang satu set. (ada kuas, kain kecil, dan air pembersih). Harganya juga tidak mahal amat. Harga pembersih layar laptop mulai dari 15 ribu sampai 35 ribu saja. Itu untuk di kota palu ya sobatku. Contohnya seperti gambar berikut.
pembersih layar laptop
Tapi, yang jadi pertanyaan adalah, bolehkan membersihkan layar laptop dengan air? Apakah aman membersihkan layar laptop dengan air biasa? Apakah tidak akan terjadi masalah? Mungkin itu hanya secuil pertanyaan dari unek-unek yang tersimpan selama ini.

Sebelumnya, saya beritahu ya sobat. Air apapun yang Anda gunakan untuk membersihkan layar laptop, tetap saja akan berbahaya kalau Anda membersihkannya dengan cara yang salah. Ya, itu adalah fakta. Bahkan banyak yang laptopnya menjadi rusak setelah dibersihkan layarnya menggunakan air pembersih khusus. Jadi, yang menjadi inti adalah, berhati-hati dalam membersihkan LCD laptop Anda, serta ketahui tips membersihkannya.

Sekarang, kembali ke pertanyaan awal. Kalau menggunakan air bagaimana? Menurut saya kalau air sih bisa. Yang penting bukan air yang berbahaya seperti air asam, air kopi yang masih panas, air susu, air acu dll. Jadi kalau air sumur boleh. Kemudian, ya itu tadi, cara membersihkannya harus yang benar. Jangan sampai Anda menggunakan air, terus air itu disiramkan ke laptop. Ya rusak jadinya dong. Atau lebih parahnya lagi Laptopnya Anda rendam dengan air he he he...

Terus bagaimana bagusnya? Mending cari kain yang halus. Kemudian beri kain tersebut air, tapi jangan sampai basah kuyup. Yang penting terasa lembab atau terasa basah kalau dipegang itu sudah  cukup. Intinya, jangan sampai pemberian air di kain lap yang akan digunakan terlalu banyak sehingga air tersebut menetes ke bagian laptop. Itu yang harus dihindari. Dan itulah alasan mengapa pemberian air di kain pembersihnya tidak boleh berlebihan.

Kemudian setelah itu, layar laptopnya dibersihkan pakai kain tadi. Jadi bukannya airnya langsung dioles-oles ke screen laptopnya ya sobat. Tapi airnya dioles di kain, kemudian kainnya itulah yang digunakan untuk ngelap layar laptop Anda.

Kalau sudah demikian, Insya Allah layar laptop Anda menjadi lebih bersih, dan tentunya aman dari kecelakaan saat membersihkannya.

Jadi kesimpulannya adalah, Anda boleh membersihkan layar notebook Anda dengan air bersih (air putih). Tapi ingat, dengan cara yang benar ya..

Oke lah kalau begitu, demikian tulisan saya tentang bolehkan membersihkan layar laptop dengan air, semoga bisa memberikan manfaat yang banyak untuk Anda.

9 Tips Perawatan Pada Laptop

Tips Perawatan Pada Laptop-Siapa yang tidak ingin memiliki laptop/notebook yang awet. Terlebih lagi tidak sekedar awet, tapi laptop yang mempunyai performa dengan performa yang baik. Dalam hal ini spesifikasi tinggi bukanlah hal utama dalam menentukan performa dan daya tahan laptop terhadap kerusakan. Namun, cara pakailah yang perlu menjadi perhatian utama kita.


cara merawat laptop

Sering ada kasus rusaknya notebook yang baru saja dibeli akibat kesalahan pemakaian oleh pengguna sendiri. Kesalahan ini ada yang serius bahkan ada juga yang sepele. Namun, akibat dari kurangnya pengetahuan tentang perangkat laptop, membuat kesalahan yang tadinya sepele menjadi kesalahan yang serius.

Diharapkan, dengan membaca beberapa tips dari saya, dapat membantu untuk menjaga agar laptop/notebook awet, tahan lama dan performa terus terjaga. Baiklah, berikut tips-tips sederhananya: 

1. Cara menghidupkan dan mematikan

Untuk cara menghidupkan, tekan tombol "ON" yang telah disediakan. Tapi ingat, untuk mematikannya jangan menggunakan tombol yang sama ya, Karena bisa berakibat fatal.

Seperti contoh, masalah sepele cara mematikan laptop. Banyak diantara orang yang belum tahu, mematikan  laptop dengan cara menekan langsung di tombol power on/off nya. Akibatnya, hard disk laptop Anda bisa cepat rusak. Jadi, Anda harus mengetahui cara menghidupkan laptop yang benar dan cara mematikan laptop yang benar juga.

2. Cara Menggunakan

Untuk tehnik penggunaannya, agar laptop Anda awet maka gunakanlah laptop tersebut sewajarnya saja. Wajar di sini dalam artian tidak berlebihan dalam memakainya seperti pemakaian yang terlalu lama sampai berhari-hari tanpa dimatikan, atau cara menggunakannya yang cukup kasar.

Kalau dipakai bermain game, ya lebih baik pilihlah game yang ringan digunakan. Jangan yang berat-berat karena dapat membebani laptop itu sendiri. Terus kalau bermain game kalah, ya jangan emosi terus laptop digebrak-gebrak atau dibanting ya sobatku.. :)

Jangan lupa, gunakan laptop Anda di tempat yang bersih. Kemudian matikan laptop Anda saat Anda tidak menggunakannya, atau laptop sudah terlalu lama digunakan. Laptop juga butuh diistirahatkan. Begitu saja gampangnya.

3. Gunakan kipas pendingin

Agar laptop tidak cepat panas, lebih baik gunakan kipas pendingin yang biasanya dipasang di bawah laptop saat digunakan. Itu penting ya sobatku, karena selain untuk menjaga suhu laptop tidak terlalu panas, penggunaan kipas ini dapat meminimalisir kasus macetnya laptop akibat suhu panas yang berlebihan dari laptop Anda saat dioperasikan.

Setidaknya saya sendiri telah membuktikannya. Ada perbedaan yang banyak kalau laptop dihidupkan menggunakan kipas pendingin atau tidak. Pernah ada kasus laptop milik pelanggan. Pas saya instal ulang sistemnya, laptop tersebut selalu mati di tengah proses penginstalan. Setelah saya cek ternyata akibat panas yang berlebihan. Nah, setelah diberi kipas, maka laptop pun bisa diinstal dengan sempurna tanpa mati lagi.

4. Pakai LCD Protector

Laptop Anda sebaiknya diberi perangkat pengamanan supaya lebih mantab. Contohnya LCD protector. LCD protector bagus untuk melindungi indra penglihatan Anda. Sebab teknologinya sudah menggunakan anti radiasi UV (ultra violet) yang berbahaya untuk mata. 

Kemudian selain itu, LCD protector juga dapat melindungi layar laptop Anda dari goresan-goresan yang bakal mengotori layar laptop Anda tersebut.

Kalau pakai LCD protector, goresan yang terjadi cuma di bagian protectornya saja. Sehingga kalau sudah nampak kotor dan buram, ya tinggal diganti saja protectornya dengan yang baru. Tentunya ini lebih mudah dan hemat dibanding Anda harus mengganti layar LCDnya bukan?

5. Pakai juga keyboard protector

Selain LCD protector, Anda juga perlu menggunakan keyboard protector untuk laptop Anda. Keyboard protector sangat penting guna melindungi keyboard Anda dari debu, atau cairan yang bisa saja tumpah dan merusak keyboard Anda.

Harganya murah sekali kok sobat. Keyboard protector yang universal saja kurang lebih hanya 15 ribu rupiah (di Kota Palu). Jadi rugi kalau sampai tidak dipasang.

Semua tahu kan kalau keyboard laptop itu sering menjadi sarangnya debu. Intinya banyak celah-celah yang jika sudah dimasuki debu, maka bisa membuat keyboard Anda tidak berfungsi normal.

Apa lagi Anda suka mengetik sambil menjepit puntung rokok. Nah, abu rokok Anda bisa sangat berbahaya untuk keyboard Anda. Itu sih belum seberapa. Lha kalau sampai keyboard laptop Anda ketumpahan cairan seperti kopi dan susu, itu lebih bahaya lagi lo.. Oleh karena itu, gunakan keyboard protector agar keyboard laptop menjadi aman dan bersih.

6. Gunakan antivirus dam Bersihkan Laptop dari virus

Kalau masalah kinerja laptop yang mulai menurun, ternyata tak selamanya akibat kerusakan hardwarenya. Software yang terdiri dari sistem operasi dan aplikasi pembantu pun bisa menjadi penyebabnya. Dan kebanyakan kerusakan perangkat lunak tersebut diakibatkan oleh virus.

Nah, agar sistem operasi laptop Anda dapat bekerja dengan baik, gunakan antivirus untuk mendeteksi adanya virus di laptop Anda. Kalau perlu lakukan pembersihan terhadap virus seminggu sekali agar virus yang bersarang di dalam laptop Anda bisa dibasmi. 

Mungkin untuk masalah virus, Anda bisa membaca artikel-artikel yang berhubungan dengan virus di bawah ini.




7. Bersihkan laptop dari debu

Kalau laptop Anda sudah kelihatan berdebu, segera lakukan pembersihan. Jangan tunggu debu yang menempel sampai menumpuk tebal. Karena jika tidak segera dibersihkan, debu yang tebal tersebut bisa mengganggu laptop Anda, bahkan merusaknya.

Misalnya debu di keyboard laptop, silahkan bersihkan menggunakan kuas atau alat kompresor kecil yang khusus untuk laptop. Kalau debu menempel di layar LCD laptop Anda, boleh dilap dan dibersihkan menggunakan LCD cleaner yang banyak dijual di toko-toko komputer terdekat.

Kalau debu yang kotor banyak masuk di dalam laptop, Anda bisa meminta bantuan teknisi komputer untuk membersihkannya. Itu kalau Anda tidak berani membongkar laptop Anda sendiri.

8. Simpan laptop di tempat yang aman

Untuk masalah penyimpanan, ini juga jangan dipandang sepele. Soalnya salah dalam memilih tempat penyimpanan, ya resikonya akan terjadi hal-hal buruk terhadap laptop Anda.

Usahakan tempat penyimpanannya bersih, serta jauh dari gangguan anak-anak atau pun binatang yang bisa merusak laptop seperti tikus, semut dan lain-lain.

Pastikan tempat penyimpanan laptop Anda diberi kapur barus terlebih dahulu agar semut atau binatang lainnya tidak suka di tempat tersebut. Dan satu lagi, tempatnya harus yang kering, tidak terlalu basah dan lembab agar laptop tidak cepat rusak. Kalau ingin membaca lebih banyak, silahkan buka tips menyimpan laptop yang benar.

9. Kalau bawa laptop perhatikan ini

Jika Anda ingin membawa laptop Anda keluar, jangan membawanya di dalam tas yang terlalu penuh dengan barang. Resikonya sudah jelas. Layar laptop Anda bisa pecah lo juragan. 

Kalau Anda memegangnya dengan tangan, ya jangan memegangnya dengan satu tangan dan kemudian menggantungnya seolah itu buku.
Wah, kalau pegangan Anda tidak kuat, ya laptop Anda akan jatuh dan pasti mengakibatkan kerusakan. So, pegang laptop kuat-kuat agar tidak terlepas dari tangan Anda.


Sahabatku, dalam merawat laptop, memang diperukan usaha yang serius dari kita sendiri. Namun demikian, kalau pun laptop yang kita jaga ternyata mengalami kerusakan yang lebih cepat, ya jangan terlalu bersedih. Asalkan kita sudah berusaha ya sobatku...

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya tulis tentang tips perawatan pada laptop. Kalau ada tambahan monggo ditambahkan. Santai saja ya sobat, masukannya pasti akan saya tampung. Tapi ingat ya, no live link he he..