Mengenal Fungsi Utama Dan Pentingnya Menggunakan Stavolt/stabilizer

Mengenal fungsi utama dan pentingnya memiliki stavolt=> Dalam dunia elektronik, ada alat yang sangat penting yang mungkin tidak asing lagi di telinga kita semua, yaitu stavolt namanya. Hampir kebanyakan alat elektronik seperti seperti TV, kulkas dll, memerlukan stavolt sebagai pelindung alat elektronik tersebut.

stabilizer

Sebenarnya mengapa stavolt dikatakan dapat melindungi alat-alat elektronik lainnya? itu karena fungsi stavolt yang dapat menstabilkan tegangan listrik, dan menghasilkan output tegangan yang normal.

Jadi intinya jika tegangan listrik naik menjadi 250 Volt misalnya, stavolt akan bekerja untuk menurunkan tegangan secara otomatis sehingga menjadi normal. Begitu juga sebaliknya, jika tegangan turun menjadi 180 Volt, maka stavolt juga akan bekerja, untuk menaikkan tegangan menjadi normal kembali. Untuk di Indonesia, normalnya tegangan PLN berada pada kisaran 220 Volt.

Stavolt juga disebut stabilizer. Jadi jangan heran kalau ada juga yang menyebut alat penstabil tegangan ini dengan sebutan stabilizer. Masalah nama dan sebutan, itu tidak menjadi masalah. Yang terpenting adalah kita mengetahui namanya, dan mengetahui fungsinya pula.

Nah, dikarenakan fungsinya yang sangat penting, saya sangat menyarankan kepada Anda untuk memilikinya, dan melindungi alat elektronik Anda dari tegangan yang tidak stabil.

Seperti yang Anda ketahui bahwa listrik di daerah kita ini memiliki tegangan yang kadang naik, kadang turun. Terlebih listrik yang dihasilkan dari generator seperti genset dll, yang lebih banyak tidak stabilnya, dan tentunya berbahaya bagi semua perangkat elektronik yang terhubung langsung dengan listrik.


Oleh karena itu, jika Anda masih berfikir-fikir untuk membeli stavolt, saya sarankan agar jangan berfikir panjang lagi. Apakah Anda masih mau berfikir ketika alat elektronik di rumah Anda mengalami kerusakan satu persatu? tentunya Anda tidak mau bukan? 

Jadi, mulai sekarang pasanglah stavolt untuk komputer, kulkas, TV, dan alat elektronik Anda yang lainnya, yang membutuhkan perlindungan pastinya.

Tidak ada salahnya kan menyisihkan sebagian uang untuk membeli stavolt. Toh itu juga guna menyelamatkan alat elektronik Anda, yang jika diuangkan tentu jauh lebih tinggi lagi nilainya dibandingkan stavolt tersebut.

Penutup

Para pembaca, demikianlah tulisan saya tentang mengenal fungsi stabilizer/stavolt, dan pentingnya memiliki stavolt. Seperti biasa, jika ada kekurangan dan kesalahan, mohon ditambahkan dan dibenarkan melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Terimakasih

11 komentar

Misi gan, izin share ya...

AXIOO TNW C825R
Price Rp 3.575.000

Spesifikasi :

Processor Onboard : Intel Quad Core N2940 - Up to 2,25GHz
Memori Standar : 2 GB DDR3
Tipe Grafis : Intel HD Graphics
Ukuran Layar : 14”
Resolusi Layar : 1368 x 768
Tipe Layar : LED
Sound : integrated
Hard disk : 500 GB
: WiFi, Cardreader, HDMI
: Webcam, Bluetooth

Optical Drive : DVD/RW Super Multi
Keyboard : Standar Keyboard
Dimensi (PTL) : 344(W) x 246(D) x 24.8(H)mm
Berat : 1,85 Kg

Kunjungi website kami untuk produk lainnya



Terimakasih.... :)

selamat siang om.. sy memakai stavolt ac automatic 500 buat tv dan kipas angin, yg ingin sy tanyakan kenapa outputnya masih tdk stabil ya? contoh kipas angin yg sy pakai kadang cepat kadang juga melambat secara tiba2. mohon pencerahannya om... makasih

apakah output stavoltnya sudah diukur pakai avometer mas? coba deh diukur dulu.. soalnya kalau kipas kadang cepat kadang lambat belum tentu akibat tegangan yang naik turun lo mas.. kan bisa saja akibat dinamo kipasnya..

Hahahha di tempat saya gk pake stavolt gk maslah tuhh..Pc saya sdh 7 Tahun langsung colok aja di stop kontal PLN juga Kulkas,TV dll.. semua aman2 aja..Jd menurut saya kalau Listrik PLN di tempat kita sdh stabil gk perlu lg Pake stavolt klw UPS mungkin perlu agar PC tidak mati mendadak..

ya gan, benar,, kalau listrik stabil tidak masalah.. bener kata ente.. tapi kan di indonesia itu banyak juga lokasi yang listriknya gak stabil kayak di kota saya ini.. Jadi banyak barang elektro yang kebakar gara2 listrik yang kurang stabil..

nanya dong gan, listrik rumahku aku cek di meteran cuma 140v, kamudian aku pasang stavolt di keluaran mcb, baru ke peralatan listrik,
ternyata komputer tetap gak nyala, ups tetap gak detek input.
ternyata keluaran stavolt cuma 155v-160v dan ups minim input di labelnya 165v.
kalo saya pasang stavolt lagi sebelum ups atau komputer bisa naikkan lagi tegangan gak ya, sampe 165v-170v paling tidak ups bisa nerima input?

kalau satu jalur dipasang dua stavolt gitu terus terang saya belum pernah gan.. cuman saran sih, lebih baik listriknya aja yang dinaikin.. kok kecil amat voltasenya ya.. ?

Gan, kalo misal 1 stavolt dicolokin colokan cabang trus diterusin ke beberapa barang elektronik gitu bisa dan aman ga?

gak masalah gan,, kan keluaran listriknya juga stabil..

gan mau tanya ntuh template blognya download dmn gan? share y...,,terimkasih

di website arlinadesign gan,, cari aja di google banyak kok.. ketik simplifi 2 pAsti ketemu...

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon