Dampak Buruk/negatif Situs Social Media Bagi Generasi Muda

Dampak negatif situs social media bagi generasi muda=> Sejak situs media sosial seperti facebook dan twitter muncul di jagat internet, banyak generasi muda yang berlomba-lomba untuk membuat akun di situs-situs tersebut. Jangan heran, memang situs tersebut asik untuk bisa berbagi foto, berbagi status ataupun sekedar menambah teman baru.


jejaring sosial

Dari orang kota sampai orang desa, dari orang kaya sampai orang yang sederhana, dari anak-anak sampai yang sudah tua, semuanya cukup menggandrungi social media ini. Memang terkadang situs jejaring sosial semacam ini juga memberikan manfaat. Namun, ternyata juga membawa efek buruk bagi penggunanya, terlebih itu bagi remaja.

Banyak hal yang bisa dianggap buruk akibat social media ini terhadap generasi muda. Dan inilah yang akan saya bahas kali ini, melalui tulisan ini. Tentunya Anda harus membacanya sampai tuntas, agar Anda mendapat pengetahuan baru. Apakah dampak negatifnya?

Inilah dampak negatif situs social media bagi generasi muda


1. Lupa waktu


Asiknya berfacebook ria atau twitteran, bisa membuat anak-anak duduk berlama-lama di depan komputer atau melotot di depan hand phone merek. Tentunya tanpa disadari, ini akan membuat mereka menjadi lupa waktu.

Akibatnya lupa makan, lupa beribadah, lupa belajar dan lain-lain karena dilenakan oleh kenikmatan yang ditawarkan situs media sosial tersebut. Tentu Anda bisa membayangkan apa jadinya jika anak Anda sampai lupa waktu seperti ini.

2. Menjadi malas


Seorang remaja jika sudah main chatting di social media, umumnya mereka akan menjadi malas dan sangat-sangat malas. Perhatikan saja mereka, kebiasaannya mengurung diri di dalam kamar hanya untuk melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat di media sosial seperti itu.

Bahkan jika mereka keluar kamar atau kemana-mana, tidak lupa selalu memegang hp dan memandanginya terus menerus. Jika begini jadinya, pasti mereka malas untuk belajar, malas untuk makan, malas membantu orang tua dan lain-lain.

3. Kehilangan konsentrasi


Saya yakin, ketika para anak muda melakukan hal penting seperti belajar, mengerjakan PR atau pun mendengarkan guru yang sedang menjelaskan di sekolah, pasti konsentrasi mereka akan terganggu dengan adanya pemberitahuan di social media.

Sangat bahaya jika ini terus-terusan terjadi. Kehilangan konsentrasi pada remaja, akan berdampak pada terganggunya kegiatan mereka sehri-hari, yang tentunya akan sangat berpengaruh terhadap masa depan mereka sendiri.

4. Menjadi kecanduan


Percayalah bahwa social media juga dapat menimbulkan kecanduan kepada seseorang. Apalagi bagi generasi muda, yang semangat dan keingintahuan akan hal-hal baru masih sangat tinggi.

Pastinya dampak dari kecanduan ini akan buruk bagi mereka. Pagi, siang dan malam tidak ada hal lain uang dikerjakan selain chatting dan chatting. Maunya hanya buat status, komen, klik like, sebar foto dan hal-hal lain yang dapat membuang-buang waktu berharga mereka.

5. Ditipu


Jangan Anda mengira bahwa akun seseorang benar-benar menunjukkan identitas asli mereka. Jangan Anda mengira bahwa mereka yang tampak lugu memang mereka baik. Bisa jadi mereka adalah ular yang akan menjadikan anak-anak Anda sebagai mangsanya.

Tak jarang pemberitaan di berbagai media bahwa kasus-kasus kejahatan dan penipuan melalui media sosial kerap terjadi. Banyak yang menjadi korban, dan kebanyakan dari mereka adalah para remaja. Jadi, berhati-hatilah.

6. Menghabiskan banyak modal

Jika anak-anak telah kecanduan social media, mereka akan terus-menerus berusaha bagaimana caranya agar bisa selalu online. Dan Anda pasti tau bahwa online itu tidak gratis. Pasti keluar uang untuk beli pulsa modem, pulsa hp atau uang ke warnet.

Nah, mereka yang belum mempunyai penghasilan sendiri, akan selalu meminta kepada orang tuanya untuk memperlancar hobinya itu. Cukup merugikan bagi Anda jika harus keluar uang untuk sesuatu yang kurang menguntungkan bagi mereka.

7. Menjadi bodoh

Jika para generasi muda hanya menghabiskan banyak waktunya setiap hari hanya untuk bermain-main dengan social media, pasti mereka akan menjadi bodoh. Mengapa bisa? Jadi begini, jika mereka sudah lupa waktu, kecanduan, kehilangan konsentrasi belajar dan malas, otomatis mereka akan menjadi bodoh bukan?

Nah, agar hal-hal buruk ini tidak terjadi kepada Anda semua, mulai sekarang jangan sering-sering meng-akses social media jika tidak terlalu dipentingkan. Jika memang Anda tidak bisa memaksanya, usahakan untuk berusaha menguranginya. Dan lebih bagus lagi jika Anda membuat jadwal, dalam satu hari berapa jam online, dan pada jam berapa harus internetan, ini agar tidak mengganggu urusan Anda yang lainnya.

Ingatlah bahwa untuk dunia, waktu adalah uang. Sedangkan untuk akhirat, waktu adalah pahala. Jadi jangan pernah menyia-nyiakan waktu hanya untuk hal-hal yang kurang bermanfaat.

Baiklah, demikian tulisan sederhana tentang efek buruk social media bagi generasi muda, semoga bermanfaat bagi Anda. Jika berkenan, silahkan dishare ya.. terima kasih.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon